sign up SIGN UP

Musim Hujan Belum Selesai, Catat Ini 5 Rangkaian Perawatan Kulit yang Nggak Boleh Absen Dilakukan

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 24 Dec 2021 11:30 WIB
Musim Hujan Belum Selesai, Catat Ini 5 Rangkaian Perawatan Kulit yang Nggak Boleh Absen Dilakukan
caption
Jakarta -

Musim hujan tidak bisa kita hindari. Sebaliknya, yang bisa kita lakukan adalah menjadikan musim hujan sebagai musim yang tetap friendly seperti musim-musim lainnya, yaitu dengan merawat kesehatan kulit agar terhindar dari masalah yang menyakitkan.

Joanna Czech, celebrity facialist, yang biasa menangani Kim Kardashian ini memberi kisi-kisi untuk merawat kulit di musim hujan seperti sekarang ini. Kepada Vogue, Czech memberi tips dan teknik yang telah dicoba dan menguraikan cara menyembuhkan kulit kering di musim dingin, sebab, kulit bersinar sepanjang musim adalah impian setiap orang.

Bersihkan dengan Lembut tapi Jarang

Cara menghilangkan jerawat dengan rajin cuci mukaCuci muka. (Foto: freepik.com) / Foto: Ni Made Dwi Agustina

Langkah pembersihan adalah kunci dari kesehatan kulit yang hakiki. Menurut Chech, jika kulitmu termasuk kulit yang sangat kering, gunakan balsem atau oil cleanser yang bisa menenangkan kulit. Lalu, perhatikan juga frekuensinya, jika sehari kamu membersihkan wajah dua kali, di musim hujan, lakukan sekali saja cukup.

"Di pagi hari, cukup bilas wajah Anda dengan air dingin atau suam-suam kuku dengan kain wajah, terlalu banyak pembersihan, bahkan dengan pembersih minyak yang lembut, dapat menghilangkan lipid dan mengganggu skin barrier,"  kata Czech kepada Vogue.

Gunakan Toner Eksfoliasi

Penggunaan toner yang diformulasikan untuk mengontrol produksi minyak berlebih di permukaan wajah.Ilustrasi toner. (Foto: freepik/gstockstudio)

Serupa dengan cleanser, menghempas kulit mati adalah langkah yang nggak boleh kamu skip. Alih-alih menggunakan eksfoliasi fisik, di musim hujan, gunakan eksfoliasi kimia untuk menghindari robekan mikro pada epidermis.

"Saya ingin menghormati lapisan luar kulit karena jika tidak seimbang, kulit tidak akan menyerap produk seperti yang kamu inginkan," jelas Czech. Pastikan pula kamu tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan. 

Lakukan Pijat Wajah di Rumah

Musim hujan mungkin membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Manfaatkan kesempatan ini untuk memperlancar aliran darah di wajahmu. "Ketika Anda meningkatkan aliran darah, hemoglobin akan membawa lebih banyak oksigen ke jaringan dan mencerahkan kulit," kata Czech.

Pijat WajahIlustrasi pijat wajah. / Foto: Freepik.com/senivpetro

Arahkan jari-jarimu sepanjang garis rahang ke atas menuju puncak tulang pipi, daerah bawah mata, dan melintasi dahi. Kamu bisa menggunakan kain kasa berisi es batu untuk memberi sensasi berbeda.

Gunakan Pelembab Berbasis Minyak

Semua moisturizer memang berfungsi untuk melembabkan, tetapi setiap tekstur tidak memberi efek akhir yang sama. Menurut Czech, setelah menggunakan serum, segera gunakan pelembab berbasis minyak untuk menjaga kulit tetap terasa segar sepanjang hari. 

Jangan Lupa Masker Wajah

Serupa dengan aktivitas memijat wajah, kamu juga bisa menggunakan masker wajah ketika di rumah. Menurut Czech, aktivitas ini bisa dilakukan setiap hari atau bisa dilakukan seminggu sekali.

Masker Wajah Terbaik yang Selalu Habis Diburu Sepanjang Tahun 2021 / foto : pexels.com/SHVETSproductionIlustrasi masker wajah. (Foto : pexels.com/SHVETSproduction)

Untuk mengeluarkan kotoran dan menjaga pori-pori tetap halus, gunakan krim atau masker berbahan dasar tanah liat atau clay setiap dua minggu. "Masker yang lebih creamy bekerja lebih lambat dan kamu perlu mengulanginya, tetapi hasilnya lebih tahan lama," jelas Czech.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id