sign up SIGN UP

Nggak Cuma Skincare, Begini 4 Cara Mudah Atasi Jerawat Membandel yang Sering Terlewatkan!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Selasa, 11 Jan 2022 06:15 WIB
Nggak Cuma Skincare, Begini 4 Cara Mudah Atasi Jerawat Membandel yang Sering Terlewatkan!
caption

Merawat kesehatan wajah penting untuk menghindari berbagai permasalahan pada kulit, salah satunya jerawat. Pada dasarnya, jerawat bisa disebabkan karena bakteri dan hormonal. Meski demikian, menjaga kebersihan wajah adalah faktor utama untuk mencegah terjadinya jerawat.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat pada wajah yang bisa kamu lakukan, misalnya menjaga pola makan, menggunakan skincare dan menerapkan kebiasaan sehari-hari. Berikut penjelasannya dihimpun dari laman Teen Vogue, check this out!

1. Perhatikan Kebersihan Sarung Bantal

Selain skincare, perhatikan kebersihan sarung bantal
Selain skincare, perhatikan kebersihan sarung bantal/ foto: Freepik.com/ jcomp

Tidak hanya penggunaan skincare yang tepat untuk mengatasi jerawat, kebersihan pada sarung bantal yang biasa digunakan untuk tidur perlu diperhatikan. Hal tersebut bertujuan mencegah bakteri menumpuk, yang dapat memengaruhi kondisi kulit wajah.

Setidaknya cucilah sarung bantal seminggu sekali. Pada kondisi inilah, wajah mengalami proses regenerasi dan perlu menjaga kebersihan sarung bantal saat tidur.

2. Membersihkan Layar Ponsel

Selain skincare, bersihkan layar ponsel
Selain skincare, bersihkan layar ponsel/ foto: Freepik.com/ tirachardz

Ponsel adalah peranti elektronik yang sering digunakan oleh banyak orang. Intensitas penggunaan tersebut, dapat memicu pertumbuhan bakteri yang menempel pada layar ponsel.

Oleh karena itu, bersihkan layar ponsel setiap hari dengan menggunakan tisu yang mengandung alkohol. Kemudian, hindari menempelkan layar ponsel pada wajah untuk mencegah terjadinya jerawat.

3. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Selain skincare, hindari menyentuh wajah
Selain skincare, hindari menyentuh wajah/ foto: Freepik.com/ cookie_studio

Salah satu cara menghilangkan jerawat yang mendasar adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Tangan yang banyak memegang sesuatu serta kotoran di bawah kuku dapat menyebabkan jerawat yang menyebar pada wajah atau menyebabkan. Selain itu, hindari memencet jerawat dengan menggunakan tangan, agar tidak dapat menyebabkan bekas jerawat yang mendalam.

4. Ganti Handuk Secara Berkala

Selain skincare, ganti handuk secara berkala
Selain skincare, ganti handuk secara berkala/ foto: Freepik.com/ freepik

Mengganti handuk mandi secara berkala merupakan salah satu cara merawat wajah dengan menjaga kebersihan. Sebab, menggunakan handuk kotor dapat menampung bakteri, bahkan dapat memasukkan bakteri baru ke wajah, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya ganti handuk mandi 1-2 minggu sekali agar handuk tetap bersih.

Beauties, itulah keempat cara untuk mengatasi jerawat membandel pada wajah. Ingat untuk selalu merawat wajah agar tetap sehat dan terlindungi.

___________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id