sign up SIGN UP

Pasti Masih Sering Dilakukan! 3 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Dapat Memperburuk Masalah Jerawat

Risma Oktaviani | Rabu, 10 Nov 2021 09:30 WIB
Pasti Masih Sering Dilakukan! 3 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Dapat Memperburuk Masalah Jerawat
caption

Tak dapat dipungkiri, bahwa bagi hampir semua orang jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling mengganggu. Genetika dan hormon terkadang membuat jerawat terasa semakin nggak terkendali.

Jerawat kecil yang muncul sesekali bisa saja hilang dengan sendirinya. Namun, nggak jarang meskipun sudah melakukan berbagai perawatan dengan skincare mahal, jerawat nggak kunjung hilang dan malah semakin meradang.

Seringkali, ada beberapa kebiasaan buruk yang nggak sadar kamu lakukan dan menjadi penyebab jerawat makin parah. Nah, berikut beberapa kebiasaan yang bikin jerawatan yang sebaiknya mulai kamu hindari jika kamu nggak ingin kondisi wajahmu semakin breakout.

1. Telepon Genggam

telepon genggam
telepon genggam / freepik.com / wayhomestudio

Ponsel bisa menjadi sarang debu dan kuman yang dapat menyebabkan jerawat di sekitar dagu, pipi, dan mulut kamu. Setiap kali layar ponsel menyentuh wajah kamu, terdapat sekumpulan keringat, makeup, minyak wajah, debu, dan racun lingkungan lainnya.

Setiap panggilan telepon yang kamu terima, kamu berpotensi memasukkan semua kuman ke kulit kamu yang mengakibatkan penyumbatan pori-pori dan akhirnya berjerawat. Selain itu, beberapa orang memiliki kebiasaan membawa ponsel mereka ke kamar mandi, yang merupakan tempat bersarangnya mikroba.

Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan ponsel kamu secara berkala dengan tisu anti bakteri atau pembersih dengan larutan alkohol 40%. Usahakan untuk meminimalisir kontak antara ponsel dan kulit kamu sebisa mungkin seperti dengan cara menggunakan earphone saat menerima panggilan.

2. Jarang Mengganti Sarung Bantal

Jarang mengganti sarung bantal
Jarang mengganti sarung bantal / freepik.com / jcomp

Sarung bantal yang kotor dapat menyebabkan timbulnya jerawat bahkan memperparahnya. Apa pun bahan sarung bantal kamu, jika nggak diganti secara teratur, maka debu, bakteri, dan keringat akan menumpuk. Apalagi jika berbahan katun, sutra atau satin.

Selain itu, minyak dari rambut kamu juga akan ikut menempel di permukaan sarung bantal dan itu bisa berpindah ke wajah kamu. Saat bantal itu menyentuh wajahmu, semua kotoran yang terperangkap di sarung bantal akan menempel di bagian pipi dan menyumbat pori-pori.

Semakin lama pori-pori wajah yang tersumbat oleh tumpukan kotoran tersebut akan mengakibatkan infeksi dan peradangan pada jerawat. Nah, untuk menghindari breakout, usahakan untuk mengganti sarung bantal dan sprei kamu secara berkala minimal seminggu sekali. 

3. Selalu Menyentuh Area Wajah

Menyentuh wajah
Menyentuh wajah / freepik.com / gpointstudio

Meskipun menyentuh wajah dengan tangan bukan merupakan pemicu besar penyebab jerawat, namun terkadang menyentuh wajah justru dapat menjadi penyebab jerawat makin parah. Tangan kamu menyentuh berbagai macam benda hampir di setiap waktunya yang sangat memungkinkan semua kotoran dan bakteri pada benda yang kamu sentuh berpindah ke tangan kamu.

Saat menyentuh wajah, apalagi di bagian jerawat, bakteri yang terkumpul di tangan bisa masuk lebih dalam ke kulit saat kamu menyentuh jerawat dengan tangan kotor. Masuknya bakteri ini memicu infeksi karena pori-pori kulit yang tersumbat membuat area sekitar jerawat memerah dan semakin meradang. Selain semakin meradang, terlalu sering menyentuh wajah dapat menyebabkan breakout karena bakteri dari jerawat yang kamu sentuh bisa menyebar ke area sekitar wajah dan memperburuk kondisi kulit kamu.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id