STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Pemula Merapat! Ini Sederet Istilah dalam Makeup yang Wajib Diketahui

Fahira Mahza | Beautynesia
Sabtu, 31 Dec 2022 16:30 WIB
Pemula Merapat! Ini Sederet Istilah dalam Makeup yang Wajib Diketahui

Berkembangnya zaman membuat banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yakni masalah penampilan. Dahulu penampilan bukanlah hal yang terlalu penting yang harus dipersiapkan sebelum melakukan berbagai aktivitas.

Namun kini, penampilan merupakan suatu hal yang sangat penting ketika kita ingin melakukan sebuah aktivitas. Berbicara mengenai penampilan, selain tentang outfit juga menyangkut tentang riasan yang digunakan pada wajah.

Riasan juga berpengaruh terhadap penampilan kalian. Sehingga kalian harus benar-benar memilih riasan yang tepat sesuai dengan acara yang kalian kunjungi.

Namun sebelum menentukan riasan, ada baiknya kalian memahami lebih dahulu mengenai istilah-istilah dalam makeup agar kalian lebih paham mengenai penggunaan riasan pada wajah kalian.

Clumpy

Clumpy
Clumpy/foto: pexels.com

Mungkin kalian sudah tak asing bahkan sering merasakan hal ini ketika menggunakan maskara. Clumpy sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk mengindikasikan bahwa maskara yang kalian gunakan terlihat sangat menggumpal pada mata.

Ketika hal ini terjadi pastinya bulu mata kalian akan terlihat aneh yang juga akan mempengaruhi riasan pada wajahmu. Maka sebelum membeli maskara hendaknya kalian memilih produk dengan klaim anti gumpal agar hal ini tak terjadi nantinya.

Greasy

Greasy
Greasy/foto: pexels.com

Greasy merupakan kondisi dimana kulit wajah kalian terlihat berminyak pada saat menggunakan makeup. Ketika kondisi ini terjadi, kalian bisa mengatasinya dengan menggunakan kertas minyak untuk menghilangkan minyak pada wajah lalu melakukan touchup dengan menggunakan bedak.

Usahakan bedak yang digunakan memiliki coverage yang tinggi. Tetapi ada baiknya agar hal ini tak terjadi, sebelum kalian menggunakan riasan, kalian dapat menggunakan skincare terlebih dahulu lalu menggunakan primer agar makeup tahan lama juga diakhiri dengan menggunakan setting spray ketika riasan kalian telah selesai.

Fall Out

Fall out
Fall out/foto: pexels.com

Istilah make up selanjutnya yang wajib kamu tahu ialah fall out. Fall out adalah istilah yang dipakai ketika bubuk eyeshadow jatuh pada bagian bawah mata.

Kondisi ini seringkali membuat makeup menjadi kurang rapi bahkan gagal karna bubuk eyeshadow yang jatuh seringkali sulit dihilangkan sehingga tak jarang kamu harus merombak ulang riasan dari awal.

Namun kamu biasa mengantisipasi permasalahan ini dengan menggunakan bedak tabur pada bawah mata sebelum menggunakan eyeshadow lalu kamu dapat menghapusnya ketika riasan pada matamu telah usai.

On Fleek

On fleek
On fleek/foto: pexels.com

Istilah on fleek muncul untuk menyebutkan bahwa eye makeup yang kamu gunakan terlihat sempurna. Sehingga riasan wajahmu akan terlihat lebih pop up berkat hal tersebut. Di mana akan membuat penampilanmu semakin menawan.

Cakey

Cakey
Cakey/foto: pexels.com

Mungkin sebagian dari kalian sudah sering mendengar istilah make up dempul. Nah istilah tersebut dalam dunia make up lebih umum dikenal dengan istilah cakey.

Istilah ini adalah kondisi di mana foundation, concealer, dan bedak yang menempel di wajah terlalu tebal dan tidak membaur dengan merata di kulit. Keadaan ini apat terjadi karena kamu menggunakan produk make up secara berlebihan.

Nah, itulah istilah-istilah makeup yang wajib kamu ketahui khususnya bagi para pemula. Sebab hal ini akan sangat membantumu dalam menggunakan makeup, dan kamu biasa mengetahui cara untuk mengatasinya ketika hal tersebut terjadi.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE