sign up SIGN UP

Pengertian Skin Barrier dan Cara Merawatnya Agar Tetap Sehat

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Kamis, 08 Sep 2022 07:45 WIB
Pengertian Skin Barrier dan Cara Merawatnya Agar Tetap Sehat
caption

Skin barrier sering disebut-sebut di dunia kecantikan. Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit, Beauties. Menurut Indian Journal Indian of Medical Research, skin barrier punya fungsi dari dalam dan luar.

Secara internal, berfungsi dalam mempertahankan homeostasis dan melindungi dari kehilangan cairan yang berlebihan dari tubuh. Sementara dari luar, dapat melindungi dari berbagai ancaman eksternal seperti alergen, zat kimia juga bakteri.

Kamu pasti sering dengar 'skin barrier yang rusak'? Nah, kalau ini sampai terjadi gejalanya muncul permasalahan pada kulit, seperti kering, bersisik, kusam, gatal, bisa juga berminyak dan kasar. Tentu tidak ingin kan mengalami hal tersebut?

Cara Menjaga Skin Barrier Agar Tidak Rusak

Ilustrasi skinbarrier rusak./Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi skinbarrier rusak./Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Hindari Eksfoliasi Secara Berlebihan

Menurut dermatolog Dr. Ranella Hirsch dikutip dari Today, banyak orang datang padanya setelah kulit mereka mengalami pengelupasan kulit, akibat over-eksfoliasi. Mungkin salah satunya menurut dia, dipengaruhi banyak produk lewat iklan mereka untuk eksfoliasi tapi tidak diberi label petunjuk dengan baik.

"Banyak dari mereka mengatakan hal-hal seperti, 'Gunakan saya dua kali sehari!' dan itu padahal (buat kebaikan kulit), tidak dilakukan itu!," katanya.

Hindari Mandi dan Cuci Muka Pakai Air Panas

"Kapanpun kamu menggunakan air panas pada kulit, itu bisa bisa melelehkan lipid alami yang ada di kulit (asam lemak, kolesterol, trigliserida, dan ceramides), yang mana hal itu secara alami ada di kulit sebagai skin barrier," kata Dr, Mary Lupo, masih dikutip dari Today. Sebaliknya, gunakan air hangat atau dingin.

Hindari mencuci wajah pakai air panas./Foto: Freepik.com/valuavitaly
Hindari mencuci wajah pakai air panas./Foto: Freepik.com/valuavitaly

Pakai Skincare Berbahan Lembut

Kamu mesti memilih berbagai perawatan produk kecantikan yang lembut, tanpa alkohol serta pewangi. Pilih juga yang punya kadar pH menyerupai kulit normal sehingga tidak mengganggu keseimbangannya. Rata-rata pH kulit antara 4-6.

Selain itu Dr. Hirsch juga merekomendasikan agar kamu hanya menggunakan satu bahan aktif saat memperkenalkannya ke kulit saat skincare routines selama beberapa minggu alih-alih langsung banyak bahan aktif. Gunanya agar kulit dapat beradaptasi.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id