sign up SIGN UP

Perhatikan Lebih Teliti! Bahan Kandungan Skincare Ini Tidak Boleh Tercampur Saat Dipakai

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Sabtu, 15 Aug 2020 15:30 WIB
Perhatikan Lebih Teliti! Bahan Kandungan Skincare Ini Tidak Boleh Tercampur Saat Dipakai
caption
Jakarta -

Bagi wanita menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah adalah suatu keharusan. Caranya dengan menjaga asupan makanan hingga pemakaian produk skincare. Namun tahukah Ladies ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh dipakai secara bersamaan lho.

Hal ini disebabkan kandungan skincare yang tercampur tadi bisa menimbulkan efek samping pada kulit bahkan merusak lapisan kulit. Tentu manfaat skincare yang tadinya merawat kulit akan menjadi sebaliknya. Yuk perhatikan bahan kandungan skincare yang tidak boleh tercampur saat dipakai seperti berikut.

Benzoyl Peroxide dan Retinol

Jika memakai Benzol Peroxide dan Retinol maka akan membuat wajah kasar serta merah.
Benzoyl Peroxide dan Retinol/pinterest.com/theskincareedit

Jika sudah lama memakai skincare karena ingin merawat jerawat pada wajah, maka sudah tidak asing dengan kandungan Benzoyl Peroxide dan Retinol. Karena keduanya ampuh untuk mencegah munculnya jerawat. Namun sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda, Benzoyl berguna untuk peradangan jerawat sedangkan Retinol dapat membasmi jerawat hingga ke akar. Memakai keduanya akan membuat kulit kasar dan kemerahan. Untuk mencari alternatif bisa memakai skincare dengan kandung Retinol serta Glycerin.

Vitamin C dan Hydroxy Acids

Jika memakai Vitamin C dan Hydroxy Acids maka tingkat keasaman terlalu tinggi.
Vitamin C dan Hydroxy Acids/freepik.com

Kedua bahan ini menawarkan manfaat antioksidan, tetapi keduanya jika digabungkan dapat mengganggu keseimbangan pH. Dikarenakan kulit akan memiliki tingkat keasaman yang terlalu tinggi. Serta kandungan Hydroxy Acids akan mengurangi keefektifan kandungan vitamin C. Lalu akan menyia-nyiakan kedua produk yang telah dipakai. Untuk mencari alternatif bisa memakai skincare dengan kandungan Vitamin C dan Ferulic Acid.

Vitamin B3 dan Alpha Hydroxy Acids

Jika memakai Vitamin B3 dan Alpha Hydroxy Acids maka akan menyebabkan iritasi.
Vitamin B3 dan Alpha Hydroxy Acids/freepik.com

Vitamin B3 adalah pengkondisi kulit yang membantu memperbaiki struktur kulit. Vitamin B3 akan bekerja maksimal apabila digabungkan dengan pH netral sedangkan Alpha Hydroxy Acids memiliki tingkat pH yang sangat rendah. Hal ini akan menyebabkan kemerahan pada kulit serta iritasi. Untuk mencari alternatif bisa memakai skincare dengan kandungan Retinol dan Hyaluronic Acid.

Vitamin C dan Retinol

Jika memakai Vitamin C dan Retinol maka akan iritasi khususnya orang kulit sensitif.
Vitamin C dan Retinol/pinterest.com/it’snicethat

Retinol merupakan bahan ampuh untuk mengatasi beberapa masalah kulit, mulai dari menghilangkan garis-garis halus dan jerawat hingga meringankan bintik-bintik cokelat. Ada beberapa bahan aktif dapat meningkatkan kemungkinan iritasi dengan Retinol, salah satunya adalah vitamin C. Jika menggunakan kandungan ini secara bersamaan akan menyebabkan iritasi khususnya bagi orang berkulit sensitif. Untuk mencari alternatif bisa memakai skincare dengan kandungan Vitamin C dan E.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id