sign up SIGN UP

Perlu Nggak Sih Memakai SPF Saat Work From Home? Simak Ulasannya!

Priska Andini | Beautynesia
Selasa, 31 Mar 2020 04:00 WIB
Perlu Nggak Sih Memakai SPF Saat Work From Home? Simak Ulasannya!
caption
Maraknya tagar #DiRumahAja dan #WorkFromHome belakangan ini ternyata membawa banyak pertanyaan mengenai apa saja yang seharusnya kita lakukan saat melakukan aktivitas di dalam ruangan, termasuk pemakaian sunscreen yang mengandung SPF.

Umumnya, penggunaan SPF memang dilakukan ketika kita melakukan kegiatan di luar ruangan, dimana kulit kita banyak terekspos sinar matahari. Oleh karena itu, diperlukan sunscreen atau sunblock dengan kandungan SPF yang mampu menjadi “benteng” antara kulit kita dengan sinar matahari.


Foto: Istimewa

Seperti sudah kita ketahui, sinar matahari memang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Namun jika terlalu banyak terpapar sinar matahari, kandungan UV yang terdapat dalam sinar matahari mampu berakibat buruk bagi kulit. Di antaranya adalah tanda penuaan, seperti sun spot, flek hitam, sampai ke kanker kulit.
 


Tetapi, berkenaan dengan adanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia saat ini, pemerintah Indonesia menghimbau masyarakatnya untuk melakukan isolasi diri dengan berdiam di rumah saja, atau yang kita kenal dengan tagar #DiRumahAja serta #WorkFromHome yang banyak beredar di pemberitaan sampai media sosial. Oleh karena itu, akhirnya banyak aktivitas yang biasanya kita lakukan di luar rumah, beralih menjadi kegiatan di dalam rumah.


Foto: Istimewa

Ketika kita di dalam rumah, otomatis kulit kita akan minim berhubungan dengan sinar matahari, bukan? Sebenarnya, ini kabar baik untuk kulit kita, terutama wanita. Karena, kita dapat mengurangi pemakaian make up yang biasanya kita gunakan saat bekerja. Selain itu, kita akan terbebas dari radikal bebas yang berasal dari polusi yang ada di jalan. Lalu, bagaimana dengan sunscreen yang mengandung SPF, apakah kita perlu menggunakannya?
 


Meskipun di Dalam Rumah, Kita Tetap Perlu Memakai SPF


Ternyata, meskipun kita di dalam rumah, penggunaan SPF tetap penting, lho. Hal ini karena sinar matahari dapat menembus masuk ke dalam rumah melalui kaca, jendela, dan pintu rumahmu yang terbuka. Meskipun tidak terpapar langsung, namun sinar matahari yang mengandung UV A dan UV B tetap bisa masuk ke dalam kulitmu melalui celah-celah rumah tersebut.


Foto: Istimewa

Selain itu, menurut dr. Keni Istasaputri, M.Kes., SpKK, pemakaian tabir surya harus dilakukan meskipun berada di dalam rumah, karena sinar dari gadget dan sinar matahari sama-sama merupakan ultraviolet. Bahkan, sinar gadget lebih sering kita dapatkan dan terpapar langsung ke wajah. Selanjutnya, dr. Keni menyarankan untuk mengaplikasikan tabir surya yang mengandung setidaknya SPF 15 sampai 20.
 


Bagaimanakah Pemakaian SPF yang Tepat jika Kita di Rumah?


Jika kita beraktivitas di luar rumah, sunscreen harus digunakan 15-30 menit sebelum kita keluar rumah. Namun, jika kita hanya di rumah saja, maka pengaplikasian sunscreen dapat dilakukan kapan pun, tergantung keinginan kita. Selain itu, kandungan SPF yang kita gunakan haruslah kita sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kita di dalam ruangan, maka pakailah sunscreen dengan kandungan SPF yang lebih rendah dibandingkan saat kita harus beraktivitas di luar ruangan.


Foto: Istimewa

Pastikan kulit kita dalam keadaan kering sebelum memakai sunscreen, agar penyerapan kulit terhadap sunscreen lebih maksimal. Usahakan juga untuk mengaplikasikan sunscreen secara merata dan menyeluruh di seluruh bagian wajah, ya!

Terakhir, karena daya kerja sunscreen tidak lama, kamu perlu melakukan reapply atau pengaplikasian ulang setidaknya setiap 2 jam sekali, entah itu saat berada di luar ruangan maupun jika hanya di rumah saja. Hal ini diperlukan untuk memastikan kulitmu selalu terjaga dari sinar UV secara maksimal.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id