sign up SIGN UP

Praktis dan Mudah! Ini 5 Tips Mencukur Bulu Ketiak dengan Aman dan Benar

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 01 Mar 2022 11:45 WIB
Praktis dan Mudah! Ini 5 Tips Mencukur Bulu Ketiak dengan Aman dan Benar
caption
Jakarta -

Shaving merupakan salah satu bagian dari perawatan diri. Tidak hanya dari sisi penampilan, rupanya rutin mencukur bulu ketiak bisa mencegah timbulnya bau badan tak sedap, lho!

Hal ini karena bulu di area ketiak yang lembab bisa memicu keringat dan menjadi tempat bakteri untuk bersarang yang menyebabkan bau badan. Karena alasan ini, sebagian orang memutuskan untuk mencukur bulu ketiaknya.

Namun yang harus diperhatikan, mencukur bulu ketiak dengan cara yang tidak tepat bisa menyebabkan luka, infeksi, bahkan iritasi. Oleh karena itu, diperlukan teknik mencukur yang tepat agar area ketiak tetap sehat dan mulus.

Praktis dan mudah, berikut 5 tips mencukur bulu ketiak dengan aman dan benar. Yuk, simak!

Membersihkan Ketiak

Membersihkan ketiakMembersihkan ketiak/ Foto: Freepik/user18526052

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan sebelum mencukur bulu ketiak atau cukuran adalah pastikan bahwa ketiak bersih dari keringat dan deodoran. Sebab, keringat atau deodoran pada area ketiak dapat menyumbat alat cukur.

Membersihkan ketiak juga membantu alat cukur untuk bekerja lebih efektif saat digunakan. Kamu bisa eksfoliasi area ketiak dengan scrub agar kotoran atau sel kulit mati bisa terangkat.

Basahi Ketiak Sebelum Mencukur

Bersihkan ketiak sebelum mencukurBersihkan ketiak sebelum mencukur/ Foto: Freepik

Usai dibersihkan, pastikan area ketiak tetap basah sebelum dicukur ya, Beauties! Sebab, kulit ketiak merupakan bagian yang sensitif sehingga penting untuk menjaganya tetap lembab agar terhindar dari luka atau lecet.

Tidak hanya itu, membasahi bulu ketiak juga akan membuatnya lebih mudah dicukur. Kamu bisa membasahi ketiak dengan air hangat sekitar 3 menit sebelum mulai mencukur.

Gunakan Alat Cukur yang Tepat

Gunakan alat cukur yang tepatGunakan alat cukur yang tepat/ Foto: Freepik/lifeforstock

Selain memahami teknik mencukur yang benar, menggunakan alat cukur yang tepat juga sangat krusial, lho! Pastikan alat cukur yang digunakan tajam, sebab alat cukur yang tumpul dapat menyebabkan iritasi.

Selain itu, pilihlah alat cukur yang berkualitas, mulai dari aspek mata pisau hingga gagang alat cukur. Penting pula untuk memilih alat cukur yang memang didesain khusus untuk perempuan.

Biar nggak asal pilih, Beautynesia ingin merekomendasikan Gillette Venus sebagai alat cukur berkualitas yang bisa kamu coba, nih, Beauties! Gillette Venus hadir dalam dua varian, yakni Gillette Venus Comfortglide Olay Sugarberry dan Gillette Venus Comfortglide White Tea.

Gillette Venus Comfortglide Olay SugarberryGillette Venus Comfortglide Olay Sugarberry/ Foto: Dok. Gillette

Gillette Venus Comfortglide Olay Sugarberry memiliki 5 mata pisau yang mampu memotong bulu lebih pendek. Ada pula moisture bar yang mengandung Olay Skin Conditioner untuk hasil cukuran atau shaving yang lebih mulus dan tahan lama.

Dilengkapi aroma sugarberry yang bisa bikin mood naik, Gillette Venus Comfortglide Olay Sugarberry juga memiliki strip pelembab dengan vitamin E untuk melindungi kulit ketiak dari luka.

Ada pula Gillette Venus Comfortglide White Tea yang dirancang khusus dengan mengutamakan kebutuhan tubuh wanita. Dilengkapi dengan kepala cukur berkualitas yang dapat bergerak menyesuaikan lekuk tubuh, cukuran pun menjadi aman dan mudah.

Gillette Venus Comfortglide White TeaGillette Venus Comfortglide White Tea/ Foto: Dok. Gillette

Gillette Venus Comfortglide White Tea memiliki 3 mata pisau untuk hasil cukur yang mulus dan nyaman. Kepala pisau dilengkapi dengan flexible moisture bars (sabun yang fleksibel) yang membantu pisau cukur meluncur mulus di kulit.

Selain itu, Gillette Venus Comfortglide White Tea juga dilengkapi aroma white tea yang bisa bikin rileks saat mencukur. Gagangnya juga ergonomis sehingga lebih nyaman saat digenggam dan terbuat dari 30 persen plastik daur ulang.

Menghadirkan fitur ultra-grip handle atau handle dengan grip kuat, Gillette Venus tidak mudah karatan sehingga beauty tools satu ini bisa kamu simpan di kamar mandi.

Dengan menggunakan Gillette Venus, kamu nggak perlu lagi was-was saat mencukur bulu ketiak, nih, Beauties! Dijamin praktis, tanpa perih, dan pastinya #LangsungMulus!

Gunakan Shaving Gel

Area kulit ketiak sangat sensitif, maka sangat penting untuk menjaganya tetap lembab saat cukuran. Kamu bisa menggunakan shaving gel sebelum mencukur bulu ketiak. Tujuannya agar kulit ketiak tidak kering, tidak iritasi, dan memudahkan alat cukur saat memotong bulu ketiak.

Keringkan Ketiak dan Gunakan Pelembab

Keringkan ketiak dan gunakan pelembabKeringkan ketiak dan gunakan pelembab/ Foto: Freepik/jcomp

Selesai mencukur, keringkan ketiak dengan cara ditepuk-tepuk lembut menggunakan handuk bersih. Gunakan pelembab atau minyak yang bebas alkohol untuk menenangkan kulit ketiak dan menghindari iritasi.

Itulah beberapa tips mencukur bulu ketiak dengan aman dan mudah yang bisa kamu coba. Selain mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, pastikan pula memilih alat cukur yang tepat dan berkualitas seperti Gillette Venus ya, Beauties!

Gillette VenusGillette Venus/ Foto: Dok. Gillette

Gillette Venus Comfortglide Olay Sugarberry dan Gillette Venus Comfortglide White Tea tidak akan menyebabkan luka, lecet, atau iritasi dan dapat membuat kulit #LangsungMulus. Pastikan pisau cukur diganti ketika sudah tumpul atau kira-kira sebulan sekali dengan pemakaian 2 kali seminggu.

Kamu bisa mendapatkan produk Gillette Venus di official store di Shopee. Psst, lagi ada diskon 15 persen, lho! Selamat mencoba, Beauties!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id