sign up SIGN UP

Sebelum Memulai Perawatan Kulit Wajah, Sudah Tahu Perbedaan Exfoliating vs Peeling?

Cynthia Claudia | Beautynesia
Jumat, 17 Dec 2021 17:30 WIB
Sebelum Memulai Perawatan Kulit Wajah, Sudah Tahu Perbedaan Exfoliating vs Peeling?
caption

Berbagai macam cara kerap kita lakukan untuk merawat kulit wajah. Mulai dari membersihkan, melembabkan, hingga mencerahkan kulit wajah menggunakan serangkaian produk skincare.

Namun, tahapan merawat kulit wajah tidak hanya berhenti sampai di situ saja lho, Beauties! Ada pula tahapan yang disebut sebagai pengangkatan sel kulit mati atau exfoliating.

Exfoliating dianggap memiliki arti yang sama dengan peeling. Meskipun memiliki arti yang serupa, namun peeling dan exfoliating ternyata memiliki penerapan yang berbeda, lho! Simak perbedaan peeling dan exfoliating yang harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum mulai merawat kulit wajahmu. Simak yuk!

Exfoliating

perbedaan peeling dan exfoliating
perbedaan peeling dan exfoliating/ Foto: Pexels.com

Exfoliating merupakan tahapan perawatan kulit wajah untuk mengangkat sel kulit mati dalam lapisan terluar kulit. Terdapat dua jenis exfoliating yang dilakukan, yaitu physical exfoliating dan chemical exfoliating. 

Physical exfoliating dilakukan dengan cara menggunakan bahan-bahan bertekstur untuk membersihkan kulit wajah. Bahan-bahannya adalah scrub, sponge, sikat, ataupun alat pembersih wajah lainnya, yang biasanya diaplikasikan pada malam hari. 

perbedaan peeling dan exfoliating
perbedaan peeling dan exfoliating/ Foto: Pexels.com

Sementara chemical exfoliating dilakukan dengan menggunakan kandungan skincare tertentu yang fungsinya mengeksfoliasi. Produk-produk skincare yang dimaksud adalah toner, serum, ataupun masker yang mengandung bahan-bahan tertentu.

Perawatan dalam bentuk eksfoliasi biasanya dilakukan bagi kulit yang mengalami penuaan, karena mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Eksfoliasi pasalnya membantu membersihkan kulit secara mendalam dengan cara mengangkat kotoran maupun sisa make up yang mengendap dalam pori-pori, membantu mencerahkan wajah, hingga meratakan tekstur kulit.

Peeling 

perbedaan peeling dan exfoliating
perbedaan peeling dan exfoliating/ Foto: pexels.com/ Ray Piedra

Peeling adalah tahapan perawatan wajah untuk mengangkat sel kulit bagian dalam dan menggantinya dengan lapisan kulit yang baru. Tahapan perawatan wajah ini memerlukan reaksi formula kimia pada kandungan skincare tertentu yang bekerja mengikis lapisan luar pada kulit wajah, sehingga terbentuk sel-sel kulit wajah baru yang lebih sehat.

Fungsi dari peeling sendiri adalah untuk memperbaiki penampilan, mencerahkan, menyamarkan pori-pori, hingga meningkatkan penyerapan skincare. Contoh produk-produk yang digunakan untuk Peeling adalah Somethinc AHA, BHA, PHA Peeling Solution, Implora Peeling Serum, dan Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum.

perbedaan peeling dan exfoliating
perbedaan peeling dan exfoliating/ Foto: Pexels.com

Pemakaian produk peeling biasanya cukup 1x dalam seminggu pada malam hari setelah wajah selesai dibersihkan. Cara menggunakannya adalah langsung diteteskan pada wajah, kemudian diusapkan secara merata selama 10 menit lalu dibilas.

Itulah perbedaan peeling dan exfoliating yang wajib kamu pahami terlebih dahulu, sebelum memilih tahapan yang tepat untuk merawat kulit wajahmu, Beauties. Apakah kamu sudah memahami perbedaannya? Selamat mencobanya ya setelah ini!

[Gambas:Youtube]

_________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id