sign up SIGN UP

Sederet Manfaat Masker Timun untuk Wajah, dari Melembapkan Hingga Kurangi Mata Panda

Hijria Khatimi | Minggu, 09 Jan 2022 08:30 WIB
Sederet Manfaat Masker Timun untuk Wajah, dari Melembapkan Hingga Kurangi Mata Panda
caption
Jakarta -

Timun tak hanya populer dimanfaatkan sebagai lalapan ataupun dibuat menjadi jus yang menyehatkan, melainkan juga salah satu bahan yang aman dijadikan sebagai masker alami.

Ada banyak kandungan dan senyawa bernutrisi yang terdapat pada timun, sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan yang dialami kulit. Nah, kira-kira apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan masker timun? Yuk, cari tahu sama-sama, Beauties!

Mencegah Timbulnya Jerawat

Manfaat masker timun
Manfaat masker timun/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Jerawat dapat timbul karena dipicu oleh minyak berlebih pada wajah, penumpukan sel kulit mati, hingga pori-pori yang tersumbat. Masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan masker timun.

Timun memiliki kemampuan untuk mengurangi minyak berlebih di wajah dan mengencangkan pori-pori agar tidak tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati. Dengan begitu, resiko timbulnya jerawat dapat lebih dikurangi.

Meredakan Pembengkakan di Area Mata

Manfaat masker timun
Manfaat masker timun/Foto: Freepik.com/freepik

Kamu pasti sering melihat irisan timun digunakan sebagai masker mata. Hal ini tidak salah karena timun memang dapat meredakan area mata yang terlihat bengkak atau sembab.

Mengutip Allure, menurut Erine Larson ahli kecantikan sekaligus Director of Brand Management & Education di HydroPeptide, irisan timun dapat memberikan sensasi dingin alami dan menenangkan aliran darah di area yang mengalami pembengkakan. Sehingga pembengkakan tersebut akan mereda perlahan-lahan.

Menjaga Kelembapan dan Mengurangi Lingkar Hitam pada Under Eye

Manfaat masker timun
Manfaat masker timun/Foto: Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Tak sedikit yang merasa bahwa under eye atau bagian bawah mata mereka kering dan memiliki lingkar hitam. Gaya hidup yang kurang sehat ditambah keadaan kurang tidur, memang bisa menimbulkan permasalahan seperti ini.

Masih dari Allure, dermatologis Howard Murad menjelaskan bahwa timun yang diaplikasikan langsung di kulit under eye dapat mengembalikan kelembapan yang hilang. Selain itu, kandungan vitamin K yang tinggi pada timun dapat mengurangi lingkar hitam yang menimbulkan mata panda.

Melawan Radikal Bebas

Manfaat masker timun
Manfaat masker timun/Foto: Freepik.com/cookie_studio

Seperti yang dilansir dari The Derm Review, sebuah studi yang dipublikasikan di Archives of Dermatological Research tahun 2011, mengungkap bahwa timun mengandung ascorbic acid yang dapat melawan radikal bebas dengan signifikan.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit dan membuat tanda-tanda penuaan dini seperti kulit mengendur hingga keriput lebih rentan muncul.

Nah, setelah mengetahui beragam manfaat yang diberikan masker timun, apakah kamu tertarik mencobanya, Beauties? Untuk hasil maksimal, jangan lupa iringi juga dengan perawatan kulit lainnya dan gaya hidup sehat.

[Gambas:Youtube]

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id