sign up SIGN UP

Selain untuk Wajah Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat untuk Rambut Juga! Cari Tahu di sini

Dina Afrilia | Beautynesia
Rabu, 04 Aug 2021 23:00 WIB
Selain untuk Wajah Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat untuk Rambut Juga! Cari Tahu di sini
caption

Aloe Vera atau yang sering dikenal dengan nama lidah buaya mudah kita temui dimana saja. Tanaman ini mengandung banyak manfaat dan telah digunakan sebagai obat herbal secara bertahun-tahun.

Mengandung banyak antioksidan, lasium, natrium, magnesium, glukosa folat, vitamin A, B, C, dan E, membuat lidah buaya sangat baik bagi kecantikan dan kesehatan.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat lidah buaya bagi kulit dan rambut yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Untuk Kulit dan Wajah:

1. Meredakan Sun Burn

Lidah buaya bisa membantu mengobati kulit yang terbakar sinar matahari
Kulit yang Terbakar Sinar Matahari/ Foto: pinterest.com

Gel lidah buaya memiliki sifat mendinginkan dan antiinflamasi. Oleh karena itu, lidah buaya merupakan solusi alami jika kulitmu terbakar sinar matahari. Mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit yang terbakar membantu memberikan lapisan pelindung dan juga mempertahankan kelembaban. Lidah buaya mengandung banyak antioksidan dan mineral yang bisa mempercepat penyembuhan.

2. Membantu Melembapkan Kulit

Gel lidah buaya ketika digunakan sebagai pelembab tidak meninggalkan kesan berminyak atau greasy di wajah dan kulit. Faktanya, gel lidah buaya tidak menyumbat pori-pori dan melembutkan kulit. Bisa digunakan sebagai perawatan setelah bercukur, karena gel lidah buaya membantu menjaga kulit terhidrasi dan menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh pisau cukur.  Jika kamu punya kulit kering, kamu bisa manfaatkan gel lidah buaya sebagai salah satu skincare routine-mu

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Aloe Vera bisa mempercepat penyembuhan luka
Luka bisa juga Diobati dengan Aloe Vera/ Foto: pexels.com/ Ksenia Chernaya

Manfaat lidah buaya untuk penanganan luka bakar. Lidah buaya bisa mempercepat masa penyembuhan dengan membuat kinerja sel kulit mampu mereproduksi delapan kali lebih cepat. Lidah buaya mampu menembus lapisan epidermis kulit lebih cepat daripada air, sehingga penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

4. Mengatasi Penuaan Dini

Lidah buaya mengandung banyak Vitamin C dan E, serta beta karoten yang bersifat mencegah penuaan dini. Lidah buaya juga mengandung zat anti mikroba dan antiinflamasi. Hal ini membantu menghilangkan noda pada kulit dan mengurangi garis-garis halus. Sebagai tambahan lidah buaya juga membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

5. Membantu Mengurangi Jerawat

Aloe Vera mengandung anti mikroba dan anti inflamasi sehingga bisa dipakai untuk menyembuhkan jerawat
Jerawat bisa disembuhkan dengan lidah buaya/ Foto: pinterest.com

Jika kamu berjerawat, kamu bisa mencoba menggunakan lidah buaya karena kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain di dalamnya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat tanpa merusak kulit. Lidah buaya juga mengandung polisakarida dan giberelin. Keduanya membantu menumbuhkan sel baru dan di saat yang bersamaan mengurangi inflamasi dan kemerahan. Lidah buaya juga mampu memperkecil ukuran pori-pori serta menghilangkan kelebihan sebum, mikroba dan kotoran.

6. Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark terjadi akibat elastisitas kulit berkurang, biasanya terjadi pada masa kehamilan. Kamu bisa mengatasinya dengan mengoleskan lidah buaya pada bagian stretch mark

Untuk Kulit Kepala dan Rambut

1. Menumbuhkan Rambut

Aloe vera juga bisa membantu menumbuhkan rambut
Merawat Rambut dengan Aloe Vera/ Foto: pexels.com/ Element5 Digital

Seperti reproduksi kulit, lidah buaya membantu menumbuhkan rambut karena melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Lidah buaya juga mengandung mineral dan vitamin yang penting, salah satunya enzim proteolitik yang memperbaiki sel kulit mati di kepala.

2. Mencegah Ketombe

Ketombe disebabkan oleh kulit kering, infeksi jamur dan minyak yang berlebih. Lidah buaya bisa mengatasi masalah ketombe yang kamu alami. Kamu hanya perlu mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala.

3. Sebagai Kondisioner

Aloe Vera sebagai kondisoner
Aloe Vera bisa Digunakan sebagai Kondisioner/ Foto: pexels.com/ Cintia Sique

Selain melembapkan kulit, lidah buaya juga bisa membuat rambutmu lembut. Aplikasikan secara konsisten ke rambut dan kulit kepalamu, karena dapat membantu menjaga vitalitas rambut dan berkilau.

Banyaknya manfaat lidah buaya kamu dapat membantu kamu menjaga kulit dan rambut. Saat ini banyak gel lidah buaya yang beredar di pasaran, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Jangan lupa untuk diaplikasikan secara rutin ya Beauties agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id