Selalu Ada di Kemasan, Kamu Wajib Tahu Arti Simbol pada Produk Kecantikan

Kyla Putri Nathania | Beautynesia
Jumat, 12 Jan 2024 20:30 WIB
E-Mark
E-Mark/ Foto: duncanrobertson.com

Pada dunia kecantikan, banyak hal yang harus kita pahami. Seperti persentase bahan, formula, cara penggunaan, manfaat, proses produksi, hingga simbol-simbol yang terlihat pada kemasan.

Penggunaan simbol-simbol ini pun tak sembarangan karena bermanfaat sebagai pemberi informasi bagi konsumen. Mulai dari informasi waktu kedaluwarsa, kandungan produk, dan lainnya. Namun, mungkin masih banyak yang bingung dengan makna dari simbol-simbol yang ada di kemasan produk kecantikan yang Beauties pakai.

Agar paham mengenai simbol-simbol tersebut, berikut 5 arti simbol yang ada di produk kecantikan.

Period After Opening (PAO)

Period After Opening/ Foto: cdn.shopify.com

Simbol ini terdiri dari gambar wadah yang terbuka dengan angka di dalamnya, yang menunjukkan jumlah bulan atau tahun. Arti dari simbol ini memberikan informasi tentang berapa lama produk tersebut sebaiknya digunakan setelah dibuka untuk pertama kalinya. 

Contohnya, jika simbol PAO menunjukkan angka “12M”, berarti produk sebaiknya digunakan dalam waktu 12 bulan setelah dibuka. Apabila melewati periode tersebut, kemungkinan kualitas dari produk berkurang dan dapat meningkatkan risiko iritasi.

Leaping Bunny

Leaping Bunny/ Foto: media.glamourmagazine.co.uk

Simbol leaping bunny adalah lambang sertifikasi cruelty-free atau bebas dari pengujian pada hewan. Jika suatu produk memiliki label tersebut, tandanya diproduksi tanpa melakukan uji coba pada hewan selama proses pengembangan, formulasi, dan pengujian.

Simbol ini memberikan kepercayaan kepada konsumen yang peduli terhadap kesejahteraan hewan bahwa mereka memilih produk yang ramah hewan.

E-Mark

E-Mark/ Foto: duncanrobertson.com

Simbol ini sering disertakan dengan angka di dalamnya, seperti “e 50ml” atau “e 100ml”. Artinya, jumlah yang tertera di dalam simbol menunjukkan volume bersih atau berat bersih produk tersebut. Sehingga, konsumen mendapatkan informasi yang jelas tentang seberapa banyak produk yang seharusnya ada di dalam kemasan.

Tak hanya itu, simbol ini merupakan tanda kelayakan bahwa produk mematuhi standar yang sesuai regulasi Uni Eropa. Hal ini membantu menciptakan standar yang konsisten di seluruh produk.

Green dot dan Mobius

Green dot dan Mobius/ Foto: planetaryinternational.com

Mobius berbentuk panah segitiga yang membentuk lingkaran atau seperti simbol putaran. Artinya, kemasan produk bisa di daur ulang atau terbuat dari bahan daur ulang. 

Sedangkan Green dot memiliki makna bahwa perusahaan yang menciptakan produk tersebut akan bertanggung jawab dalam pendanaan sistem pengelolaan daur ulang kemasan.

Ecocert

Ecocert/ Foto: media.glamourmagazine.co.uk

Ecocert dikenal sebagai lembaga sertifikasi organik dan lingkungan yang menilai dan memberikan sertifikasi, terhadap produk-produk yang memenuhi standar tertentu terkait keberlanjutan dan bahan-bahan organik. Apabila terdapat simbol ini dalam suatu produk, artinya produk tersebut mengandung sejumlah besar bahan organik.

Setelah mengenal arti logo-logo yang tertera pada kemasan produk kecantikan, kini kamu tidak akan kebingungan lagi untuk memahami dan menggunakan produk tersebut. Jadi sebelum menggunakan produk kecantikan, perhatikan simbol-simbol yang tertera pada kemasan ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE