sign up SIGN UP

Sering Dianggap Sepele, Ini 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan saat Membersihkan Wajah dengan Facial Wash

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 14:30 WIB
Sering Dianggap Sepele, Ini 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan saat Membersihkan Wajah dengan Facial Wash
caption
Jakarta -

Membersihkan wajah adalah salah satu tahapan penting yang tidak boleh dilewatkan dalam merawat kesehatan kulit. Setelah seharian beraktivitas, kulit wajah tentu akan terpapar debu, polusi, dan kotoran. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wajah agar bersih sekaligus menjaga kelembaban dan mencegah masalah kulit.

Sekilas, membersihkan wajah terkesan mudah dan tampak tidak memerlukan teknik khusus. Namun, mencuci wajah tidak boleh sembarangan, lho, Beauties! Sebab jika mencuci muka 'asal-asalan', bukan bersih yang didapat melainkan kulit jadi iritasi, kering, bahkan memicu jerawat.

Lantas, kesalahan apa saja, sih, yang masih sering dilakukan saat membersihkan wajah? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mungkin kamu bermaksud ingin mencuci muka sesering mungkin agar tidak ada kotoran yang menempel di kulit. Namun, hal ini justru salah besar, Beauties.

Jika kamu terlalu sering mencuci muka, kulit akan menjadi iritasi bahkan bisa menyebabkan produksi minyak berlebih. Disarankan untuk mencuci muka sebanyak 1 hingga 2 kali sehari.

Membersihkan Wajah dengan Suhu Air yang Salah

Ilustrasi membersihkan wajahIlustrasi membersihkan wajah/ Foto: Freepik

Selama ini banyak anggapan yang beredar bahwa membersihkan wajah dengan air panas dapat membuka pori-pori kulit. Sementara jika menggunakan air dingin dapat menutup pori-pori tersebut.

Nah, suhu air yang disarankan adalah air hangat, bukan panas ya, Beauties. Alasannya, air hangat dapat membersihkan kulit secara lembut. Jika kamu menggunakan air panas, malah bisa membuat kulit menjadi kering.

Menggunakan Facial Wash yang Tidak Sesuai

Sebagian orang masih menganggap bahwa semua jenis pembersih wajah memiliki fungsi yang sama, yaitu membersihkan wajah. Memang benar fungsi utama dari pembersih wajah atau facial wash adalah untuk membersihkan wajah dari kotoran. Namun, memilih facial wash tidak boleh asal, Beauties!

Pilihlah facial wash yang sesuai jenis kulit, entah berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif. Selain itu, kamu juga harus memilih pembersih wajah yang bisa membersihkan kulit secara mendalam namun tetap melembapkan tanpa sensasi tertarik atau bikin kering.

Biar nggak salah pilih, Beautynesia merekomendasikan pembersih wajah dari Y.O.U Beauty, yaitu YOU Beauty meluncurkan YOU Amino Low pH Cleansing Mousse. Dengan kandungan utama Amino Acid yang bisa menghidrasi dan menutrisi kulit, pembersih wajah ini bisa membersihkan secara menyeluruh tanpa membuat kulit terasa kencang setelah mencuci muka!

Y.O.U Amino Low pH Cleansing MousseY.O.U Amino Low pH Cleansing Mousse/ Foto: Dok. Y.O.U Beauty

Diformulasikan dengan 28% Amino Acid Complex, 5X Ceramides, dan Korean Centella Asiatica, pembersih wajah satu ini dapat menjaga kelembapan sekaligus menawarkan formula pH rendah sehingga membantu menjaga kesehatan kulit.

Dengan tekstur yang foamy, YOU Amino Low pH Cleansing Mousse mampu menghilangkan minyak berlebih dan membantu menghidrasi kulit. Pembersih wajah ini juga cocok digunakan untuk membersihkan makeup ringan (daily makeup) dan membuat kulit jadi lebih segar, bersih, lembut, dan kenyal.

Kandungan YOU Amino Low pH Cleansing Mousse

YOU Amino Low pH Cleansing MousseYOU Amino Low pH Cleansing Mousse/ Foto: Dok. Y.O.U Beauty

Salah satu kandungan utama dari YOU Amino Low pH Cleansing Mousse adalah Amino Acid atau Asam Amino yang berfungsi untuk mengangkat kotoran pada kulit wajah tanpa membuat kulit kering.

Sebagai informasi, Amino Acid atau Asam Amino merupakan bagian dari Natural Moisturizing Factors (NMF). Terdapat 40 persen Amino Acid pada NMF dan NMF sendiri berperan dalam melembabkan dan menutrisi kulit.

Selain Amino Acid, berikut beberapa kandungan menarik dalam YOU Amino Low pH Cleansing Mousse:

  • Ceramides: membantu menjaga kulit terhidrasi dan lembab dan menjaga skin barrier tetap sehat.
  • Kandungan 5X Ceramides mengandung lima jenis Ceramides, Ceramide 1 (EOP), 2 (NS/NG), 3 (NP), 4 (AS), & 6 (AP), untuk memperkuat perisai pelindung kulit dan mengunci kelembapan kulit.
  • Korean Centella Asiatica: menjadi formula extra soothing yang membantu membuat kulit lebih tenang dan menenangkan kulit yang sensitif.
YOU Amino Low pH Cleansing MousseYOU Amino Low pH Cleansing Mousse/ Foto: Dok. Y.O.U Beauty

Lahirnya YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini merupakan terobosan dari perpaduan bahan alami dan teknologi terkini untuk kecantikan yang lebih long lasting. Produk ini juga terbukti aman bagi kulit sensitif, 100% tidak berbahaya karena sudah tersertifikasi oleh BPOM dan pH nya mendekati pH normal kulit wajah kita.

So, tidak hanya untuk mengangkat kotoran di wajah usai seharian beraktivitas, YOU Amino Low pH Cleansing Mousse juga membantu melembapkan, menyegarkan, menenangkan kulit wajah, sekaligus memperkuat skin barrier! Lengkap banget, kan?

Terlalu Sering Eksfoliasi

Ilustrasi eksfoliasi wajahIlustrasi eksfoliasi wajah/ Foto: Pexels

Tujuan melakukan eksfoliasi kulit adalah untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, jika kamu melakukan eksfoliasi berlebihan, kulit akan jadi sensitif bahkan iritasi. Dalam seminggu, maksimal eksfoliasi adalah sebanyak dua kali.

Menggosok Wajah dengan Handuk

Usai dibersihkan, kebanyakan orang akan mengeringkan wajah yang basah dengan menggosokkannya ke handuk. Hal ini harus dihindari jika kamu tidak ingin kulit menjadi iritasi, ya, Beauties.

Kuncinya adalah menepuk-nepuk dengan lembut, bukan menggosok. Pastikan juga jenis handuk yang digunakan lembut, tidak kasar, dan rajin dibersihkan untuk mencegah penyebaran bakteri.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membersihkan wajah. Paling penting, pastikan kamu menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit, seperti YOU Amino Low pH Cleansing Mousse.

Y.O.U Amino Low pH Cleansing MousseY.O.U Amino Low pH Cleansing Mousse/ Foto: Dok. Y.O.U Beauty

Yuk, rasakan sensasi membersihkan wajah secara menyeluruh tanpa bikin kulit kering sekaligus melembapkan dan menyegarkan dengan YOU Amino Low pH Cleansing Mousse.

Kamu bisa membeli YOU Amino Low pH Cleansing Mousse dengan harga Rp115 ribu dan dapat ditemukan di e-commerce official store YOU di Shopee yang saat ini sedang ada promo Super Brand Day di tanggal 23 September 2022 dengan beragam penawaran spesial!

Tunggu apalagi? Yuk, buruan checkout!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id