sign up SIGN UP

Simak Penjelasan dan Manfaat dari 10 Langkah Korean Skincare Routine Berikut Ini!

Adinda Rizki | Beautynesia
Senin, 07 Feb 2022 23:00 WIB
Simak Penjelasan dan Manfaat dari 10 Langkah Korean Skincare Routine Berikut Ini!
caption
Jakarta -

Saat ini rasanya Korea Selatan telah menjadi ‘kiblat’ bagi para pecinta skincare dan makeup. Tidak hanya produknya saja yang banyak digunakan dan menjadi favorit para perempuan, tetapi Korean skincare routine juga sering digunakan oleh perempuan Indonesia karena dipercaya dapat membuat kulit wajah menjadi lebih glowing dan bersih.

Skincare routine asal Korea ini diminati karena tidak menggunakan produk berbahan keras yang dapat menghilangkan penghalang alami kulit, sebab filosofi dari skincare routine Korea adalah mengenai bekerja dengan ekosistem alami kulit, yaitu dengan membersihkan, menghidrasi, memberikan nutrisi, serta melindunginya.

Walaupun sudah banyak yang menggunakan Korean skincare routine step, tetapi mungkin banyak juga yang belum tahu penjelasan dari setiap langkah-langkah dalam perawatan tersebut. Oleh karena itu berikut ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat dari langkah-langkah perawatan wajah ala Korea.

Pembersih Berbasis Minyak

Pembersih berbasis minyak dapat mengangkat seluruh kotoran dan sisa-sisa makeup
Korean skincare routine/ Foto: freepik.com/

Langkah yang pertama ini sangat penting untuk dilakukan, sebab membersihkan wajah dengan pembersih berbasis minyak sebagai langkah pertama dapat membantu menghilangkan semua jenis kotoran sampai ke pori-pori, terutama sisa-sisa makeup.

Selain itu, pembersih berbasis minyak juga melindungi bakteri baik yang terdapat pada lapisan lipid kulit dan tidak akan menghilangkan minyak alami dari wajah.

Pembersih Berbasis Air

Korean skincare routine sangat menyarankan untuk melakukan double cleansing, di mana pembersih kedua yang digunakan adalah yang berbasis air yang dapat menghilangkan semua minyak yang masih tersisa dari pembersihan sebelumnya.

Membersihkan dengan pembersih berbasis air juga dapat menghilangkan kotoran dan keringat serta dapat menyegarkan pori-pori kamu nih, Beauties!

Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi pada wajah dipercaya dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati serta mencegah penyumbatan pada pori-pori di wajah.

Walaupun bisa memperbaiki tekstur kulit, tetapi eksfoliasi tidak boleh dilakukan terlalu sering, lakukan eksfoliasi maksimal 2-3 kali seminggu dengan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit.

Toner

Toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH wajah setelah melakukan pembersihan
Korean skincare routine/ Foto: freepik.com/

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, di langkah ini kulit wajah biasanya menjadi kering dan pH kulit bisa jadi rusak sehingga perlu untuk menyeimbangkan kembali tingkat pH kulit, ini bisa dilakukan dengan menggunakan toner karena produk ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan dan juga mengembalikan kelembapan kulit.

Essence

Pada dasarnya, essence merupakan campuran dari serum dan toner yang berbasis air dan berfungsi untuk membuat kulit tetap terhidrasi dan melindungi kulit. Penerapan penggunaan essence di skincare routine Korea adalah untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya.

Serum

Korean skincare routine step yang satu ini akan membantu memulihkan hidrasi yang dibutuhkan oleh kulit nih, Beauties. Sehingga, dengan menggunakan serum yang terkonsentrasi dapat menghilangkan kerutan, mencegah penuaan dini pada kulit, mencegah kulit menjadi kering, atau hiperpigmentasi.

Sheet Mask

Sheetmask menjadi produk andalan Korea karena mudah untuk digunakan
Korean skincare routine/ Foto: freepik.com/

Ketika berbicara mengenai skincare Korea, pasti identik dengan penggunaan sheet mask yang memang merupakan salah satu produk Korea yang sangat mudah untuk digunakan dan nyaman untuk kulit. Masker yang berbentuk seperti wajah ini direndam di dalam serum dan hydrating essence sehingga dapat menutrisi dan melembapkan kulit.

Eye Cream

Sebenarnya, daerah paling sensitif pada wajah adalah kulit yang ada di dekat mata. Ini juga merupakan daerah pertama yang menunjukkan adanya tanda-tanda kerutan serta penuaan, sehingga fungsi penggunaan krim mata adalah untuk membantu menghidrasi kulit kering, menjaga kulit tetap awet muda dan bercahaya, serta menghilangkan garis-garis halus/kerutan di sekitar mata.

Pelembab

Fungsi dari pelembab dalam langkah-langkah skincare routine Korea ini adalah untuk mengunci seluruh produk yang sudah dipakai serta dapat meremajakan dan mempercantik kulit. Selain itu, pelembab juga tentu saja membuat kulit menjadi tetap lembap.

Sunscreen

Sunscreen dapat membantu menghalangi sinar UV berbahaya mencapai kulit wajah dan mengurangi resiko kanker kulit
Korean skincare routine/ Foto: freepik.com/

Mengaplikasikan sunscreen pada wajah menjadi langkah Korean skincare routine terpenting karena sunscreen dapat mencegah sinar UV berbahaya mencapai kulit wajah, selain itu sunscreen dipercaya juga dapat mengurangi risiko kanker kulit dan kerusakan pada DNA.

Nah, itulah penjelasan lengkap dari setiap langkah-langkah di Korean skincare routine beserta manfaat dari memakai produk yang digunakan. Setelah mengetahui manfaatnya, jadi nggak ada lagi alasan untuk malas-malasan melakukan skincare routine yang satu ini ya, Beauties!

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id