STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sudah Pakai Skincare Pencerah Tapi Kulit Masih Kusam? Mungkin 5 Kesalahan Ini yang Jadi Penyebabnya!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Rabu, 11 Jan 2023 04:30 WIB
Sudah Pakai Skincare Pencerah Tapi Kulit Masih Kusam? Mungkin 5 Kesalahan Ini yang Jadi Penyebabnya!

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi masalah kulit kusam. Salah satunya dengan menggunakan produk-produk skincare yang mengandung bahan pencerah, seperti niacinamide, alpha arbutin hingga vitamin C.

Namun selain itu, kamu juga perlu memperhatikan untuk tidak melakukan beberapa kebiasaan salah saat memakai skincare berikut ini, karena kebiasaan-kebiasaan ini bisa menyebabkan skincare yang kamu gunakan tidak bekerja maksimal.

Mengutip dari Express.co.uk, ini dia deretan kebiasaan skincare yang perlu dihindari agar kulit tidak kusam!

1. Tidak Melakukan Double Cleansing

melakukan double cleansing
Metode double cleansing/Foto: Freepik/Freepik

Lapisan kulit yang terhalang kotoran, minyak dan sisa makeup bisa mengganggu proses regenerasi kulit serta membuat skincare yang diaplikasikan tidak meresap dengan baik. 

Dermatolog atau dokter spesialis kulit menyarankan agar para pemilik kulit kusam rutin membersihkan wajah dengan metode double cleansing, yakni menggunakan cleanser berbahan dasar minyak sebagai langkah awal, kemudian melanjutkannya dengan menggunakan face wash untuk proses pembersihan maksimal.  

2. Mengaplikasikan Skincare dengan Urutan yang Salah 

mengaplikasikan serum
Ilustrasi mengaplikasikan skincare/Foto: Freepik/Kroshka-nastya

Sudah pakai skincare pencerah tapi kulit tetap kusam? Mungkin kamu menggunakannya dengan urutan yang salah, Beauties. Sebab, mengaplikasikan skincare dengan tahapan yang tidak sesuai juga bisa menjadi faktor penyebab produk yang digunakan tidak bekerja maksimal, lho.

Saat melakukan skincare routine, gunakan produk dengan tekstur yang paling ringan terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan produk-produk dengan tekstur yang lebih berat. Misalnya, aplikasikan skincare dengan urutan: toner, serum, pelembab lalu sunscreen.

3. Tidak Mengetahui Jenis Kulitmu

mengenal jenis kulit
Kenali jenis kulit agar mendapatkan skincare yang sesuai kebutuhan/Foto: Freepik/Nakaridore

Mengetahui jenis kulit menjadi salah satu hal yang penting dilakukan untuk menentukan produk skincare apa yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Misalnya jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, kamu perlu memilih produk skincare dengan formula yang gentle. Sedangkan bagi pemilik kulit berminyak disarankan untuk memilih produk skincare dengan formula non-comedogenic agar kondisi kulit tidak semakin parah.

4. Tidak Mengeksfoliasi Kulit

eksfoliasi kulit
Eksfoliasi kulit/Foto: Freepik/Gpointstudio

Salah satu tahapan skincare yang tidak boleh di-skip oleh pemilik kulit kusam adalah rutin melakukan eksfoliasi kulit 1 - 2 kali seminggu. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam, sehingga tahapan ini dinilai dapat membantu mencerahkan kulit kusam secara signifikan.

5. Jarang Pakai Sunscreen

ilustrasi perempuan di bawah sinar matahari
Ilustrasi tidak memakai sunscreen/Foto: Freepik/Freepik

Tahapan skincare lain yang tidak boleh kamu skip adalah menggunakan sunscreen setiap hari. Pasalnya sering terkena sinar UV matahari tanpa perlindungan bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan menggelap di area tertentu.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya rajin menggunakan sunscreen setiap hari, baik dalam cuaca terik, mendung maupun hujan ya, Beauties.

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE