sign up SIGN UP

Supaya Tidak Lagi Salah, Kenalan dengan Perbedaan Label Natural, Organik, dan Vegan dalam Skincare di Pasaran

Dina Afrilia | Jumat, 06 Aug 2021 22:30 WIB
Supaya Tidak Lagi Salah, Kenalan dengan Perbedaan Label Natural, Organik, dan Vegan dalam Skincare di Pasaran
caption

Pada saat membeli skincare, tentu kamu akan melihat bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya bukan? Dari bahan-bahan tersebut, produsen skincare memberikan label natural, organik, bahkan vegan.

Perbedaan ini sering membuat kita menjadi bingung dan bertanya-tanya memang apa sih perbedaan skincare dari label-label tersebut? Nah, menjawab permasalahan tersebut, simak dan kenali ketiga perbedaannya di bawah ini ya, Beauties!

1. Natural 

Skincare natural harus mengandung 10% bahan alami
Skincare Natural/ Foto: pexels.com/ Polina Kovaleva

Produk skincare natural adalah produk yang mengandung 10% bahan-bahan alami, seperti biji-bijian, bunga, dan juga produk olahan hewan seperti beeswax, carmine, kolagen atau gelatin. Walaupun ketentuan agar skincare tersebut memperoleh label natural adalah 10%, tetapi terkadang masih saja ada produsen yang nakal dengan memasukkan bahan-bahan lain yang tidak aman.

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan membaca urutan pada ingredients. Jika bahan natural berada di urutan awal, maka presentasenya cukup besar. 

2. Organik 

Bahan skincare organik
Skincare organik mengandung 95% bahan organik/ Foto: Pexels.com/ Monstera

Produk skincare organik dibuat sama dengan produk skincare natural, mengandung bahan-bahan alami seperti bunga, biji-bijian dan produk olahan hewan. Perbedaannya adalah produk skincare organik tidak mengandung pestisida, pupuk sintesis, antibiotik, dan bahan rekayasa genetika. 

Banyak persyaratan yang harus dipenuhi agar produk ini mengantongi sertifikat organik, seperti presentase kandungan bahan organik dalam produk, proses manufaktur, dan presentase minimum bahan sintetis untuk pengawet. Contohnya, USDA Organic Amerika menyatakan bahwa produk dikatakan organik apabila produk tersebut terbuat dari 95% bahan organik. Jika kandungan bahan organiknya hanya 70% sampai 94% maka produk tersebut diberi label ‘made with organic ingredients’

3. Vegan 

Plant Based Skincare
Skincare vegan bahannya 100% dari tumbuhan/ Foto: pexels.com/ Fuzzy Rescue

Lalu terakhir, produk skincare vegan adalah produk yang tidak mengandung bahan yang berasal dari hewan. Jika kamu membeli produk skincare yang vegan, maka kamu tidak akan menemukan beeswax, honey, gelatin ataupun kolagen di dalamnya. Jadi produk skincare terbuat 100% dari tumbuhan. 

Namun tidak selamanya produk vegan itu cruelty free. Produk vegan bisa saja diujicobakan pada hewan jika produk tersebut dipasarkan di negara yang mengharuskan produk skincare untuk diuji coba pada hewan sebelum dipasarkan di negara tersebut. 

Jadi itulah perbedaan produk skincare natural, organik, dan vegan ya Beauties! Semoga tips memilih skincare di atas bisa membantu kamu saat membeli skincare. Tapi yang terpenting saat membeli skincare yaitu sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan kulitmu. Semoga tidak salah lagi ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id