sign up SIGN UP

Tambahkan Grapeseed Oil dalam Skincare Routine Untuk Kulit Berminyak, Banyak Manfaatnya!

Nisrina Salsabila | Rabu, 10 Feb 2021 14:30 WIB
Tambahkan Grapeseed Oil dalam Skincare Routine Untuk Kulit Berminyak, Banyak Manfaatnya!
caption
Jakarta -

Face oil tidak selalu berarti wajah akan menjadi berminyak. Menurut ahli kecantikan kulit Michele Green, M.D., semua jenis kulit dapat menggunakan minyak dalam rutinitas perawatan kulit mereka, tetapi tidak semua minyak berfungsi untuk semua jenis kulit.

Jika tipe kulitmu acne prone atau berminyak, sebaiknya jangan menggunakan bahan yang berat, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Solusinya, minyak biji anggur/grapeseed oil (Vitis vinifera) bisa dijadikan opsi sebagai pelembap ringan yang dibutuhkan kulitmu.

Apakah Grapeseed Oil Itu?

grapeseed oil
Grapeseed oil berasal daru biji anggur kecil/Foto: Pinterest.com/natlivingideas

Grapeseed oil merupakan salah satu face oil yang didapat dari hasil ekstraksi biji anggur kecil. Ahli kecantikan merekomendasikan produk grapeseed oil yang diolah melalui metode ekstraksi cold-compress yang memungkinkan minyak untuk tetap kuat dan kaya nutrisi.

Teksturnya ringan seperti sutra dan warnanya hijau muda kekuningan. Karena sifatnya ringan, jenis minyak ini mudah meresap ke dalam kulit tanpa menyebabkan efek greasy, sumbatan pori-pori, komedo, maupun jerawat.

Apa Manfaat Grapeseed Oil?

grapeseed oil
Manfaat grapeseed oil/Foto: Pinterest.com/preventionmag

Grapeseed oil mengandung antioksidan (seperti vitamin A, C, dan E) yang bermanfaat untuk melembapkan kulit dehidrasi, meratakan warna kulit, memudarkan bekas jerawat, dan melindungi kulit dari radikal bebas. Meskipun berupa minyak, nyatanya penggunaan grapeseed oil secara rutin mampu menstabilkan produksi minyak pada wajah, loh.

Tingginya kandungan asam lemak omega-6 dan asam linoleat merupakan komponen terpenting dalam pembentukan skin barrier. Asam lemak baik ini juga dipercaya sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mencegah datangnya jerawat, mengurangi kemerahan akibat jerawat, sampai mengilangkan bekas jerawat. Ini membuatnya tak hanya aman untuk kulit berjerawat, tetapi juga bisa mengatasi jerawat breakout.

Kemudian, grapeseed oil memiliki asam amino sebagai pembentuk kolagen yang dapat melembutkan tekstur kulit dan merangsang pergantian sel kulit baru. Sementara, polifenolnya memiliki kemampuan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya garis-garis halus dan kerutan.

grapeseed oil
Grapeseed oil untuk melembutkan rambut/Foto: bebeautiful.in

Tak hanya berguna bagi kulit wajah, faktanya grapeseed oil juga berkhasiat bagi kesehatan rambut, loh! Mengoleskan grapeseed oil ke kulit kepala sebelum keramas mampu menambah kelembapan kulit kepala, menguatkan akar rambut, dan mengembalikan kilau alami rambutmu.

Apakah Grapeseed Oil Aman Bagi Kulit Sensitif?

grapeseed oil
Grapeseed oil cocok untuk semua jenis kulit/Foto: Mdo-skin.com

Menurut Dr. Green, pada dasarnya grapeseed oil aman untuk sebagian besar orang dan jenis kulit, mulai dari kulit kering, berminyak, kombinasi, dan berjerawat. Tetapi kamu harus menghindarinya jika ada alergi. Untuk itu, sebelum mencoba selalu lakukan patch test terlebih dahulu pada pergelangan tangan untuk memastikan kandungan grapeseed oil pada skincare tidak menimbulkan reaksi pada kulit kamu.

Bagaimana Cara Penggunaannya?

grapeseed oil
Cukup tuangkan 2-3 tetes/Foto: Intotheglass.com

Grapeseed oil bisa digunakan pada pagi maupun malam hari. Hal yang perlu diingat, gunakanlah face oil sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulitmu. Cukup tambahkan 2-3 tetes ke telapak tangan, lalu usap-usapkan di antara kedua telapak tangan untuk menghangatkan produk. Tekan dan tepuk-tepuk lembut grapeseed oil ke kulit wajahmu untuk mengunci semua produk di bawahnya.

Kamu juga bisa gunakan cara lainnya, yaitu dengan cara mencampurkan satu tetes grapeseed oil dengan pelembap yang biasa kamu gunakan.

Apa Saja Rekomendasi Produknya?

grapeseed oil
Rekomendasi grapeseed oil/Foto: Instagram.com/haple.id/purivera.botanicals/everpure_id/kleveruorganics/organicsupplyco

Di pasaran, grapeseed oil dijual dengan kisaran harga Rp40 ribu hingga 100 ribu. Brand yang terkenal antara lain, Haple Grapeseed Oil yang bahan bakunya diimpor dari Spanyol, Purivera Botanicals Grapeseed Oil yang dibuat dengan metode cold-press atau Organic Supply Co. Grapeseed Oil yang multifungsi untuk kulit wajah, rambut, dan pijat tubuh.

Brand lainnya datang dari Everpure Grapeseed Oil yang dikemas dalam botol berwarna gelap untuk menjaga kualitas isinya, juga ada Kleveru Grapeseed Oil yang bebas dari alkohol, parfum, paraben, dan bahan kimia berbahaya lainnya sehingga aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Jadi, sudah siap menco

ba grapeseed oil?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id