sign up SIGN UP

Tips Memilih Pelembab Sesuai Jenis Kulit

Ratih Dewi | Beautynesia
Sabtu, 07 Nov 2020 13:00 WIB
Tips Memilih Pelembab Sesuai Jenis Kulit
caption

Dalam rangkaian skincare menggunakan pelembab atau moisturizer sangatlah penting untuk kulit wajah kita. Tidak hanya kulit kering yang membutuhkan pelembab, kulit berminyak juga butuh untuk menggunakan pelembab untuk menghidrasi kulit wajah.

Mungkin beberapa dari kalian masih bingung atau kesulitan bagaimana cara sih memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kita? Nah, sekarang kita simak bersama cara memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Check this out!  

1. Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Mengetahui Jenis Kulit Wajah
Mengetahui Jenis Kulit Wajah/Foto : freepik.com

Sangat penting untuk mengetahui jenis kulit wajah sebelum menggunakan suatu produk, termasuk menggunakan pelembab. Untuk produk pelembab sendiri ada banyak jenisnya seperti yang teksturnya water based, gel, cream, dan lotion yang memang fokusnya untuk jenis kulit wajah tertentu. Nah, bagaimana cara memilih pelembab yang tepat? 

  • Kulit kering - untuk kamu yang memiliki jenis kulit wajah kering, kamu bisa menggunakan pelembab yang teksturnya krim atau lotion untuk melembabkan dan menghidrasi kulit wajah kamu karena tekstur tersebut cukup tebal dan bisa melindungi kulit wajah kamu agar tidak semakin kering.
  • Kulit berminyak - untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, kamu bisa menggunakan pelembab yang teksturnya water based atau gel yang lebih ringan sehingga hasil akhirnya tidak membuat kulit kamu semakin berminyak, pastikan produk yang kamu gunakan juga oil free.
  • Kulit kombinasi - untuk kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi, kamu bisa gunakan mungkin 2 tipe pelembab, yang teksturnya gel untuk area t-zone dan yang teksturnya lotion untuk area u-zone
  • Kulit normal - untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal, kamu bisa menggunakan pelembab jenis apapun karena kulit wajah kamu tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak, pastikan kamu menggunakan pelembab untuk selalu menghidrasi kulit wajah kamu, walaupun normal. 

2. Aplikasikan Pelembab dengan Benar

Aplikasikan Pelembab dengan Benar
Aplikasikan Pelembab dengan Benar/Foto : freepik.com

Aplikasikan pelembab dengan benar, jangan terlalu banyak dan jangan juga terlalu sedikit. Fungsi utama dari pelembab untuk menghidrasi dan melembabkan kulit wajah, jika terlalu sedikit maka kulit wajah kamu tidak terhidrasi dengan baik dan jika terlalu banyak kulit wajah kamu akan terasa berat dan mengganggu penampilan. 

Aplikasikan pelembab sampai ke leher juga, terutama jika kamu menggunakan pelembab yang fungsi utamanya untuk mencerahkan, jangan lupa aplikasikan sampai ke leher. Selain untuk melembabkan juga mencerahkan agar tidak belang. 

3. Perhatikan Kandungan dalam Produk Pelembab

Perhatikan Kandungan dalam Pelembab
Perhatikan Kandungan dalam Pelembab/Foto : freepik.com

Setelah kamu mengetahui jenis kulit kamu sendiri, kamu juga harus memperhatikan kandungan dari produk pelembab yang kamu gunakan. Misalkan, untuk kulit berminyak hindari kandungan yang comedogenic dan bisa menggunakan pelembab dengan kandungan aloe vera. Untuk kulit kering sebaiknya hindari dari kandungan alcohol atau fragrance yang bisa membuat kulit wajah menjadi kering.

Untuk kulit normal dan kombinasi kandungan produknya bisa kamu sesuaikan juga dengan kondisi kulit wajah kamu, bisa menggunakan water based atau lotion dan pastikan hindari dari kandungan yang memang kulit wajah kamu tidak bisa menerimanya. 

4. Menggunakan Sesuai dengan Urutan Skincare 

Menggunakan Sesuai Urutan Skincare
Menggunakan Sesuai Urutan Skincare/Foto : freepik.com

Pastikan dalam menggunakan rangkaian skincare sesuai dengan urutan yang benar, karena jika tidak dalam urutan yang benar maka akan berdampak dengan kulit wajah kamu dan menjadi tidak nyaman menggunakan skincare tersebut. Untuk morning skincare routine kamu bisa menggunakan pelembab dahulu dan tunggu beberapa menit sampai meresap lalu gunakan sunscreen.

Untuk night skincare routine kamu bisa gunakan pelembab dan tunggu sampai meresap ke wajah lalu gunakan sleeping mask. Kalau kamu kulitnya cukup berminyak parah, mungkin bisa langsung menggunakan sleeping mask dan diselang-seling per hari dengan penggunaan pelembab kamu.

Pastikan pelembab yang kamu gunakan sudah meresap sempurna ke kulit wajah sebelum ditimpa dengan produk skincare lainnya. Semoga membantu Ladies! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id