sign up SIGN UP

Toner itu Penting! Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Melewatinya dalam Tahapan Skincare Routine

Cynthia Claudia | Beautynesia
Rabu, 20 Oct 2021 18:30 WIB
Toner itu Penting! Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Melewatinya dalam Tahapan Skincare Routine
caption

Kebanyakan dari kita masih meragukan toner penting atau tidak. Mulai dari yang masih awam di dunia skincare, hingga yang sudah berpengalaman! Mungkin banyak dari kalian skip tahapan penggunaan toner dan langsung ke serum dari rutinitas karena nggak bermanfaat. 

Serum pada dasarnya mengandung bahan-bahan yang lebih bernutrisi bagi kesehatan kulit wajah. Namun, toner sebagai tahapan skincare routine juga nggak boleh dilewatkan, lho! Yuk, simak fakta pentingnya toner bagi kulit wajah yang masih sering dipertanyakan berikut, Beauties!

1. Meningkatkan Hidrasi Kulit Wajah

Toner penting atau tidak
Fakta Toner penting atau tidak/ Foto: Pexels/ Ekaterina

Pentingnya toner untuk wajah adalah meningkatkan hidrasi kulit agar siap menerima kandungan dari penggunaan skincare selanjutnya, seperti serum, spot treatment, sunblock, dan lain-lain. Hidrasi ini didapatkan dari kandungan humektan dalam toner yang mampu menangkap air dari udara dan mengikat kelembapan lapisan kulit terluar. 

2.  Memperbaiki Lapisan Kulit Terluar 

Toner penting atau ga
Fakta Toner penting atau ga/ Foto: Pinterest

Selain mengikat kelembapan pada lapisan kulit terluar, toner juga membantu memperbaikinya. Dengan begitu, kulit wajah akan lebih terlindungi dari paparan radikal bebas, bakteri, dan sinar matahari! 

3. Membersihkan Secara Maksimal

Fakta Toner penting atau ga
Fakta Toner penting atau ga/ Foto: Pexels/ Ekarina

Pentingnya toner untuk wajah adalah membersihkan kulit wajah secara maksimal. Seringkali menggunakan cleanser wajah saja belum cukup, karena ada kotoran yang masih tersisa. Ini bisa dilihat dari kotoran yang masih menempel ketika kita menggunakan toner dengan kapas dan mengusapkannya pada wajah setelah selesai cuci muka. 

4. Menyeimbangkan pH Kulit

Fakta Toner penting atau ga
Fakta Toner penting atau ga/ Foto: Pinterest

Kandungan cleanser untuk mencuci muka yang kita pakai biasanya mengubah tingkat pH kulit wajah kita. Jadi, penting untuk memakai toner agar mengembalikan keseimbangan pH kulit kita. Pasalnya, keseimbangan pH kulit akan menghasilkan wajah yang lebih segar, mulus, dan lembap.  

5. Menenangkan Jerawat 

Fakta Toner penting atau ga
Fakta Toner penting atau ga/ Foto: Pinterest

Bagi yang masih bertanya-tanya, toner penting atau tidak untuk menyembuhkan jerawat? Jawabannya adalah penting, Beauties!

Ada beberapa toner yang dirancang khusus untuk menenangkan jerawat dan mempercepat penyembuhannya. Yang nggak asing lagi bagi kita adalah toner yang mengandung bunga calendula dan witch hazel. 

Selain itu, ada juga toner khusus yang mengandung bahan-bahan yang sifatnya mengeksfoliasi kulit wajah. Sehingga, sel-sel mati pun terangkat dan bekas jerawat cepat hilang. 

Beauties, itu dia manfaat toner dan mengapa penting untuk digunakan. Kamu jangan lupa untuk menggunakannya juga ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id