sign up SIGN UP

Tumbuh Uban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Sabtu, 18 Apr 2020 08:00 WIB
Tumbuh Uban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?
caption
Kita tahu bahwa uban biasanya muncul pada rambut sebagai tanda penuaan. Namun, kenyataannya uban dapat muncul di usia berapa pun. Bahkan, remaja sekolah menengah atas atau mahasiswa pun kerap mendapati uban yang tumbuh di helaian rambutnya Dengan kata lain, uban tidak selalu merupakan tanda dari penuaan. Untuk itu, simak hal-hal yang dapat menjadi penyebab tumbuhnya uban di usia muda berikut ini!


1. Genetika

Faktor pertama yang biasanya menjadi alasan penyebab tumbuhnya uban adalah genetika. Ini bisa kamu ketahui dengan menanyakan apakah orang tua atau kakek-nenekmu juga memiliki uban di usianya yang masih muda. Jika ini yang menjadi alasan tumbuhnya uban di rambutmu, pahami bahwa kamu tidak bisa melakukan banyak hal untuk mengubahnya. Namun, kamu bisa menyamarkannya dengan rutin mewarnai rambut.
 


Foto: https://forum.facmedicine.com/


2. Stres

Setiap orang pasti memiliki masalah hidup yang menyebabkan dirinya stres. Nah, saat stres terjadi, konsekuensi yang harus dirasakan antara lain adalah masalah tidur, kegelisahan. nafsu makan berubah, dan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, stres juga dapat memengaruhi kondisi rambutmu, mulai dari rontok hingga tumbuhnya uban.
 



3. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan uban tumbuh di usia yang masih muda. Penyakit ini merupakan kondisi saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-selnya sendiri. Dalam kasus alopecia dan vitiligo, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen sehingga rambut menjadi berwarna putih.
 


Foto: https://www.aflacum.ro/


4. Gangguan Tiroid

Perubahan hormon yang disebabkan oleh masalah tiroid, seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme, ternyata juga dapat menyebabkan uban di usia muda. Kelenjar yang bekerja untuk membantu mengendalikan banyak fungsi tubuh seperti metabolisme dapat memengaruhi warna rambutmu yang tumbuh. Pasalnya, tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuhmu memproduksi melanin lebih sedikit.
 



5. Kekurangan Vitamin B-12

Rambut putih atau uban pada usia dini juga dapat menunjukkan bahwa tubuhmu mengalami kekurangan vitamin B-12. Vitamin ini memainkan peran penting dalam tubuh, seperti memberi energi serta meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan warna rambut.
 


Foto: https://www.health.harvard.edu/


6. Merokok

Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara munculnya uban sebelum usia 30 dengan kebiasaan merokok. Selain berdampak pada kesehatan jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok juga dapat memengaruhi kondisi rambut. Merokok dapat pembuluh darah, yang dapat mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh, termasuk folikel rambut. Inilah yang nantinya dapat menyebabkan rambut berwarna putih atau tumbuh uban di usia muda.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id