sign up SIGN UP

Usia Sudah Menuju Kepala Tiga? Yuk Cegah Kerontokan Rambut Karena Penuaan dengan Cara Berikut!

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Sabtu, 18 Dec 2021 08:00 WIB
Usia Sudah Menuju Kepala Tiga? Yuk Cegah Kerontokan Rambut Karena Penuaan dengan Cara Berikut!
caption

Beauties, tanda penuaan yang paling diperhatikan oleh banyak orang adalah tanda-tanda yang terjadi pada kulit wajah misalnya seperti munculnya garis-garis halus, kulit rentan kering, flek hitam dan lain-lain. Namun ternyata tanda penuaan juga bisa terjadi di bagian tubuh lain, yaitu pada rambut dan kulit kepala.

Penuaan pada rambut dan kulit kepala ditandai dengan semakin melambatnya proses pergantian sel sehingga rambut akan menipis dan mengalami kerontokan yang cukup parah. Jika biasanya rambut yang rontok diganti dengan rambut baru, ketika usia semakin bertambah, proses tersebut akan melambat sehingga mudah terjadi kebotakan.

Untuk mencegah penuaan dini pada wajah, umumnya kamu akan memakai krim anti aging untuk menyamarkan kerutan, memakai tabir surya untuk meminimalisir terbentuknya flek hingga melakukan perawatan tertentu. Lalu bagaimana cara mencegah penuaan dini pada rambut dan kulit kepala? Simak yuk!

Pilih Gaya Rambut yang Tepat

Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia
Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia/Foto: Pinterest.com/Haircut

Agar tidak terlalu membebani akar rambut, kamu bisa memangkas rambut sedikit lebih pendek. Tidak harus memakai gaya rambut pixie, kamu bisa bereksperimen dengan gaya rambut sebahu. Gaya rambut bob juga disarankan agar rambut terlihat lebih bervolume.

Trim Rambut Secara Berkala

Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia
Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia/Foto: Pinterest.com/Trimming

Trim rambut adalah salah satu cara untuk merawat rambut dengan memotong sedikit ujung rambut agar tetap sehat tanpa mengubah model atau mengurangi panjang rambut secara signifikan. Kamu bisa melakukan trim setiap 6 atau 8 minggu sekali untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia
Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia/Foto: Pinterest.com/Comb

Kamu juga perlu memilih sisir yang tepat. Hindari memakai sisir yang terlalu rapat dan berbahan keras, apalagi jika ada bagian yang runcing di ujung sisir. Hal ini akan memicu rambut rontok dan melukai kulit kepala. Sebaiknya pilih sisir bergigi jarang dengan bahan yang cukup lunak seperti bristle brush atau paddle brush.

Pilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia
Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia/Foto: Pinterest.com/Shampo

Kamu perlu merawat rambut menggunakan produk-produk yang sesuai dengan kondisi rambut. Pilih shampo dan conditioner yang lebih ringan serta hindari produk perawatan rambut yang memiliki kandungan alkohol tinggi. Setelah keramas pun kamu juga harus berhati-hati saat mengeringkan rambut. Biarkan rambut kering secara alami menggunakan handuk yang lembut dan an an an hindari menggunakan hair dryer.

Perbaiki Pola Makan

Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia
Kiat cegah kerontokan rambut karena faktor usia/Foto: Pinterest.com/Diet

Tak hanya kulit, rambut sehat juga dimulai dengan pola makan yang sehat. Protein adalah kunci untuk pertumbuhan rambut yang sehat sehingga pastikan kamu tidak kekurangan kandungan protein. Cobalah mendapatkan kandungan protein dari bahan-bahan makanan alami sebelum kamu memilih mengonsumsi suplemen.

Itulah beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kerontokan karena faktor usia. Namun jika rambut sudah terlanjur mengalami kerontokan, kamu bisa memakai produk perawatan rambut khusus anti-aging. Jika tetap tidak membatu, kamu bisa mendatangi dokter spesialis kulit atau dermatolog.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id