Wajah Baru Sensatia, Kukuhkan Identitas Clean Botanical Skincare dengan Pesona Timeless
Sensatia (dulu Sensatia Botanicals) memasuki babak baru dengan perkenalkan identitas yang lebih timeless. Tak terbatas pada nama yang lebih simple, transformasi diiringi pengukuhan komitmen terhadap clean beauty dan sustainability. Momen penting ini jadi tonggak dalam rangka peringatan 25 tahun berdirinya beauty brand asal Bali tersebut.
Bertepatan dengan Hari Bumi 2025 yang jatuh pada hari Selasa (22/4), Kunti Puspita Sari, Sales & Marketing Manager of Sensatia, bersama dengan Veronika Krasnasari, Founder dari Sustainbabes, menjelaskan lebih lanjut seputar pentingnya keberlanjutan di industri kecantikan Indonesia dan praktik keberlanjutan yang Sensatia terapkan dalam ekosistem bisnisnya.
Beauty Enthusiast yang Paham Conscious Beauty
Veronika Krasnasari dan Kunti Puspita Sari di Sensatia Media Luncheon/Foto: Dok. Sensatia/danin
Jadi seorang beauty enthusiast sejati nggak sekadar tahu langkah-langkah perawatan yang tepat, Beauties! Kamu juga harus semakin teliti tentang latar belakang dan kandungan produk yang digunakan.
Nah, data dari YCP Solidiance menunjukkan konsumen industri kecantikan saat ini mengutamakan keamanan produk dengan memerhatikan kandungan dalam sebuah produk kecantikan. Tren skinimalism turut mendorong generasi muda untuk meminimalisir pemakaian produk, tapi tetap efektif bekerja pada kulit.
Lebih jauh lagi, konsumen yang ingin lebih bertanggung jawab atas lingkungan pasti akan cek label produk kecantikan untuk menghindari greenwashing. Misalnya dari segi jumlah natural ingredients yang digunakan, sertifikasi yang memvalidasi proses eco-friendly dan cruelty-free di balik pembuatan sebuah produk, dan sebagainya. Veronika bahkan turut sharing bagaimana ia biasanya cek transparansi keberlanjutan sebuah brand melalui aplikasi Good on You untuk menghindari praktik greenwashing.
Nah menjawab kebutuhan konsumen yang semakin “melek” terhadap sustainability dan clean beauty, Sensatia memperkuat komitmennya untuk memenuhi ekspektasi konsumen. “Melihat brand lokal seperti Sensatia yang benar-benar mengintegrasikan keberlanjutan dalam setiap aspeknya membuat saya semakin yakin bahwa masa depan industri kecantikan yang lebih ‘bersih’ itu mungkin,” kata perempuan yang akrab disapa Veronika Twins itu.
Lantas, apa saja sih yang dilakukan Sensatia?
Visual Baru, Kualitas Dipertahankan, Inisiasi Dikerahkan
Sensatia di Lippo Mall Nusantara/ Foto: Dok. Sensatia
Sensatia menyajikan identitas visual baru yang seolah merepresentasikan nilai “clean” yang digenggamnya. Logo, kemasan, bahkan interior toko bertransformasi untuk menampilkan semangat yang lebih berani dan inklusif sehingga menjangkau audiens lebih luas dan beragam, tapi tetap setia terhadap filosofi brand.
Oleh karena itu, kualitas produk yang mengacu pada slogan #CleanBotanicalSkincare terus dipertahankan. “Kami tidak mengurangi kualitas kami. Jadi tetap dengan bahan alami dan praktik berkelanjutan,” kata Kunti. Produk Sensatia yang setia pada bahan alami, telah bersertifikasi GMP, BPOM, dan Sertifikasi Halal, Beauties. “Untuk sekarang kita masih dalam proses sertifikasi dalam Leaping Bunny,” terang Kunti Puspita Sari.
Sementara itu, inisiasi untuk mendukung sustainability dilanjutkan, seperti program “Bring Back Your Empties” di mana Sensatia telah mendaur ulang lebih dari 65.000 botol kemasan produknya setelah dikembalikan oleh konsumen.
Pemberdayaan komunitas dilakukan dengan cara mempekerjakan masyarakat lokal sekitar pabriknya di Karangasem, Bali, serta menjalankan program profit-sharing yang memberikan keuntungan perusahaan kepada seluruh karyawan sebagai bentuk apresiasi. Bangunan-bangunan untuk operasional, mulai dari pabrik, kantor, dan warehouse Sensatia juga mulai beralih ke clean energy, yakni hampir 70% sumber energi yang tak terbarukan diganti menjadi energi tenaga surya, Beauties.
Yuk, jadi konsumen produk kecantikan yang cerdas dengan dukung clean beauty sekarang!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!