sign up SIGN UP

Wajah Sering Mengalami Breakout? Jangan-jangan Kamu Sering Melakukan 5 Hal Ini

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Rabu, 05 Jan 2022 20:30 WIB
Wajah Sering Mengalami Breakout? Jangan-jangan Kamu Sering Melakukan 5 Hal Ini
caption

Semua orang ingin memiliki wajah bersih tanpa jerawat. Namun, untuk mencapainya nggak semudah yang dipikirkan. Walaupun sudah memakai berbagai macam produk skincare, wajah tetap nggak bekerja sama. Mungkin Beauties mempunyai teman atau saudara yang wajahnya mulus dan jarang jerawatan, kenapa ya?  Itu karena pada dasarnya, kulit setiap orang berbeda-beda dan genetika memainkan peran besar dalam bagaimana tubuh bereaksi terhadap hormon pemicu jerawat. Buat Beauties yang sudah putus asa dengan jerawat yang muncul terus menerus, coba deh perhatikan kebiasaan Beauties yang bisa menjadi pemicu breakout. Berikut alasan yang bisa menjadi pemicu wajah breakout.

Masker Kain

Karena masker kain
Pinterest.com/elyntangbridal

Saat Beauties memakai masker kain, semua keringat, bakteri, dan minyak akan terperangkap dan menciptakan tempat yang sempurna untuk tumbuhnya jerawat. Solusi untuk masalah ini adalah disarankan untuk membawa beberapa masker sehingga Beauties memiliki masker yang baru dan bersih. Dan terakhir, disarankan untuk nggak memakai alas bedak yang terlalu berat karena bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

Jarang Mencuci Muka dan Mengganti Sarung Bantal

Karena jarang mencuci muka
Pinterest.com/juliaberolzheimer

Mengapa mencuci muka dan mengganti sarung bantal adalah hal yang berkaitan untuk alasan breakout? Karena kalau Beauties malas untuk mencuci muka di malam hari, semua debu, minyak, dan make up saat siang hari akan berpindah ke sarung bantal dan kembali lagi ke muka Beauties. Gesekan yang terjadi antara muka dan sarung bantal dapat meningkatkan peradangan dan jerawat.

Kurang Tidur

karena kurang tidur
Pinterest.com/restonicmattress

Saat tertidur, kadar kortisol dalam tubuh akan menurun. Yang memiliki arti kalau Beauties kurang tidur akan menyebabkan kadar kortisol dalam tubuh akan terus bertambah dan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Sama seperti saat stress, hormon pelepas kortisol sebenarnya dapat mengikat kelenjar minyak sehingga  menyebabkan jerawat.

Pemakaian Krim Jerawat yang Terlalu Banyak

Karena pemakaian krim terlalu banyak
Pinterest.com/evrythinghairmakeupandbeauty

Ternyata memakai krim jerawat saat baru munculnya benjolan di wajah nggak disarankan. Karena asam salisilat topikal, benzoil peroksida, atau perawatan bebas belerang dapat mengeringkan dan memicunya untuk menghasilkan lebih banyak minyak sehingga akan menimbulkan jerawat lainnya. 

Face Scrub

Karena pemakaian face scrub
Pinterest.com/sweet&sour

Semakin sering Beauties menggosok wajah dengan face scrub bukan berarti kulit akan semakin halus. Memang melakukan eksfoliasi itu perlu, tetapi kalau terlalu sering akan menjadi salah satu penyebab jerawat dan memperburuk jerawat yang sudah ada. 

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id