STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Wajib Tahu! 6 Kandungan Skincare Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Tria Oktyana | Beautynesia
Selasa, 09 Feb 2021 16:45 WIB
Wajib Tahu! 6 Kandungan Skincare Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang sering banget dialami oleh banyak orang. Tak hanya perempuan permasalahan kulit ini juga banyak dialami oleh laki-laki. Jerawat sering disertai dengan rasa gatal dan peril yang membuat tidak nyaman. Tak hanya itu kemerahan dan pimple dari jerawat ini juga cukup mengganggu penampilan kita. 

Efek dari permasalahan kulit ini, tak hanya terjadi saat munculnya jerawat tetapi juga paska jerawat ini kering dan meninggalkan noda hitam. Noda jerawat ini sama mengganggunya dengan saat jerawat masih aktif. Untuk itu, kita telah merangkum beberapa kandungan skincare yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. 

1. Niacinamide

Kandungan Skincare Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat
The Ordinary/instagram.com/deciem/

Cukup populer beberapa tahun kebelakang ini, niacinamide merupakan kandungan skincare turunan dari bentuk vitamin B3. Vitamin B3 sendiri memiliki peran penting untuk kesehatan kulit, sistem pencernaan bahkan kesehatan mental. 

Kandungan skincare ini memiliki banyak manfaat mulai dari melembapkan kulit, mengobati jerawat aktif, mencerahkan hingga menghilangkan bekas noda jerawat. Hal ini dikarenakan niacinamide dapat merangsang produksi kolagen dalam kulit sehingga dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit yang tidak rata karena bekas jerawat. 

2. Retinol

Kandungan Skincare Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat
Retinol The Inkey List/instagram.com/theinkeylist/

Retinol menjadi kandungan skincare yang tengah digandrungi sekarang ini. Kandungan skincare ini dipercaya menjadi jawaban dari permasalahan kulit wanita seperti noda hitam, jerawat, pori-pori besar hingga tanda-tanda penuan dini. 

Retinol sendiri merupakan turunan sintetik dari Vitamin A yang dapat membantu mempercepat regenerasi kulit dan juga meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Rutin menggunakan retinol dengan benar dapat membuat kulit tampak lebih muda, sehat dan juga flawless.

Dalam menggunakan retinol ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah tidak mengaplikasikannya bersamaan dengan vitamin C karena dapat menghilangkan fungsi dari keduanya. 

3. Vitamin C

Kandungan Skincare Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat
Vitamin C The Inkey List/instagram.com/theinkeylist/

Manfaat dari vitamin C telah lama menjadi rahasia kecantikan kulit para wanita.  Tak hanya untuk penggunaan secara oral tetapi juga dapat diaplikasikan sebagai kandungan skincare. Penggunaan vitamin C sebagai kandungan skincare juga tak kalah banyak dari penggunaan secara langsung. 

Mengaplikasikan skincare yang mengandung vitamin C dapat membuat kulit tampak lebih sehat, cerah, halus bahkan dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas, memperbaiki sel kulit yang rusak dan juga meningkat produksi kolagen dalam kulit.

4. Glycolic Acid

Kandungan Skincare Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat
The Ordinary/instagram.com/deciem/

Ladies, pernah mendengar glycolic acid dalam deretan kandungan skincare? Kandungan ini merupakan golongan dari AHA yang bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit.

Glycolic acid bekerja dengan memecahkan ikatan antar kulit lapisan luar (sel kulit mati) dengan kulit yang ada di bawahnya. Proses regenerasi sel ini dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, mencerahkan kulit serta membuat kulit lebih halus dan sehat. 

5. Kojic Acid

Kandungan Skincare Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat
Discoloration Defense/instagram.com/skinceuticals/

Kojic acid merupakan kandungan skincare yang populer digunakan untuk memutihkan kulit. Kandungan skincare ini sendiri merupakan suatu zat yang dapat menghambat proses produksi melanin dengan cara mencegah pembentukan tirosin yang merupakan asam amino yang dibutuhkan saat proses pembentukan pigmen kulit itu. 

Penghambatan produksi melanin dalam kulit juga tak hanya dapat meningkatkan tone kulit tetapi juga menghilangkan hiperpigmentasi dan juga noda hitam bekas jerawat.  

6. Alpha Arbutin

Kandungan Skincare Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat
Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum/instagram.com/nutrisheofficial/

Sama halnya dengan kojic acid, alpha arbutin merupakan kandungan skincare yang banyak digunakan untuk memutihkan kulit. Cara kerja dari kandungan skincare ini juga hampir sama dengan kojic acid yaitu menghambat proses pembentukan tirosin dalam kulit. 

Alpha arbutin merupakan zat turunan dari hydroquinone. Berbeda dari hydroquinone yang tak boleh sembarang digunakan untuk kandungan skincare, alpha arbutin dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan iritasi.

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE