sign up SIGN UP

Yuk, Belajar Teknik K-style Drama Makeup seperti Tampilan Aktris Drama Korea dari Sang MUA Pro, Jung Saem Mool

Nisrina Salsabila | Minggu, 29 Nov 2020 22:30 WIB
Yuk, Belajar Teknik K-style Drama Makeup seperti Tampilan Aktris Drama Korea dari Sang MUA Pro, Jung Saem Mool
caption
Jakarta -

Tampilan flawless dari wajah para aktris drama Korea yang bikin kita salfok, tentu saja tak lepas dari teknik pemakaian makeup yang natural dan clear.

Top makeup artist Korea, Jung Saem Mool, dalam channel Youtube-nya, mendemokan teknik mengaplikasikan K-style drama makeup yang biasa digunakan oleh aktris-aktris drama Korea saat mereka syuting. Jung Saem Mool menerapkan tiga poin penting dalam membuat tampilan makeup tersebut.

Pertama, pahami cara mengoreksi warna untuk menghasilkan coverage yang sempurna dan natural. Kedua, pentingnya mengaplikasikan makeup yang tahan lama untuk keperluan syuting. Terakhir, ketahui cara memilih warna-warna natural yang sesuai dengan warna kulit sang aktris.

1. Awali dengan Color Corrector

Prinsip dari penggunaan warna komplementer yakni untuk menutupi bagian-bagian di wajah yang memiliki warna berbeda. Untuk menutupi dark circle yang berwarna biru kusam dan hijau, gunakan corrector orange. Untuk mencerahkan C-zone atau pelipis di samping mata yang gelap, tutup dengan concealer ungu. Sementara, concealer hijau digunakan untuk menutupi area pipi dan cuping hidung yang kemerahan. Aplikasikan produk sedikit saja, ya, dengan membuat titik-titik.

2. Memilih Shade Foundation yang Tepat

Aplikasikan K-style drama makeup look bersama MUA Jung Saem Mool
Pemberian color corrector hanya berupa titik-titik/Foto: Instagram @jsmbeauty_/Youtube JUNGSAEMMOOL

Memilih shade foundation yang senada dengan warna kulit wajah dan leher adalah kunci untuk membuat makeup natural. Ambil foundation menggunakan brush dan singkirkan kelebihan produk. Mulailah mengaplikasikan foundation dari V-zone, yaitu area pipi hingga ke dagu, dengan sedikit tekanan saat membaurkan produk, karena area tersebut kulitnya tebal.

Sementara itu, pada area tipis, yaitu kulit di sekitar mata, hidung, dahi, dan garis terluar wajah, kamu mesti mengaplikasikan sedikit produk dengan lembut tanpa tekanan. Blend foundation bersama titik-titik concealer hingga rata. Akhiri dengan melakukan gerakan dabbing secara lembut untuk mencegah harsh lines.

3. Full Coverage Complexion yang Natural

Aplikasikan K-style drama makeup look bersama MUA Jung Saem Mool
Membaurkan concealer dan foundation secara natural namun tetap full coverage/Foto: Youtube/JUNGSAEMMOOL

Jika masih ada daerah yang perlu ekstra coverage, dabbing concealer secukupnya memakai concealer brush kecil dengan melemaskan tangan, supaya tak menghapus foundation di bawahnya.

Highlight bawah mata menggunakan campuran concealer pink dan orange dengan brush kecil, lalu baurkan sampai ke kelopak mata.

4. Contouring Tanpa Menambahkan Produk Kontur

Aplikasikan K-style drama makeup look bersama MUA Jung Saem Mool
Contouring tanpa menambahkan produk kontur/Foto: Youtube/JUNGSAEMMOOL

Setelah mendapatkan warna kulit yang sempurna, saatnya beralih ke tahap contouring untuk mengembalikan dimensi alami wajah. Alih-alih menambahkan warna kontur, Jung memilih untuk menyeka foundation menggunakan sponge di area penempatan kontur. Teknik ini akan membuat wajah tampak lebih natural daripada cara contouring biasa. Untuk kontur hidung, cukup usap menggunakan jari.

5. Set Wajah Secukupnya

Aplikasikan K-style drama makeup look bersama MUA Jung Saem Mool
Set wajah dengan bedak secukupnya agar tidak terlihat tebal/Foto: Youtube/JUNGSAEMMOOL

Aplikasikan bedak menggunakan brush secukupnya dengan gerakan dabbing dan sedikit mengambang hanya pada area T-zone dan sekitarnya. Bila perlu, gunakan bantuan puff untuk menghindari tampilan cakey pada dahi dengan usapan lembut tanpa menekan.

6. Makeup Mata dan Bibir yang Simple dan Natural

Aplikasikan K-style drama makeup look bersama MUA Jung Saem Mool
Riasan mata dan bibir yang natural/Foto: Instagram/jsmbeauty_

Untuk riasan mata, setelah mengaplikasikan eye primer, pilihlah eyeshadow dengan warna yang mendekati warna alami kelopak mata, seperti matte pink pale atau coklat muda. Sapukan ke seluruh bagian kelopak mata, termasuk bawah mata. Kemudian, aplikasikan medium tone eyeshadow dengan point brush pada bagian crease dan bawah mata.

Gambar eyeliner setipis mungkin pada waterline dan eyelid. Kamu bisa gunakan eyeliner pensil atau eyeliner gel warna coklat agar matamu lebih terdefinisi secara natural.

Setelah itu, jepit bulu mata dan sapukan maskara yang telah disisihkan kelebihan produknya. Beralih ke alis, aplikasikan produk alis dengan shade yang sesuai dengan warna natural alis.

Terakhir, akhiri tampilan naturalmu dengan tinted lip gloss warna pink atau coral sebagai pemanis bibir.

Aplikasikan K-style drama makeup look bersama MUA Jung Saem Mool
Hasil tampilan K-drama style makeup/Foto: Youtube/JUNGSAEMMOOL

Voila! Bersiaplah untuk tampil cantik alami bak aktris drama Korea! Sekilas, tampilan natural ini memang mirip seperti no-makeup makeup look, ya. Meskipun begitu, proses pembuatannya penuh dengan teknik-teknik makeup yang bisa kita pelajari dari sang MUA hits Korea, Jung Saem Mool.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id