sign up SIGN UP

LIFE

5 Alasan Organisasi Penting Bagi Karier Mahasiswa

Cinta Ananda | Selasa, 06 Apr 2021 16:00 WIB
5 Alasan Organisasi Penting Bagi Karier Mahasiswa
caption

Menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah, apalagi menjadi mahasiswa itu banyak kegiatan baik di luar maupun di dalam kampus. Tapi ada 2 tipe mahasiswa, mahasiswa yang sekedar kupu-kupu alias kuliah pulang dan mahasiswa yang aktif berorganisasi. Sebenarnya apa sih pentingnya berorganisasi? Yuk, baca selengkapnya.

1. Menambah Relasi

Menambah relasi/source:freepik.com
Menambah relasi/source:freepik.com

Menambah relasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan bergabung dalam suatu organisasi. Dalam organisasi tersebut, kamu akan menambah dan memperluas relasi dengan orang yang baru kamu kenal. Kamu akan berkenalan dengan orang baik dari internal maupun eksternal. Kamu pun akan mengenal karakter dan sifat orang-orang baru. 

2. Menambah Pengalaman

Menambah pengalaman/source:freepik.com
Menambah pengalaman/source:freepik.com

Ketika kamu bergabung dalam suatu organisasi, kamu akan banyak belajar hal baru yang akan menambah pengalaman nantinya. Mulai dari bertemu orang baru, sampai bekerja sama dengan organisasi lain. Melamar pekerjaan di suatu perusahaan sangat dibutuhkan pengalaman yang relevan dengan bidang yang kamu geluti. 

3. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Melatih jiwa kepemimpinan/source:freepik.com
Melatih jiwa kepemimpinan/source:freepik.com

Organisasi sangat melatih jiwa kepemimpinan. Baik memimpin orang lain, maupun diri sendiri. Kamu akan belajar bagaimana caranya bertanggungjawab. Kamu juga akan belajar bagaimana caranya mengambil keputusan yang bijak, tidak hanya untuk diri kamu sendiri, tetapi juga untuk orang lain. 

4. Melatih Kepercayaan Diri

Melatih kepercayaan diri/source:freepik.com
Melatih kepercayaan diri/source:freepik.com

Jika bergabung dalam organisasi, tingkat kepercayaan diri kamu akan sangat terlatih. Mulai dari akan banyak ketemu dengan orang baru, menyampaikan pendapat, memberi saran, sampai berpidato di depan banyak orang. Dari sini kamu bisa mengasah skill public speaking kamu. 

5. Membentuk Kerja Sama Tim

Membangun kerja sama tim/source:freepik.com
Membangun kerja sama tim/source:freepik.com

Kamu tidak lagi bekerja sendirian di dalam organisasi, melainkan bekerja sama dengan tim. Dengan bekerja dalam tim, kamu akan belajar bagaimana caranya harus menurunkan ego demi kepentingan bersama. Hal ini juga berguna untuk kamu nantinya ketika sudah bekerja dalam sebuah perusahaan.

Kamu termasuk mahasiswa yang tipe apa nih, Ladies? Mahasiswa aktif berorganisasi atau mahasiswa yang hanya kupu-kupu? Kasih komentar di bawah ini ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id