sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Menulis Blog Pemula Agar Menarik Dibaca

Anindya Milagsita | Sabtu, 20 Feb 2021 14:00 WIB
5 Tips Menulis Blog Pemula Agar Menarik Dibaca
caption

Menulis di blog enggak akan sulit untuk dilakukan asalkan kamu udah melakukan persiapan, Ladies. Tulisan yang orisinal dan menarik buat dibaca memang jadi salah satu faktor yang mendatangkan pembaca untuk datang ke blog kamu.

Tapi apa aja sih tips menulis blog untuk para pemula? Yuk cari tahu lewat artikel berikut!

1. Membuat Kerangka

Membuat kerangka tulisan untuk mengawali menulis blog.
Tips Menulis Blog untuk Pemula/sumber: freepik.com

Sebelum mulai menulis kamu bisa membuat kerangka tulisan terlebih dahulu, Ladies. Tips ngeblog yang satu ini wajib dilakukan terlebih untuk para pemula yang baru berkecimpung dibidang blogger.

Cara ini memudahkan kamu untuk menulis topik yang akan diposting ke blog nantinya. Kamu bisa membuat kerangka tulisan seperti topik apa yang akan dibahas, judul tulisan, poin-poin bahasan topik, ataupun juga data apa aja yang kamu butuhkan untuk menulis.

2. Pilih Topik yang Dikuasai

Memilih topik yang dikuasai untuk diterbitkan ke blog.
Tips Menulis Blog yang Menarik/sumber: freepik.com/

Selanjutnya memilih topik sesuai dengan yang kamu kuasai menjadi tips ngeblog yang nantinya bisa menjadi nilai tambahan tersendiri lho buat hasil tulisan. Selain terasa menyenangkan, menulis sesuai apa yang dikuasai juga membuat kamu bebas mengekspresikan diri. Kamu pun akan merasa lebih mudah dalam menulis saat topik udah kamu kuasai, Ladies.

3. Riset Data

Meriset data untuk mengembangkan tulisan.
Tips Menulis Blog yang Menarik/sumber: freepik.com/

Setelah kerangka tulisan jadi dan kamu udah menentukan topik apa yang akan diangkat, waktunya untuk meriset data. Tips ngeblog ini wajib kamu lakukan untuk memberikan informasi yang sesuai kepada pembaca, Ladies. Kamu juga bisa menyisipkan fakta-fakta yang ditemui saat meriset, agar topik yang kamu tulis semakin kaya akan informasi dan bisa dipercaya. 

4. Mulai Menulis

Meriset data untuk mengembangkan tulisan di blog.
Tips Menulis Blog yang Menarik/sumber: freepik.com/

Kalau semua persiapan untuk menulis di blog udah siap. Waktunya untuk action, Ladies. Tips menulis blog yang bisa kamu coba adalah dengan menulis tanpa memikirkan soal editing. Saat mulai menulis topik, kamu bisa menuliskan semua kalimat yang ada di benak, Ladies. 

Jangan memikirkan dahulu tentang kesalahan struktur kalimat ataupun tata bahasanya. Setelah selesai menulis, kamu bisa mengedit sesuai keinginan.

5. Share Tulisan ke Sosial Media

Membagikan hasil tulisan ke blog agar bisa dibaca lebih luas lagi.
Tips Menulis Blog untuk Pemula/sumber: freepik.com/

Last but not least, agar pembaca tulisan blog kamu semakin banyak dan lebih luas lagi, kamu bisa membagikannya ke sosial media, Ladies. Tips ngeblog yang satu ini ampuh banget lho buat mendatangkan pembaca ke blog kamu. Tak hanya itu, dengan membagikannya ke sosial media kamu juga bisa meminta saran dan pendapat mengenai tulisan yang udah kamu posting di blog kepada teman-teman. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id