sign up SIGN UP

Agar Peluang Diterima Besar, Ini Kiat Saat Mencari Pekerjaan di Masa Pandemi

Meydiana Adinda | Minggu, 11 Jul 2021 07:00 WIB
Agar Peluang Diterima Besar, Ini Kiat Saat Mencari Pekerjaan di Masa Pandemi

Pandemi memang masa yang penuh tantangan ya, Beauties! Semua orang merasakan perubahan dan tantangan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam mencari pekerjaan. Tapi, kita juga perlu berusaha tetap tenang dan bijak menghadapi berbagai tantangan ini.

Jika kamu adalah salah seorang fresh graduate di masa pandemi, mencari pekerjaan di masa ini tentu lebih menantang. Ada banyak perubahan yang ditemukan di era baru ini, salah satunya sistem perekrutan yang berubah menjadi online.

Agar bisa menemukan pekerjaan di masa pandemi, kamu sebaiknya menyesuaikan serta menyiapkan diri sebaik mungkin dengan sistem saat ini. Yuk, cari tau bagaimana caranya!

Manfaatkan Banyak Platform

Kiat mencari pekerjaan di masa pandemi
Manfaatkan berbagai platform untuk mencari lowongan kerja/foto: freepik.com/wayhomestudio

Karena pandemi, mobilitas kita menjadi terbatas. Maka dari itu, cara lama seperti mengantarkan lamaran pekerjaan langsung ke perusahaan, sudah tidak lagi relevan. Semua dilakukan secara online, mulai dari penyebaran informasi hingga proses perekrutan.

Untuk itu, kita harus tetap update dengan berbagai informasi dari para perekrut dan cerdik dalam mencari lowongan kerja. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform pencari kerja seperti Jobstreet, Glints, dan lainnya. Selain itu, ikuti juga akun-akun penyedia informasi lowongan kerja atau bahkan akun HRD perusahaan yang ada di media-media sosial.

Perkuat Network

Kiat mencari pekerjaan di masa pandemi
Temukan pekerjaan dengan memperkuat network/foto: freepik.com/freepik

Tak hanya menunggu lowongan pekerjaan, kita juga bisa mulai menjalin relasi dan network untuk mendapatkan kesempatan bekerja. Tapi perlu diingat, menjalin relasi bukan berarti menggunakan cara curang untuk mendapatkan pekerjaan ya, Beauties!

Bagi fresh graduate yang belum berpengalaman kerja, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menjalin relasi. Pertama, melalui keluarga atau teman. Hubungi keluarga atau temanmu yang sekiranya memiliki informasi terkait lowongan pekerjaan. Paparkan kemampuan dan minat yang kamu miliki.

Cara selanjutnya, perkuat branding diri di LinkedIn. Optimalkan penggunaan media ini dengan mengajukan koneksi ke akun HR di perusahaan yang kamu minati. Dengan mengikuti dan berkoneksi, kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di perusahaan tersebut.

Eza Hazami, seorang HR Content Creator, dalam utas Twitter-nya menyebutkan bahwa penting juga untuk memberikan personal notes melalui DM saat mengajukan koneksi. Personal notes ini berupa salam pembuka, perkenalan diri, serta alasan kenapa kita ingin berkoneksi.

Evaluasi CV

Kiat mencari pekerjaan di masa pandemi
Persiapkan CV terbaik untuk melamar pekerjaan/foto: freepik.com/drbotdean

Setelah mendapatkan informasi yang cukup terkait lowongan kerja, kamu juga harus menyiapkan Curriculum Vitae (CV) sebaik mungkin. Jika belum memilikinya, maka segeralah mencari tahu apa itu CV dan bagaimana cara membuatnya.

Jika sudah punya, coba evaluasi lagi CV-mu. Apakah sudah sesuai dengan yang dicari oleh perekrut? Umumnya, perekrut tak punya banyak waktu dalam membaca CV pelamar. Untuk itu, sajikan CV dengan ringkas, padat, jelas, dan informatif ya, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id