sign up SIGN UP

LIFE

Agar Tak Tertipu, Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Melamar Pekerjaan

Izzul Millati Umami | Minggu, 13 Sep 2020 17:00 WIB
Agar Tak Tertipu, Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Melamar Pekerjaan
melamar pekerjaan anti penipuan/Sumber:pixabay.com
Jakarta -

Ladies, mendapatkan tawaran pekerjaan dengan cara yang mudah dengan posisi yang menjajikan dan gaji yang menggiurkan adalah dambaan semua orang. Apalagi jika pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan passion yang ladies kuasai. Namun, jangan mudah terlena dengan hal tersebut, ladies. Seringkali, ada pihak-pihak yang tak bertanggungjawab memanfaatkan kesempatan pelamar pekerja yang bergelora demi memperoleh keuntungan.

Yups, pihak-pihak ini bahkan menciptakan perusahaan palsu untuk menggaet pelamar kerja. Nah, untuk mencegah penipuan berkedok lowongan pekerjaan, maka ladies harus memperhatikan 5 hal berikut ini:


1. Pastikan Perusahaan Tak Meminta Sejumlah Uang

Meminta Uang
Meminta Uang/Sumber:pixabay.com

Tak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang demi melepaskan status penganggurannya. Yups, setelah mengirim lamaran, pencari kerja akan dihubungi lagi jika membayar sejumlah uang.

Padahal, perusahaan besar maupun kecil sekalipun, jika benar-benar pencari pekerja profesional di bidangnya takkan memungut biaya sepeser pun. Jadi, harap waspada dengan penipuan berkedok lowongan pekerjaan. Bukannya memperoleh pekerjaan, namun malah rugi besar. Sudah jatuh tertimpa tangga, bukan?

2. Perhatikan Informasi Perusahaan

Informasi Perusahaan
Informasi Perusahaan/Sumber:pixabay.com

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan perusahaan memang benar-benar ada. Pelajari hal terkait perusahaan seperti alamat, nomor telpon, email perusahaan, dan lain-lain. Pastikan alamat perusahaan dengan mencarinya di internet atau mendatanginya langsung.

Jangan sampai tertipu dengan perusahaan fiktif alias tak ada wujudnya, jangan lupa periksa alamat email perusahaan. Biasanya perusahaan akan memberi pemberitahuan lewat email resmi dari perusahaannya, bukan email web based seperti Gmail. Kamu juga bisa mencari rekam jejak perusahaan terkait dengan harapan perusahaan tak mempunyai catatan buruk atau pernah melakukan tindakan kriminal penipuan.

3. Carilah Lowongan Pekerjaan di Situs Terpercaya

Informasi Lowongan Kerja
Informasi Lowongan Kerja/Sumber:pixabay.com

Pastikan bahwa perusahaan tempatmu melamar sudah tepat. Salah satunya untuk menghindari penipuan adalah dengan mencari pekerjaan di situs terpercaya yang telah mempunyai kredibilitas tinggi dan nama yang terkenal. Hindari lowongan pekerjaan yang banyak terposting di iklan lowongan pekerjaan. Hal ini dilakukan agar pelamar dapat lebih gampang mengakses lowongan pekerjaan. Jadi, jangan terburu-buru saat melamar pekerjaan, cek kebenaran terkait perusahaan terlebih dahulu.

4. Gali Rating dan Jejak Online Loker Perusahaan

Beberapa situs terpercaya, meyakinkan pelamar dengan mencantumkan rating. Jejak online perusahaan juga perlu diperiksa, jangan sampai perusahaan mempunyai catatan kelam seperti pernah terlibat melakukan penipuan atau penggelapan uang. Perusahaan yang kredibel dengan lowongan pekerjaan yang jelas, pasti akan mudah pencarian jejak onlinenya.

5. Gali Informasi Terkait Deskripsi Pekerjaan dan Gaji yang Ditawarkan

Info Deskripsi Pekerjaan
Info Deskripsi Pekerjaan/Sumber:pixabay.com

Jangan lupa untuk memperhatikan detail deskripsi pekerjaan dan gaji yang diterima. Pastikan bahwa gaji yang ladies terima sesuai dengan apa yang dilakukan di perusahaan. Apabila gaji yang ditawarkan jauh dari kata layak. Jangan ragu untuk keluar dari perusahaan, biasanya pihak-pihak tersebut hanya memanfaatkan tenaga, ladies. Keluarlah, jika posisi yang ditawarkan tak sesuai dengan kesepakatan awal.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id