sign up SIGN UP

Bermimpi Menjadi Business Woman Sukses? Ini 5 Tips Mempertahankan Relasi Agar Kesempatan Lebih Luas

Izzul Millati Umami | Rabu, 24 Nov 2021 08:45 WIB
Bermimpi Menjadi Business Woman Sukses? Ini 5 Tips Mempertahankan Relasi Agar Kesempatan Lebih Luas
Beauties, mempertahankan relasi itu penting bila kamu ingin sukses berbisnis. Simak cara jitunya disini. (Foto:pexels.com/olly)
Jakarta -

Beauties, menjaga relasi di dunia bisnis sama pentingnya dengan menjaga kesehatan. Hubungan yang baik antar rekan bisnis akan sangat menguntungkan kamu untuk memperoleh banyak kesempatan, lho.

Sayangnya, nggak semua orang tahu cara yang baik untuk mempertahankan relasi. Berikut ini adalah tips mempertahankan relasi baik supaya kamu bisa menjadi pebisnis yang handal. Melansir dari Fast Company, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan. 

Selalu Bangun Kepercayaan dengan Relasi

bangun kepercayaan
bangun kepercayaan/Foto:pexels.com/wildlittlethingsphoto

Menjaga kepercayaan dengan relasi itu nggak semudah membalikkan telapak tangan, lho. Perlu jurus-jurus yang handal supaya Beauties bisa meraih hati klien. Coba untuk memberikan masukan kepada relasi dan umpan balik yang positif, ya. Hindari memberikan feedback yang terkesan menggurui. 

Hindari Memberikan Kesan Sombong

kesan sombong
kesan sombong/Foto:pexels.com/apgpotr

Beauties, kesan sombong biasanya malah melunturkan citra kamu di hadapan orang lain. Sudah sebaiknya kamu memberikan kesan positif dengan kenalanmu supaya nantinya dia mau kembali menghubungimu. Itulah kenapa sikap humble sangat dibutuhkan sampai sekarang. Dengan kesan yang baik maka relasi kamu pun akan semakin bertambah. 

Jaga Penampilan

Tak hanya sikap, penampilan juga merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga relasi. Kemampuan kamu mencerminkan diri dihadapan orang lain merupakan salah satu cara untuk memasarkan diri. So, jangan ragu untuk tampil menawan dengan gaya kamu sendiri. Ingat untuk tetap sopan, ya. 

Perluas Wawasan Kamu

memperluas wawasan
memperluas wawasan/Foto:pexels.com/elletakesphotos

Tentunya, orang lain akan lebih menghargai kamu yang bisa diajak ngobrolin banyak topik.  Biasanya orang lain juga lebih respect pada sosok yang pembicarannya lebih 'berisi'. Itulah kenapa profesi seperti guru sangat dihormati oleh orang lain. Begitu pula, saat kamu menjadi pengajar akan ilmu yang kamu punyai, relasi akan semakin terbuka luas. 

Cobalah Menyapa Duluan

Tidak semua orang mau menyapa orang lain terlebih dahulu, apalagi bila orang tersebut merasa memiliki posisi yang tinggi. Sebaiknya dimanapun posisi kamu saat ini usahakan untuk memulai percakapan dan menyapa terlebih dahulu, ya. Tentunya kamu bisa memulainya dari sekarang. Menyapa rekan kerja adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan.  

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya? DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id