sign up SIGN UP

LIFE

Butuh Tambahan Uang, Ini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi

Munjidah Hamsa | Minggu, 16 Aug 2020 13:00 WIB
Butuh Tambahan Uang, Ini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi
caption
Jakarta -

Di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang, banyak pegawai yang terkena unpaid leaves hingga layoff yang diputuskan secara mendadak oleh perusahaan. Hal ni menyebabkan angka pengangguran yang terus naik mengakibatkan banyak yang kesulitan bersaing dengan makin banyak saingan sesama pelamar yang juga membutuhkan pekerjaan. Dengan semakin banyaknya pesaing, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi yang belum berakhir semakin kecil.

Namun, bukan berarti kamu saatnya berkecil hati hingga menyerah dengan dunia. Kamu tetap harus perbanyak pengalaman dan tingkatkan skill yang dibutuhkan untuk profesi dan pekerjaan yang sedang kamu incar. Kamu bisa lakukan dengan langkah-langkah berikut ini ketika masih menunggu panggilan dari lamaran pekerjaan baru ya!

Perbanyak Freelance

Melakukan pekerjaan freelance bisa membuka banyak kesempatan kerja baru.
bekerja freelance/ sumber: freepik.com

Salah satu cara untuk memperbanyak pengalaman dan meningkatkan skill digital creative adalah dengan perbanyak freelance yang bisa kamu kerjakan selama stay at home. Selain mendapatkan pendapatan tambahan, kamu juga bakal mendapatkan portofolio karya ke platform LinkedIn agar aktivitas sebagai sebagai profesional tetap up-to-date. Dengan mengambil kesempatan freelance, kamu jadi makin kaya pengalaman dan skill yang bisa kamu tunjukkan di resume-mu juga.

Ambil Kesempatan Paid Internship atau Part Time

Ambil kesempatan magang atau lakukan pekerjaan part time untuk penghasilan sementara.
lakukan magang atau part time/ sumber: freepik.com

Di saat masih dalam masa mencari pekerjaan atau menunggu panggilan kerja dari lamaran kerja yang telah kamu kirim, kamu bisa manfaatkan waktu untuk melakukan paid internship atau melakukan part time. Dengan melakukan magang dan part time, selain kamu punya waktu untuk bekerja dan menambah pengalaman kerja, kamu juga punya waktu untuk mengembangkan skill lewat webinar atau kelas online yang akan dibahas detail di poin berikutnya. Plus, kamu juga punya income untuk dijadikan tabungan atau tambahan modal.

Kembangkan Skill Lewat Kelas Online dan Webinar

Ikuti kelas online dan webinar gratis maupun berbayar untuk menambah skill set yang dibutuhkan ketika mencari pekerjaan.
Kelas online dan webinar/ sumber: freepik.com

Bagi kamu yang bekerja di bidang kreatif, ada banyak platform kelas online gratis atau berlangganan yang bisa kamu ikuti dan pelajari. Kamu bisa akses edx.org, udemy.com, LinkedIn Learning, dan skillshare.com. Platform tadi bisa kamu jadikan sumber belajar personal development dan skill development yang kamu butuhkan untuk bisa kamu gunakan di pekerjaan selanjutnya. Eh, beberapa webinar oleh creative influencer juga boleh banget kamu ikutin ya!

Update Terus CV dan Bio Akun Job Search

Selalu update resume atau CV dan portofoliomu agar kesempatan dilirik saat mencari pekerjaan semakin besar.
Update CV/ sumber: freepik.com

Selalu update progres skill dan portofoliomu selama menunggu atau mencari pekerjaan. Kenapa begitu? Dengan tetap menunjukkan karya dan kesukaanmu di berbagai platform digital, kesempatanmu untuk dilirik akan semakin besar, So, pastikan platform job search yang kamu punya selalu update ya!

Mulai Berani Rintis Usaha atau Jualan Sendiri

Beranikan diri untuk memulai usaha atau jualan sendiri, misal dengan menjadi reseller atau dropshipper.
Mulai usaha atau jualan sendiri/ sumber: freepik.com

Ketika masih dalam masa menunggu panggilan kerja atau masih menyiapkan CV dan syarat lainnya, kamu bisa mulai berani membuka usaha atau jualan sendiri. Kamu bisa coba mulai dengan menjadi reseller atau dropshipper barang-barang yang sedang banyak dibutuhkan, terutama yang berhubungan dengan medis dan kesehatan. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan skill untuk berpromosi secara digital agar usaha dan jualanmu semakin banyak yang beli. Siapa tahu jadi semakin dan kamu malah butuh tenaga kerja untuk membantumu berjualan kan?

Nah, itu dia beberapa tips mencari pekerjaan di tengah pandemi. Tetap berusaha dan lakukanlah sesuai dengan kemampuanmu di hari itu alias take it one at a time. We’ll get through this!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id