sign up SIGN UP

Cari Tahu Pekerjaan Sesuai dengan Tipe Kepribadianmu di Sini, Kerja Jadi Lebih Asyik!

Rani Mutiara | Rabu, 07 Jul 2021 15:15 WIB
Cari Tahu Pekerjaan Sesuai dengan Tipe Kepribadianmu di Sini, Kerja Jadi Lebih Asyik!
caption

Menurut teori MBTI (Myer Briggs Type Indicator), ada 16 tipe kepribadian manusia yang kemudian dikelompokkan menjadi 4 kelompok besar yaitu analis, diplomat, pengawal dan penjelajah.

Selain itu, tipe kepribadian ini juga memiliki 4 dimensi yang nantinya akan dijadikan singkatan untuk setiap nama kepribadian, yaitu Ekstrovert (E) dan Introvert (I), Sensing (S) dan Intuition (N), Thinking (T) dan Feeling (F), serta Judging (J) dan Perceiving (P). Pengelompokan tipe kepribadian ini sangat berguna untuk mengetahui karaktermu dan juga bisa menentukan pekerjaan seperti apa yang bakal cocok dengan kamu. Inilah pekerjaan atau profesi yang bisa kamu tekuni berdasarkan tipe kepribadianmu.

Kepribadian Introvert

Working Woman (Pict : Freepik.com/rawpixel.com)
Pekerjaan Kepribadian Introvert/Sumber: Freepik.com/rawpixel.com

1. INTJ (The Architect)

Kamu dengan tipe kepribadian INTJ akan menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan perencanaan, pemecahan masalah dan pengembangan proses. Contoh profesi yang bisa kamu tekuni yaitu manajer proyek, insinyur perangkat lunak, analis sistem, dan strategis pemasaran.

2. INTP (The Thinker)

Seorang INTP biasanya merupakan pemikir yang paling menggunakan logika di antara semua kepribadian. Kamu dengan tipe kepribadian INTP memiliki rasa ingin tau yang tidak ada habisnya dan senang berinovasi. Beberapa pekerjaan yang cocok dengan kepribadian INTP yaitu programmer, business analyst, penulis, pengembang web dan produser.

3. INFP (The Mediator)

Seorang INFP cenderung diam, kreatif dan senang menyendiri sehingga pekerjaan yang tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain akan cocok dengannya. Contoh pekerjaan yang bisa kamu tekuni sebagai seorang INFP yaitu designer, seniman, copywriter, konselor dan psikolog.

4. INFJ (The Advocate)

Tipe kepribadian INFJ merupakan tipe kepribadian yang sangat menggunakan intuisinya dibandingkan kepribadian yang lain dan cenderung idealis. Seorang INFJ senang mencari maksud baik dari pekerjaan mereka dan selalu memastikan bahwa apa yang mereka kerjakan bisa membantu dan terhubung dengan orang lain. Beberapa pekerjaan yang cocok dengan INFJ antara lain pekerja sosial, psikolog, konselor, ilmuwan, pustakawan dan penulis.

5. ISTJ (The Inspector)

Kamu dengan kepribadian ISTJ memiliki karakter yang serius dan juga merupakan seseorang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Seorang ISTJ senang berpikir secara kritis dan berorientasi kepada detail pekerjaan. Contoh beberapa pekerjaan yang cocok denganmu yaitu dokter, akuntan, pengacara, hakim, detektif dan intelijen.

6. ISFJ (The Protector)

Seorang ISFJ mau bekerja keras dan berdedikasi penuh terhadap kewajiban mereka. Mereka juga memiliki kemampuan berorganisasi yang baik. Kamu dengan tipe kepribadian ISFJ akan menyukai pekerjaan seperti akuntan dan keuangan, perawat, administratif, bank teller, ilmuwan data, guru dan fotografer.

7. ISTP (The Crafter)

Seorang ISTP cenderung rasional dan logis, namun terkadang bisa juga menjadi seseorang yang spontan dan sangat antusias. Kamu dengan tipe kepribadian ISTP akan mudah bosan dengan teori sehingga beberapa pekerjaan teknis akan cocok denganmu, seperti insinyur, teknisi dan mekanik.

8. ISFP (The Artist)

Kamu dengan kepribadian ISFP umumnya terlahir sebagai seniman yang natural. Kamu merupakan tipikal orang yang spontan, hangat, mudah berteman dan ramah. Pekerjaan yang cocok denganmu yaitu manajer media sosial, animator, designer, developer, musisi, fotografer dan pekerjaan kreatif lainnya.

Kepribadian Ekstrovert

Attending Startup Business (Pict : Freepik.com/rawpixel.com)
Pekerjaan Kepribadian Ekstrovert/Sumber: Freepik.com/rawpixel

1. ENTJ (The Commander)

Kamu merupakan seorang pemimpin yang pemberani, imajinatif dan berkemauan kuat. Seorang ENTJ juga berkarisma dan sangat percaya diri. Karakter yang enerjik tersebut membuatmu cocok dengan pekerjaan seperti manajer, CEO, pengusaha dan tech lead.

2. ENTP (The Debater)

Seorang ENTP senang berargumentasi, berinovasi dan juga merupakan pribadi yang kreatif. Mereka juga cenderung fleksibel dengan berbagai situasi dan pekerjaan. Meskipun begitu, beberapa saran pekerjaan ini akan cocok dengan kamu sebagai ENTP, yaitu wirausaha, designer, copywriter, direktur kreatif, ilmuwan dan pengacara.

3. ENFP (The Champion)

Sebagai pribadi yang komunikatif, antusias, empatis dan mudah bergaul, ENFP akan cocok dengan pekerjaan seperti marketer, editor, reporter, pembawa berita, personal trainer dan musisi.

4. ENFJ (The Giver)

Sebagai seorang ENFJ, kamu memiliki karakter idealis, berprinsip teguh, etis dan dapat dipercaya. Pekerjaan seperti politis, guru, event coordinator dan hubungan masyarakat (public relation) akan cocok denganmu.

5. ESTJ (The Director)

Seorang ESTJ terlahir sebagai pemimpin yang memiliki karakter terorganisir, bermartabat dan berpegang teguh kepada nilai kejujuran. Kamu dengan kepribadian ESTJ akan sesuai dengan pekerjaan seperti administrator, pelatih, manajer, auditor, dan financial officer.

Team Collaborating (Pict : Freepik.com/pressfoto)
Ilustrasi Suasana Kantor/Sumber: Freepik.com/pressfoto

6. ESFJ (The Caregiver)

Kamu dengan kepribadian ESFJ memiliki karakter peduli dan senang membantu. Kamu akan merasa puas jika bisa membuat orang lain bahagia. Dengan karakter ini, kamu cenderung mencari tempat kerja dengan suasana harmonis dan koperatif. Beberapa pekerjaan yang sesuai denganmu yaitu kepala museum, psikolog, konsultan dan peneliti medis.

7. ESTP (The Persuader)

Dikarenakan karakternya yang tanggap, cerdas, logis dan bersemangat, pekerjaan seperti pemadam kebakaran, koordinator, paramedis, tentara dan polisi akan cocok dengan kamu yang memiliki tipe kepribadian ESTP.

8. ESFP (The Performer)

Tipe kepribadian ESFP senang menjadi sorotan publik. Mereka cenderung senang bergaul dan berkolaborasi. Kamu dengan tipe kepribadian ini akan menyukai pekerjaan seperti event planner, pramugari, entertainer dan tour guide.

Itulah profesi atau pekerjaan yang cocok dengan kepribadianmu. Kamu bisa mengetahui tipe kepribadianmu dengan mengikuti tes MBTI di internet maupun tes berbayar dengan profesional. Bekerja sesuai kepribadian akan membuatmu lebih nyaman dalam bekerja dan mengembangkan diri lho Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id