sign up SIGN UP

LIFE

Kamu Freelancer? Begini 5 Tips Atur Waktu, Bikin Deadline Cepat Kelar, Lho!

Izzul Millati Umami | Selasa, 08 Sep 2020 22:00 WIB
Kamu Freelancer? Begini 5 Tips Atur Waktu, Bikin Deadline Cepat Kelar, Lho!
caption
Jakarta -

Kamu yang berprofesi sebagai freelance pasti sering kesulitan dalam mengatur waktu. Maka dari itu penting bagi kamu untuk pintar dalam manajemen waktu. Sebenarnya hal ini tidak terlalu sulit, hanya saja kamu belum menemukan saja caranya agar mudah diterapkan. Kamu bisa coba menerapkan lima tips berikut ini.

Buat Manajemen Tugas

Kenapa kamu harus membuat manajemen tugas? Untuk kamu seorang freelancer, memanajemen tugas menjadi sangat penting. Sejak awal kamu memutuskan menjadi freelancer, kamu pasti tahu bahwa waktu luangmu akan berkurang. Dengan manajemen tugas akan membuatmu mudah untuk mengatur pekerjaanmu. Pada saat kamu sibuk, kamu perlu membedakan antara tugas yang sifatnya mendesak dan longgar. Tugas yang sifatnya mendesak perlu mendapat perhatian lebih karena harus dikerjakan dengan segera. 


Jangan Melakukan Banyak Pekerjaan Sekaligus

Melakukan Banyak Pekerjaan
Melakukan Banyak Pekerjaan/Sumber:pixabay.com

Kebanyakan orang tidak dapat bekerja maksimal saat mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu, karena ini artinya kamu sedang memaksa dirimu untuk fokus pada beberapa hal sekaligus. Sebaiknya kamu menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu sebelum nantinya pindah melakukan pekerjaan lainnya. Kamu bisa mulai mengelompokkan pekerjaanmu dan mengerjakannya secara urut.

Buat Waktu Khusus Bebas Gadget

Kamu akan sulit untuk segera menyelesaikan pekerjaanmu kalau beberapa kali mendengar bunyi notifikasi dari gadgetmu. Buat waktu khusus bebas gadget yang mengharuskan kamu fokus kepada pekerjaanmu tanpa terganggu oleh gadget seperti ponsel milikmu.

Kamu Butuh Hari Libur

Mengatur Waktu
Mengatur Waktu/Sumber:pixabay.com

Meskipun kamu bekerja sebagai freelancer yang dikenal memiliki pekerjaan yang fleksibel, namun kamu juga tetap membutuhkan hari libur. Bekerja hampir setiap hari dengan jadwal yang kadang tidak menentu seringkali membuat kamu kelelahan. Kondisi tersebut membuatmu sulit untuk bekerja seefisien mungkin. Oleh karena itu sisakan hari yang kamu gunakan sebagai hari liburmu untuk beristirahat.

Pertimbangkan Jumlah Pekerjaan

Jumlah Pekerjaan
Jumlah Pekerjaan/Sumber:pixabay.com

Mengambil banyak pekerjaan memang akan menghasilkan banyak uang, namun kamu juga perlu mempertimbangkan jumlah pekerjaan yang kamu ambil. Kalau kamu mengambil pekerjaan yang terlalu banyak, ditakutkan hasilnya nanti malah kurang maksimal dan dapat merugikan klienmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id