Masih Suka Tunda Pekerjaan? 3 Tips Ini Perlu Segera Diikuti, Biar Kamu Makin Produktif!
Ingat kapan terakhir kali kamu scrolling sosial media, padahal banyak pekerjaan yang harus kamu lakukan? Bila terus terjadi, makan aktivitas tersebut bisa jadi kebiasaan loh, Beauties. Nah, langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui penyebab kamu menunda pekerjaan tersebut.
Kenali dirimu lebih dalam, dan mulai sadari apa saja yang kamu lakukan sehari-hari. Dengan begitu kamu akan lebih tahu kemana saja energimu dihabiskan. Menurut Psychology Today, orang yang impulsif cenderung melakukan prokrastinasi karena mereka mudah terdistraksi dengan hal yang terjadi saat itu. Biar lebih paham cara mengatasi prokrastinasi, simak artikel yang dilansir dari Very Well Mind berikut ini ya, Beauties!
1. Atasi Rasa Takut
![]() Takut Dalam Mengerjakan Tugas./Foto: unsplash.com/Frank Alarcon |
Perasaan takut bisa datang dari banyak hal. Misalnya kamu sedang di masa akhir kuliah dan harus menyelesaikan tugas akhirmu dengan tepat waktu. Namun, karena kamu takut berbicara di depan publik saat presentasi nanti, kamu malah jadi menunda mengerjakannya.
Rasa takut seperti ini bisa terjadi karena kamu takut gagal, takut melakukan kesalahan, atau bahkan bisa juga kamu takut sukses karena merasa nggak pantas mendapatkannya. Dengan mengetahui penyebab rasa takut, kamu bisa mencari cara untuk mengatasinya dan mulai semangat dalam mengerjakan tugasmu.
2. Eliminasi Distraksi
![]() Melihat Gawai Saat Bekerja./Foto: unsplash.com/Maxim Ilyahov |
Baik gangguan fisik maupun digital, segala hal yang berpotensi memecah fokusmu perlu disingkirkan. Ruang belajar yang rapi dan bersih juga jauh dari gawai yang mengganggu bisa membantumu dalam mengerjakan tugas dengan lebih efektif. Baru setelah selesai, kamu bisa bebas bermain sosial media dan memberi reward pada diri sendiri, seperti nonton serial drama korea misalnya.
Mengutip dari laman The Muse, saat kita terdistraksi untuk melakukan hal lain, maka kita akan membutuhkan waktu sekitar 23 menit untuk dapat kembali fokus pada apa yang dikerjakan. Sayang banget kan, kalau karena membalas pesan sebentar, kita perlu berusaha mengembalikan fokus dengan waktu yang lama. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan teknik pomodoro buat mensiasati hal ini.
3. Bagi Pekerjaan Menjadi Beberapa Bagian
![]() Membuat Urutan Pekerjaan./Foto: unsplash.com/Cathryn Lavery |
Ketika dihadapkan dengan tugas besar yang rumit, mungkin kamu akan merasa kewalahan dan putus asa. Oleh karena itu, kamu bisa memecah tugas itu menjadi beberapa bagian kecil yang terkesan lebih mudah untuk dikerjakan. Seperti lagu Jordin Sparks, one step at a time.
Lama-kelamaan, tugas yang tadinya terasa berat, bila dilakukan sedikit demi sedikit secara perlahan namun tetap konsisten, kamu bisa meraih apa yang kamu inginkan. Pasalnya, produktif itu adalah saat kamu melakukan sesuatu yang sesuai dengan tujuanmu. Melalui langkah kecil, kamu bisa menjadi lebih produktif dalam menjalani hari.
Memang, mengubah kebiasaan tidaklah mudah. Namun, saat kamu sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, kamu akan lebih mudah untuk mencapai tujuanmu.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


