sign up SIGN UP

LIFE

Punya Rencana Kuliah di Luar Negeri? 5 Hal Penting Ini Perlu Disiapkan

S Saraswathi | Senin, 22 Jun 2020 21:30 WIB
Punya Rencana Kuliah di Luar Negeri? 5 Hal Penting Ini Perlu Disiapkan
caption

Hai, Ladies! Untuk kamu yang masih SMA dan harus menyiapkan diri untuk menentukan jenjang pendidikan perguruan tinggi, apakah kamu sudah menentukan mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang mana? Atau jangan-jangan sudah punya rencana untuk kuliah di luar negeri?

Nah,Beautynesia akan berbagi informasi tentang hal penting apa saja yang perlu kamu siapkan untuk persiapan kuliah di luar negeri. Simak terus artikelnya ya!

1. Tentukan Pilihan Kampus dan Jurusan yang Ingin Kamu Tekuni

image
College/www.freepik.com/

Ini adalah hal dasar yang harus kamu lakukan ketika hendak melanjutkan pendidikanmu. Pendidikan di universitas jelas berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya.


Kamu harus berhati-hati dalam menentukan pilihan jangan sampai menyesal ke depannya, terlebih jika kamu sudah mantap untuk kuliah di luar negeri, Ladies. Prosesnya tidak akan mudah. 

2. Mencari Detail Informasi Tentang Kampus dan Jurusan yang Kamu Pilih

image
College/www.freepik.com/

Setelah menentukan kampus dan jurusan yang kamu mau, carilah informasi mengenai dari kampus tersebut. Bisa dari testimoni alumni atau berbagai macam program yang disediakan di kampus tersebut. Siapa tahu kamu bisa mengajukan beasiswa? Itu akan lebih membantu menghemat biaya bukan?

3. Persiapkan Dokumen untuk Administrasi

image
Document/www.freepik.com/

Langkah yang selanjutnya adalah persiapkan dokumen-dokumen persyaratan baik dari negara seperti visa, asuransi kesehatan, dan persiapan administrasi penting lainnya. Persiapkan juga administrasi pendidikan dari kampus yang kamu tuju.

Pastikan semua dokumen komplit, bila perlu kalian duplikasi (fotokopi untuk berjaga-jaga).  Lakukan dengan teliti dan detail untuk urusan administrasi ini ya, Ladies. Prosesnya akan sedikit memusingkan karena pasti banyak sekali lembaran kertas yang kamu ajukan. Namun jika sudah beres, tentunya akan lega.

4. Persiapkan Biaya

image
Coins/www.freepik.com/free-photo/stack-five-rows-coins_5508866.htm#page=1&query=Financial planning&position=33

Selama tinggal di negara orang tentunya banyak aspek yang berbeda terlebih lagi mengenai biaya hidup. Kamu perlu membuat financial planning kamu selama menjalani pendidikan di sana. Biaya pendidikan di Jerman dan beberapa negara di Eropa memang terjangkau, namun biaya hidup di sana punya cerita lain.

Untuk itu kamu perlu mempersiapkan dengan baik keuangan kamu. Akan sangat terbantu jika di negara tempatmu kuliah diijinkan untuk kerja sambilan. Pandai-pandailah membagi waktu kuliah dan kerja sambilan.

5. Cari dan Pelajari Mengenai Budaya dari Negara Tempatmu Menimba Ilmu

image
College/www.freepik.com/

Terkesan tidak penting, namun percayalah ini hal yang cukup krusial, Ladies. Sudah terbiasa lama tinggal di Indonesia tentunya ada kemungkinan kita akan mengalami culture shock. Culture shock mungkin tetap akan kalian alami sekalipun kalian sudah membaca berbagai sumber, namun setidaknya tidak akan memberikan kalian kejutan hebat nantinya jika kalian sudah tahu terlebih dahulu.

Jika negara yang kamu pilih bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, kamu perlu belajar bahasa mereka juga ya, Ladies. Ini sangat penting untuk kelancaran komunikasi kamu dengan penduduk dan mahasiswa lokal. Semoga sukses!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id