sign up SIGN UP

LIFE

Resolusi 2021: Buat Perubahan Sehat Buat Dompetmu dengan Aplikasi Pencatat Keuangan yang Beginner-Friendly

Nisrina Salsabila | Jumat, 08 Jan 2021 11:00 WIB
Resolusi 2021: Buat Perubahan Sehat Buat Dompetmu dengan Aplikasi Pencatat Keuangan yang Beginner-Friendly
caption
Jakarta -

Setelah berhasil menghasilkan dan akhirnya membelanjakan hampir semua gajimu, kamu memerlukan sebuah alat yang nyaman untuk melihat ke mana perginya uangmu dan bagaimana kamu dapat membelanjakannya dengan lebih baik. Kebiasaan melek literasi finansial ini harus dimulai sejak dini, loh, Ladies! Sebab, seumur hidup kamu akan berurusan dengan keuangan.

Apapun profesi dan berapapun umurmu saat ini, kamu perlu mempertimbangkan untuk men-donwnload aplikasi pengatur keuangan yang mudah dan praktis di tahun 2021. Aplikasi ini ibarat asistenmu yang mengatur keuangan pribadi dengan cara memantau pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya. Dijamin, kamu nggak akan “kecolongan” lagi dengan masalah saldo ATM yang sudah menipis padahal baru di awal bulan. Makanya, yuk, buruan download aplikasi ini di HP mu!

1. Money Manager Expense & Budget

aplikasi pencatat keuangan
Aplikasi Money Manager/Foto: https://play.google.com/money manager

Menurut klaim review dari para penggunanya, Money Manager memiliki user interface yang minimalis dan mudah digunakan dalam hal tampilan, fungsi, dan kustomisasi. Hal ini lantas menjadikannya aplikasi pencatat keuangan nomor 1 dengan rating Google Play Store 4,7/5.

Mengelola keuangan bukanlah sesuatu yang rumit lagi. Money Manager mampu merinci pencatatan pemasukan dan pengeluaran kamu per hari, minggu, dan bulan ke dalam kategori-kategori kebutuhan untuk melihat pengeluaran terbesarmu di satu bulan dan mengetahui di bagian mana kamu harus memperbaiki rencana anggaran. Selain itu, kamu juga akan disuguhi dengan grafik statistik dari laporan keuanganmu yang pastinya mudah untuk kamu pahami. Patut dicoba, nih!

2. Money Lover: Expense Manager & Budget Tracker

aplikais pencatat keuangan
Aplikasi Money Lover/Foto: https://99.co

Money Lover dikembangkan untuk menyelesaikan problem kamu dalam hal manajemen keuangan dan budgeting.

Sebagai aplikasi manajemen keuangan all-in-one, Money Lover menyediakan fitur lengkap termasuk tracking dan mencatat flow keuangan harian hingga bulanan, membuat anggaran belanja/budgeting, serta menganalisis pengeluaran yang paling besar melalui ilustrasi diagram pie berdasarkan kategori. Kamu bisa mencatat segala pos pengeluaran berdasarkan kategori kebutuhan, mulai dari makan, transportasi, hiburan, dan sebagainya.

Pastinya, aplikasi dengan rating 4,5/5 di Google Play Store ini akan membantumu dengan fitur-fitur yang mudah dimengerti.

3. Monefy

aplikasi pencatat keuangan
Aplikasi Monefy/Foto: https://play.google.com/monefy

Rekomendasi aplikasi selanjutnya ini memiliki visualisasi yang sangat eye-catching dan simpel juga fungsi yang mudah, jadi cocok banget untuk pemula yang baru belajar.

Dengan Monefy, setiap kali kamu membeli makanan atau melakukan check out di online shop, kamu hanya perlu menambahkan catatan pengeluaran hanya dengan memasukkan jumlah dana dan memilih kategori pengeluaran yang tepat. Nggak heran, ya, kalau Monefy menyandang kategori Editors’ Choice di Google Play Store.

Menabung pun bisa jadi mudah dengan aplikasi ini. Kamu bisa memantau perbandingan antara pengeluaran dengan pendapatan bulanan dan budgeting.

4. Finansialku

aplikasi pencatat keuangan
Aplikasi Finansialku/Foto: https://play.google.com/finansialku

Terakhir, ada aplikasi keuangan karya anak negeri yang bagus dan aman. Finansialku merupakan satu-satunya aplikasi keuangan yang juga menyediakan jasa konsultasi secara online bersama financial planner yang telah tersertifikasi CFP® (Certified Financial Planner).

Tak hanya berfungsi untuk mencatat flow keuangan berdasarkan saldo rekening kamu, di sini juga tersedia fitur edukasi keuangan berupa artikel, video hingga podcast. Kemudian, kamu bisa membuat perencanaan keuangan seperti biaya kuliah, dana liburan atau pesta pernikahan dengan tambahan informasi atas rencana keuangan yang masih dalam proses maupun yang sudah terwujud. Bahkan, aplikasi ini mampu melakukan financial check up untuk mengecek kondisi kesehatan keuanganmu.

Punya produk investasi? Manfaat juga Finansialku untuk menghitung dan mengelola produk investasi dan asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu dalam satu aplikasi saja.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id