sign up SIGN UP

Tetap Tenang, Ini Cara Mengatasi Hari Buruk di Tempat Kerja

Ruhil Anadiah Sabrina | Kamis, 20 May 2021 20:30 WIB
Tetap Tenang, Ini Cara Mengatasi Hari Buruk di Tempat Kerja
caption
Jakarta -

Hayo siapa nih dari kalian yang sering malas-malasan kalau bekerja? Jangankan bisa fokus menyelesaikan kerjaan, mau ngapa-ngapain saja sudah malas duluan. Mengalami hari buruk di kantor memang sangatlah menyebalkan, sebab jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus bisa memengaruhi kualitas pekerjaan yang kita hasilkan. Nah supaya bisa tetap tenang, berikut empat tips mengatasi hari buruk di tempat yang bisa kamu coba. 

1. Jangan fokus pada hal buruk

tempat kerja
tempat kerja/pexels.com

Tips pertama mengatasi bad day di tempat kerja yaitu, dengan tidak memfokuskan diri pada hal yang bisa memicu mood atau suasana hatimu tambah buruk. Misalnya nih kamu lagi kesal banget dengan rekan kerjamu, atau kesal karena dimarahi atasan. Kalau begitu ya sudah hadapi dengan tenang saja. Jangan berlarut-larut dalam situasi tersebut, alihkan perhatian pada hal yang bisa membuat suasana hati tambah buruk. Kamu bisa jalan-jalan sebentar, curhat dengan teman, atau kegiatan yang lain. 

2. Mencari hiburan sebentar disela-sela kesibukan

wanita sedang capek kerja/
wanita sedang capek kerja/pexel.com

Kalau memang suasana hatimu sedang buruk ditambah lagi capek kerja, gak ada salahnya kok untuk mencari hiburan sejenak disela-sela kesibukanmu. Nah kamu bisa membuat kopi dulu, makan camilan favorit, jalan-jalan ke luar kantor sebentar untuk menikmati udara bebas, hingga nonton video lucu di youtube. Mencari hiburan itu juga penting lho, sebab bekerja dalam kondisi mood yang buruk pun akan percuma saja. Kerjaan tidak kelar tapi malah semakin bertambah. Nah setelah dirasa suasana hatimu membaik bisa deh kembali untuk kerja lagi. 

3. Menyadari bahwa hari buruk adalah hal yang biasa terjadi 

wanita sedang sedih
wanita sedang sedih/pexels.com

Dalam hidup memang gak ada ceritanya kalau cuma enak dan senangnya doang. Pasti kita bakal mengalami yang namanya hari buruk, perasaan kesal, sedih, dan sebagainya. Satu-satunya cara yaitu, kamu harus menyadari bahwa hari buruk yang kita alami di tempat kerja adalah biasa terjadi. Tidak usah berlarut dalam rasa kesal apalagi membawa masalah tersebut ke rumah. Hari ini memang lagi banyak masalah di tempat kerja, tapi percaya deh hari buruk tersebut pasti berhasil kamu lewati. 

4. Evaluasi apa yang terjadi hari ini

wanita sedang capek kerja
wanita sedang capek kerja/pexel.com

Jangan buru-buru menyalahkan keadaan, kamu juga perlu mengevaluasi diri terhadap apa yang terjadi hari ini. Coba renungkan apakah kamu melakukan kesalahan dalam melakukan pekerjaan, apa karena kamu tanpa sengaja berperilaku buruk, dsb. Dengan mengevaluasi diri kamu bisa tahu apa kesalahanmu dalam bekerja, yang nanti bisa diperbaiki. Selain itu evaluasi diri juga berguna supaya kamu gak melakukan kesalahan sama untuk kedua kalinya.   

Itulah girls empat tips mengatasi hari buruk di tempat kerja yang bisa kamu coba. Semoga membantu dan hari-harimu di tempat kerja bisa menyenangkan ya. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id