sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Bermimpi Jadi Alpha Female? Sikap Inspiratif Michelle Obama Ini Bisa Kamu Latih

Dimitrie Hardjo | Jumat, 16 Jul 2021 07:30 WIB
Bermimpi Jadi Alpha Female? Sikap Inspiratif Michelle Obama Ini Bisa Kamu Latih
Foto: Sikap Inspiratif Michelle Obama Ini Bisa Kamu Latih/Pinterest.com/MultiVu

Mantan First Lady Amerika Serikat, Michelle Obama, memang patut dijadikan panutan. Ia menjadi ikon perempuan sukses yang dapat menginspirasi banyak perempuan lain di seluruh dunia. Melalui buku autobiografinya yang dipublikasi tahun 2018 lalu, Becoming, Michelle menceritakan bagaimana pengalaman hidupnya sejak kecil hingga ia menjadi istri seorang Presiden Amerika Serikat Barack Obama membentuknya menjadi seorang perempuan hebat seperti saat ini.

Dari bukunya itu, kita juga bisa mempelajari bagaimana sifat Michelle sesungguhnya yang dapat kita terapkan dalam diri kita sendiri untuk menjadi perempuan yang kuat dan berdampak, alias Alpha Female seperti Michelle. Ini dia beberapa sikap inspiratifnya yang bisa kamu latih, Beauties!

1. Percaya Diri dan Ambisius

Percaya diri dan ambisius.
Michelle Obama yang percaya diri dan ambisius. Foto: pinterest.com/instyle/

Michelle selalu menunjukkan sikap yang pantang menyerah demi mencapai tujuannya. Ia selalu berusaha walaupun orang-orang lain mengatakan ia tidak dapat melakukannya.

Dengan rasa tanggung jawab, ia melakukan pekerjaan yang harus ia lakukan untuk mencapai goal yang telah ia rencanakan. Sifat ambisius dan percaya akan diri sendiri inilah yang perlu kamu latih dalam dirimu agar dapat mencapai tujuan, Beauties.

2. Detail Oriented

Berorientasi detil dalam melakukan pekerjaan menjadi kunci wanita sukses.
Berorientasi detil dalam melakukan pekerjaan. Foto: twitter.com/WhiteHouseArchieved/

Memiliki sikap berorientasi ke detil tidak dimiliki semua orang. Karena itu, kamu juga perlu melatih sikap ini karena akan sangat bermanfaat untukmu.

Terkadang seseorang terlalu fokus terhadap hal-hal besar sehingga ia melupakan detil-detil yang signifikan. Hal ini selalu menjadi sifat Michelle yang juga berhasil menjadikannya seorang pemimpin yang baik.

3. Terjadwal

Disiplin mengikuti jadwal untuk membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.
Disiplin mengikuti jadwal untuk membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Foto: pinterest.com/huffingtonpost.com/

Ketika menjadi wanita karir yang menjabat sebagai pemimpin dan istri dengan dua anak kecil membuat perempuan yang saat ini berusia 57 tahun tersebut sempat kewalahan. Tuntutan dari pekerjaan dan rumah tentu akan membuat waktu seseorang perempuan terasa kurang, ditambah dengan suami yang sibuk bekerja.

Namun, Michelle berhasil mengatur waktunya dengan disiplin mengikuti jadwal yang ia buat. Hal ini seperti bangun lebih pagi untuk olahraga, mengurus anak sebelum bekerja, fokus bekerja saat di kantor, dan berusaha sampai di rumah tepat waktu.

4. Mengetahui Prioritas

Mengetahui prioritas, contohnya keluarga.
Mengetahui prioritas, contohnya keluarga. Foto: pinterest.com/People/

Masih berhubungan dengan jadwal kegiatan yang dibuat, seorang perempuan karir yang merangkap sebagai ibu juga perlu mengetahui prioritas nih, Beauties! Salah satu contohnya ketika Michelle bekerja sebagai Community Affairs di rumah sakit, ia bertekad untuk selalu memprioritaskan keluarganya. Karena Malia dan Sasha saat itu masih kecil, ia berusaha mengurangi pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan campur tangan dirinya dan fokus pada hal-hal yang lebih penting.

5. Berani Coba Hal Baru

Barack Obama dan Michelle Obama saat pertama kali mengadakan acara White House Campout.
Barack Obama dan Michelle Obama saat pertama kali mengadakan acara White House Campout untuk 50 anak Girl Scout. Foto: pinterest.com/Zimbio/

Melakukan sesuatu yang tidak pernah kamu lakukan atau tidak pernah dipersiapkan untuk melakukan hal tersebut memang menakutkan. Tapi, bukan berarti kamu harus mundur dan tidak mencobanya lho! Jika hal tersebut sesuai dengan goal kamu dan memberikan dampak positif, maka kamu akan ada banyak hal baru yang bisa dipelajari dan membuat kamu semakin berkembang, Beauties. 

6. Berani Mengungkapkan Pendapat

Berani menyuarakan pikiran.
Berani menyuarakan pikiran. Foto: pinterest.com/UsWeekly/

Ketika membicarakan tentang Michelle Obama, maka hal yang langsung terlintas adalah bagaimana dia berani untuk menyuarakan pikirannya. Setiap perempuan memiliki pendapatnya masing-masing yang berhak untuk didengar.

Perempuan alumnus Princeton University dan Harvard University ini menjadikan hal tersebut sebagai nilai kehidupan yang ia pelajari selama ini. Tidak takut untuk menyatakan pendapat dan memberikan argumen konkret akan hal yang disampaikan akan mendukung perkembangan diri.

7. Mau Mendengar dan Berpikiran Terbuka

Menjadi pendengar yang baik dan berpikiran terbuka.
Menjadi pendengar yang baik dan berpikiran terbuka. Foto: pinterest.com/Harper'sBazaar/

Menjadi pendengar yang baik dan berpikiran terbuka dalam hal apapun juga selalu diterapkan Michelle dalam membuat keputusan dan memandang suatu permasalahan. Sebelum ia memberikan konklusi, banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Saat ia menjabat sebagai Ibu Negara dan berhadapan dengan banyak orang dari berbagai kalangan, mendengar mereka dan memiliki pikiran terbuka akan sangat membantu seseorang untuk belajar lebih banyak dan lebih bijaksana dalam melakukan sesuatu.

Beauties, itu dia beberapa sikap dari Michelle Obama yang inspiratif dan bisa kamu coba sendiri. Jangan takut akan kesalahan dan kegagalan, karena hidup memang perlu banyak belajar. Semangat ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id