sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Dari Penghargaan AMI Hingga Grammy, Inilah 5 Artis Cilik yang Berhasil Raih Penghargaan Bergengsi di Usia Dini

Nisrina Salsabila | Rabu, 23 Dec 2020 12:00 WIB
Dari Penghargaan AMI Hingga Grammy, Inilah 5 Artis Cilik yang Berhasil Raih Penghargaan Bergengsi di Usia Dini
caption
Jakarta -

Kecil-kecil cabe rawit. Itulah ungkapan yang bisa menggambarkan anak-anak berprestasi ini. Tak perlu menunggu sampai usia dewasa, mereka berhasil mencetak prestasi bahkan di umur 4 tahun, loh! Selain berasal dari kemampuan yang telah tertanam sejak lahir, mereka pun mendapat turunan bakat dari orang tuanya. Salute, deh, dengan ikatan dukungan antara anak dan orang tua ini!

Lantas, siapa saja deretan artis cilik yang berhasil mendapatkan penghargaan di usianya yang masih kecil?

1. Neona

artis cilik berbakat
Neona ikuti jejak kakaknya menjadi penyanyi/Foto: Instagram/ney_neo

Anodya Shula Neona Ayu atau Neona berhasil mendapatkan penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020 untuk kategori Artis Solo Lelaki/Perempuan Anak-Anak Terbaik atas lagu berjudul Kepompong. Lagu yang dahulu sempat hits dibawakan oleh Sind3ntosca pada 2008, kini dibawakan ulang oleh Neona dengan gayanya sendiri. Sebagai seorang ibu, Nola Be3 ingin kemenangan putri bungsunya ini menjadi sebuah motivasi untuk terus berlatih dan semangat mengejar mimpi. 

Di usianya yang baru 11 tahun, Neona telah memiliki album bertajuk With Love (2019), album mini Bahasa Cinta (2020), dan 9 lagu single.

2. Naura

artis cilik berbakat
Naura menginspirasi anak-anak dan remaja seusianya/Foto: Instagram/aku_naura

Anak pertama dari pasangan Nola Be3 dan Baldy, sekaligus kakak dari Neona ini telah mengeluarkan debut albumnya berjudul Dongeng (2014) sejak usia 8 tahun. Terlahir dengan nama Adyla Rafa Naura Ayu, gadis cantik yang sekarang telah menginjak 15 tahun ini terkenal sebagai seorang penyanyi, aktris, bintang iklan, dan brand ambassador. Memasuki usia remaja, Naura pun aktif membicarakan masalah kesehatan mental dan juga self love.

Berbagai penghargaan telah diterimanya, termasuk AMI Awards 2019 kategori Artis Solo Lelaki/Perempuan Anak-Anak Terbaik serta Triple Platinum dari Trinity Optima Production pada 2019 atas penjualan 500 keping untuk album Katakanlah Cinta (2018), sekaligus menjadi penyanyi cilik pertama yang meraih penghargaan tersebut.

3. Joey Alexander

artis cilik berbakat
Joey Alexander berkarir di luar negeri/Foto: Instagram/joeyalexandermusic

Pianis cilik Joey Alexander tercatat masuk dalam dua nominasi Grammy Awards ke-58 pada 2017 dalam kategori Best Improvised Jazz Solo untuk lagu "Giant Step" dan Best Jazz Insturmental Album untuk album "My Favourite Things". Ia pun menjadi musisi termuda yang masuk dalam nominasi di ajang penghargaan musik bergengsi dunia itu.

Joey mulai bermain piano sejak usianya masih 6 tahun berkat pengaruh kedua orang tuanya yang merupakan penggemar berat musik jazz. Kini telah berusia 17 tahun, Joey mulai tampil sebagai solo pianis di usia 8 tahun untuk mengisi acara UNESCO yang dihadiri ikon jazz Herbie Hancock saat datang ke Indonesia.

4. M. Adhiyat

artis cilik berbakat
Wajahnya yang imut mencuri perhatian/Foto: Instagram/adhiyat7

Masih ingat pemeran Ian dalam film horor Pengabdi Setan? Berkat wataknya yang ikonik karena menjadi si bungsu yang imut namun terlahir bisu, Muhammad Adhiyat berhasil memperoleh berbagai penghargaan. Di antaranya, Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih di Piala Maya 2017, Piala Citra untuk Pemeran Anak-anak Terbaik di Festival Film Indonesia 2017, Pendatang Baru Terbaik di Indonesian Box Office Movie Awards 2018, dan lain-lain.

Selain Pengabdi Setan, aktor cilik berumur 9 tahun ini telah membintangi film lain seperti, Kulari ke Pantai, Koki-koki Cilik 2, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, dan Abracadabra.

5. Saga Omar Nagata

artis cilik berbakat
Saga sudah berbakat sejak umur 4 tahun/Foto: Instagram/sagaomarnagata

Saga, 8 tahun, merupakan anak dari Anji dan Wina Natalia yang mampu menciptakan lagunya sendiri. Sang ayah hanya membantunya pada chord gitar.

Hingga kini Saga sudah menciptakan 6 buah lagu, yakni Susu Mantap, Kenapa Harus Mandi, Jangan Makan Binatang, Telur Dadar, Lagu Ikan, dan yang terbaru Kenapa Sih. Bakatnya berhasil mengantarkan Saga masuk sebagai nominasi AMI Award untuk Pencipta Lagu Anak-anak Terbaik 2018 dan menyabet penghargaan MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai pencipta lagu termuda di umur 4 tahun.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id