sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Dewi Perssik Alami Ruam saat Positif COVID-19, Kenali Gejalanya di Sini!

Agesti | Rabu, 30 Dec 2020 14:00 WIB
Dewi Perssik Alami Ruam saat Positif COVID-19, Kenali Gejalanya di Sini!
caption

Penyanyi dangdut Dewi Perssik beberapa waktu lalu membawa kabar mengejutkan bahwa dirinya ternyata penyintas COVID-19. Selama sebulan terakhir, pelantun tembang “Mimpi Manis” ini berjuang melawan COVID-19 dan mengisolasi diri guna menjalani perawatan.

Dewi Perssik Positif COVID-19

[Gambas:Instagram]

“Banyak yang bertanya (aku) kemana selama 1 bulan ini kok ga liat @pagipagiambyarttv. Dan gak ada kegiatan ngeyoutube juga. Aku sakit kena COVID-19,” tulisnya di postingan Instagram pribadinya beberapa waktu lalu.

Namun, ada yang unik dari gejala COVID-19 yang dialami oleh penyanyi yang akrab disapa Depe tersebut yakni ruam yang menjalar di tubuhnya.

Ruam Kulit Menjadi Gejala COVID-19

Dewi Perssik
Dewi Perssik alami ruam merah saat alami gejala COVID-19. Sumber: Instagram @dewiperssikreal

Berkaca dari gejala COVID-19 yang dialami Dewi Perssik, ternyata ruam kulit memang menjadi gejala terbaru COVID-19. Seperti dikutip dari laman covid.joinzoe.com, studi yang dilakukan oleh King’s College London, Inggris dan perusahaan ilmu kesehatan ZOE didasari oleh data 336.000 pengguna aplikasi COVID Sympton Study.

Dari data tersebut, para peneliti menemukan sebanyak 8,8 persen orang yang melaporkan tes swab virus Corona yang positif menunjukkan gejala positif ruam kulit dibandingkan 5,4 persen orang dengan hasil tes negatif.

Hasil serupa juga terjadi pada 8,2 persen orang dengan ruam kulit yang belum menjalani tes swab virus corona. Namun mereka masih melaporkan gejala seperti batuk, demam atau juga gejala anosmia (kehilangan indera penciuman).

Untuk membuktikan bahwa ruam menjadi salah satu gejala COVID-19, para peneliti membuat survei daring terpisah dan mengumpulkan hampir 12 ribu orang dengan ruam kulit yang diduga terinfeksi COVID-19.

Dari hasil penelitian tersebut, 17 persen peserta yang dites positif virus COVID-19 melaporkan ruam sebagai gejala pertama yang muncul ketika mereka positif. Tak hanya itu, satu dari lima orang atau sekitar 21 persen yang melaporkan ruam dan sudah terkonfirmasi virus Corona menyatakan bahwa ruam kulit merupakan satu-satunya gejala yang mereka alami.

Gejala Ruam Pada Penderita COVID-19

[Gambas:Youtube]

Dewi Perssik pun tak mengira bahwa ruam yang dialaminya merupakan tanda dari COVID-19. Ruam tersebut dialaminya di hari ke 11 hingga 14 setelah mantan istri Dewi Perssik dinyatakan positif. 

“Jadi kalau ditanya bercak bercak merah itu karena alergi atau biduran, aku jujur enggak punya alergi makanan. Aku pernah tes alergi. Alergi aku itu adalah parfum sama bahan yang bukan dari logam,” ungkap Dewi Perssik lewat kanal YouTube-nya.

Namun Dewi Perssik menjelaskan bahwa ruam yang dialaminya bukan karena alergi melainkan gejala COVID-19.

“Ini rasanya berbeda dari biduran atau tampak. Merah itu tidak hanya merah tapi gatal dan panas. Tulangku juga nyeri, jadi sakit semua satu badan. Rasanya di dada ini juga sesak sekali, napasnya seperti banyak asap kayak terengah-engah,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan bahwa ruam merupakan salah satu gejala COVID-19. 

“Jadi itu yang perlu teman-teman tah, bahwa itu bukan biduran saja, tapi itu adalah efek sakit Corona di mana 20 persen aku adalah orang yang di 20 persen itu. Memang itu langka,” tutup pelantun Hikayat Cinta ini.

Kini, kondisi Dewi sudah membaik. Ruam-ruam di tubuhnya menghilang dan negatif dari COVID-19.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id