sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Fakta Chloe Zhao, Sutradara Wanita Asia Pertama Peraih Piala Oscar

ira syafira | Jumat, 30 Apr 2021 04:30 WIB
Fakta Chloe Zhao, Sutradara Wanita Asia Pertama Peraih Piala Oscar
caption
Jakarta -

Acara penghargaan film Academy Awards atau Oscar baru saja digelar pada Minggu, 25 April lalu. Malam penghargaannya diselenggarakan langsung dari Union Station Los Angeles dan Dolby Theater di Hollywood.

Tahun ini, film terbaik Oscar 2021 dimenangkan oleh Nomadland, mengalahkan competitor lain yaitu The Father, Judas and the Black, Messiah, Minari, dan beberapa lainnya. Selain berhasil menang dalam kategori film terbaik, ternyata Nomadland juga berhasil membawa sutradara Chloe Zhao menjadi pemenang atas kategori sutradara terbaik. Zhao menjadi wanita kedua yang berhasil menerima penghargaan serupa sepanjang sejarah festival film Oscar, serta menjadi wanita Asia pertama yang berhasil memenangkan penghargaan ini.

Penasaran dengan sosok Chloe Zhao, yuk ikutin terus informasinya berikut ini.

Latar Belakang Sosok Chloe Zhao

foto: Latar belakang Chloe Zhao/id.pinterest.com
foto: Latar belakang Chloe Zhao/id.pinterest.com

Chloe Zhao dilahirkan pada 31 Maret 1982 di Beijing, dengan nama asli Zhao Ting. Ayahnya merupakan seorang pengusaha besi baja ternama dan ibunya bekerja di sebuah rumah sakit. Zhao sempat mengakui bahwa dirinya merupakan seorang remaja pemberontak. Ia sangat malas belajar di sekolah dan lebih tertarik membuat komik, menggambar manga, serta menulis cerita fiksi.

Zhao sangat menyukai serial TV Happy Together yang dibuat oleh Wong Kar Wai. Film ini telah menginspirasi dirinya untuk menjadi seorang sutradara seperti sekarang.

Pendidikan yang Ditempuh Seorang Chloe

foto: Pendidikan yang ditempuh/id.pinterest.com/socialmediagossips
foto: Pendidikan yang ditempuh/id.pinterest.com/socialmediagossips

Ketika berusia 15 tahun, orang tua Zhao sudah mengirim dirinya ke Brighton College, sekolah asrama yang berada di Inggris. Padahal, Zhao saat itu belum bisa berbahasa Inggris sama sekali. Akhirnya, ia pun pindah ke Los Angeles untuk menyelesaikan pendidikan sekolah menengahnya. Kemudian setelah lulus ia melanjutkan ke Mount Holyoke College di Massachusetts, AS. Namun, ia merasa salah jurusan dengan mengambil ilmu politik, mengikuti keinginan orang tuanya.

Hingga sampai ia menemukan apa yang benar-benar ia minati, Zhao memilih masuk ke Pendidikan Film di New York University Tisch School of the Arts.

Nomadland

foto: Nomadland/id.pinterest.com/The Wrap
foto: Nomadland/id.pinterest.com/The Wrap

Tidak butuh banyak film yang ia hasilkan untuk memenangkan Piala Oscar, dengan film pertama berjudul Songs My Brothers Taught Me (2015) dan film kedua berjudul Rider (2017).

Kemudian karya ketiganya, yaitu Nomadland (2020) yang berhasil membawanya meraih kemenangan untuk Film terbaik dan juga sebagai Sutradara terbaik. Nomadland bercerita tentang perjalanan seorang perempuan bernama Fern yang diperankan oleh Frances McDormand sebagai seorang nomaden. Fern hidup dalam van miliknya dan berkeliling dari satu negara bagian ke negara bagian Amerika lainnya.

Berkarya Bersama Sang Kekasih

foto: Berkarya dengan kekasih/PA.Media
foto: Berkarya dengan kekasih/PA.Media

 Zhao menerangkan bahwa ia akan selalu menemukan kebaikan pada orang-orang yang ia temui, kemanapun ia pergi di dunia ini. Tidak terkecuali sang kekasih, Joshua James Richards.

Richards turut bekerja sama untuk Film Nomadland yang digarap oleh Zhao, ia pun juga dinominasikan sebagai Sinematrogafi terbaik.  Pasangan nominasi Oscar ini bertemu ketika Zhao sedang meneliti lagu untuk film pertamanya, saat itu Richards masih menjadi mahasiswa film di unevsitas yang sama dengan Zhao.

Walaupun Richards dua tahun lebih muda, keduanya nampak saling mencintai dan tinggal dengan tenang di rumah mereka yang terletak di Pegunungan Topatopa, Ojai, di luar Los Angeles.

Menjadi Sutradara untuk Film Baru Marvel, “Eternals”

foto: Sutradara Eternals/PA.Media
foto: Sutradara Eternals/PA.Media

Siapa sangka, ternyata jauh sebelumnya dirinya dikenal luas dan memenangkan Oscar 2021, Zhao ternyata sudah dilirik oleh Marvel Studios. Zhao bahkan ditunjuk untuk menyutradarai film Marvel terbaru berjudul Eternals yang rencananya akan tayang pada akhir tahun ini.

Nantinya, film ini akan bercerita tentang sebuah ras alien yang hidup abadi di bumi selama ribuan tahun. Presiden Marvel Studios, Kevin Freige, mengungkapkan bahwa film Eternals terinspirasi dari franchise superhero Jepang yaitu One Punch Man. Freige memilih Zhao karena ia memiliki tekad dan visi yang besar untuk film tersebut.  

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id