sign up SIGN UP

Mengenal Leani - Alim, Peraih Medali Emas Paralimpiade 2020 yang Miliki Kisah Inspiratif

Rini Apriliani | Senin, 06 Sep 2021 11:45 WIB
Mengenal Leani - Alim, Peraih Medali Emas Paralimpiade 2020 yang Miliki Kisah Inspiratif
caption
Jakarta -

Leani Ratri dan Khalimatus Sadiyah sukses sebagai pasangan ganda putri setelah bertanding mengalahkan pasangan Cheng Hefang dan Ma Huihui asal Tiongkok. Keduanya meraih medali emas, setelah 41 tahun Indonesia puasa menyabet emas dalam ajang Paralimpiade.

Leani - AlimLeani - Alim/ Foto: Instagram.com/khalimatussadiyah1709

Dua perempuan cantik ini memiliki kisah hidup yang inspiratif. Pasalnya, di balik kekurangan yang dimiliki Leani dan Alim buktikan jika hal tersebut bukan halangan untuk meraih prestasi besar.

Supaya kenal lebih dalam, yuk simak profil singkat pasangan ganda putri dari cabang olahraga bulu tangkis ini, Beauties!

Leani Ratri Oktila

Leani OktiraLeani Ratri Oktila/ Foto: Instagram.com/oktila_lr

Pemilik nama lengkap Leani Ratri Oktila ini lahir di Kampar, 6 Mei 1991. Ia merupakan putri sulung dari empat bersaudara dari pernikahan F Mujiran dan Gina Oktila.

Sejak kecil, Leani telah mengenal bulu tangkis. Namun setelah mengalami kecelakaan saat ia berusia 21 tahu, tepatnya di tahun 2011, ia mulai aktif menekuni parabadminton, yaitu cabang olahraga untuk atlet difabel.

Dari kecelakaannya tersebut, ia mengalami patah kaki dan tangan kirinya hingga divonis mengalami gangguan permanen. Namun semangatnya tidak patah, setahun berselang setelah kecelakaan, dalam ajang Pekan Paralimpiade Nasional Riau tahun 2012 lalu, ia sukses mendapatkan medali emas dan medali perak.

Berbagai penghargaan pun pernah ia dapatkan. Salah satunya yaitu pernah menyabet medali emas di Asian Paragames 2018 lalu.

Saking hebatnya, perempuan berusia 30 tahun ini pun mendapat anugerah sebagai pemain para badminton putri terbaik pada 2018 dan 2019 dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Namanya pun mendapat julukan sebagai 'Ratu Badminton'.

Khalimatus Sadiyah

Khalimatus SadiyahKhalimatus Sadiyah/ Foto: Instagram.com/khalimatussadiyah1709

Khalimatus Sadiyah, perempuan kelahiran Mojokerto, 17 September 1999 silam ini akrab disapa Alim. Ia menyukai bulu tangkis sejak ia duduk dibangku kelas 5 SD.

Mulanya, bulu tangkis bukan pilihan pertama Alim. Ia lebih dulu menggeluti olahraga voli dan sepakbola. Namun peran dukungan keluarga yang akhirnya membuat Alim memutuskan untuk fokus di cabang olahraga bulu tangkis hingga mendulang kesuksesan seperti saat ini.

Sejak Sekolah Dasar, Alim tergabung dengan sekolah olahraga bernama Bendo Sport. Sayangnya, ia banyak diremehkan karena kemampuan olahraganya.

Namun lambat laun, perempuan berusia 21 tahun ini membuktikan jika kemampuannya bukan main-main. Berbagai prestasi pun ia torehkan hingga kina menyabet medali emas dalam ajang Paralimpiade 2020.

Itu dia profil singkat Leani dan Alim. Kekurangan hingga cemooh dari sekitar bukan halangan untuk mendulang prestasi. Kamu bisa mencontoh semangat juang pasangan ganda putri yang satu ini nih, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id