sign up SIGN UP

Punya Segalanya Tapi Pakai Narkoba, Ini Pendapat Psikolog Tara de Thouars Soal Nia Ramadhani-Ardi Bakrie

Rini Apriliani | Rabu, 14 Jul 2021 10:15 WIB
Punya Segalanya Tapi Pakai Narkoba, Ini Pendapat Psikolog Tara de Thouars Soal Nia Ramadhani-Ardi Bakrie
caption

Beberapa waktu lalu jagat dunia maya dihebohkan dengan tertangkapnya public figure dengan kasus penyalahgunaan narkoba. Keduanya adalah Nia Ramadhani dan suaminya Ardi Bakrie. 

Nia Ramadhani dan supirnya ditangkap di daerah Pondok Pinang, Jakarta Selatan, pada Rabu (7/7) pukul 15.00 WIB. Saat penangkapan Nia Ramadhani, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 klip sabu seberat 0,78 gram dan 1 buah bong atau alat isap sabu.

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie ditampilkan berbaju tahanan terkait kasus narkoba (Yogi/detikcom)Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie/ Foto: Yogi E/detikcom

Tak lama berselang, Ardi Bakrie menyerahkan diri ke kantor polisi setelah Nia mengaku kalau sabu-sabu tersebut dipakainya bersama sang suami. Keduanya diketahui telah menggunakan narkoba dengan jenis sabu-sabu selama lima bulan terakhir. Alasannya, Nia dan Ardie mengaku jika hal ini akibat stress saat pandemi.

Sebagai seorang selebritas ternama, banyak masyarakat yang menyayangkan kasus ini bisa terjadi. Apalagi dalam rekaman kamera, keluarga artis ini selalu terlihat bahagia dengan gaya hidup yang cukup mewah.

Beautynesia berbincang santai dengan Psikolog Tara de Thouars soal pasangan suami-istri, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie yang terjerat kasus narkoba ini. 

Alasan Seseorang Menggunakan Narkoba Tidak Bisa Dipukul Rata

Tara de ThouarsTara de Thouars/ Foto: tara_dethouars

Psikolog Tara de Thouars mengatakan ada banyak alasan kenapa seseorang memilih untuk menggunakan narkoba. Ia menjabarkan jika ada tiga sisi yang dapat dilihat, yaitu sisi umum, sisi sosial, dan sarana penyembuhan.

  • Jika dilihat dari versi umumnya, biasanya orang menggunakan narkoba karena untuk mendapatkan perasaan rileks, fun, dan feeling good. Tapi ada banyak alasan lainnya yang lebih dalam dari pada sekedar untuk bersenang-senang.
  • Jika dilihat dari sisi sosial, adanya pengaruh lingkungan, kesepian, kesendirian, kemudian menggunakan narkoba sebagai caranya agar dia bisa diterima oleh lingkungan.
  • Selanjutnya ada beberapa orang juga yang menggunakan narkoba sebagai sarana untuk penyembuhan. Misalnya, ketika dia mengalami trauma entah itu secara fisik atau psikologis, sehingga memerlukan sesuatu yang bisa dijadikan sarana untuk bisa runway dari rasa sakitnya, sehingga menggunakan narkoba karena efeknya cenderung cepat.

Tara de Thouars mengungkapkan jika setiap orang memiliki alasan dan faktor berbeda-beda sehingga akhirnya ia menjadi pengguna narkoba.

"Jadi sebetulnya tidak bisa kita pukul rata bahwa alasan orang menggunakan narkoba karena pengennya bersenang-senang aja. Karena setiap orang punya alasan dan faktor yang berbeda-beda sehingga akhirnya menggunakan narkoba," ujar Tara saat dihubungi Beautynesia, Selasa (13/7).

Nia Ramadhani Tertangkap, Ardi Bakrie Menyerahkan Diri

Nia RamadhaniNia Ramadhani/ Foto: Palevi/detikhot

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setelah Nia Ramadhani tertangkap dengan barang buktinya, tak lama berselang sang suami turut menyerahkan diri ke polisi. Dalam kaca Psikologi, Tara de Thouars mengatakan jika hal ini bisa menjadi beberapa pertanda.

"Suami ikut menyerahkan diri, sebenarnya ini bisa menjadi beberapa pertanda. Itu bisa jadi bentuk support, mengingat bahwa orang terdekatnya sedang mengalami masalah jadi sebagai seorang suami ingin memberikan dukungan agar tidak merasa sendirian," kata Tara.

Ada juga beberapa alasan lain yang kembali diungkapkan oleh Psikolog yang satu ini.

"Hal ini bisa juga sebagai bentuk tanggung jawab seorang suami yang secara norma sosial harusnya menjaga istri. Atau bisa jadi itu caranya untuk pure menyerahkan diri karena tau apa yang dilakukan juga bukan sesuatu yang tepat," tambahnya.

Bisakah Suami-Istri Saling Mempengaruhi untuk Menggunakan Narkoba?

Nia RamadhaniNia Ramadhani/ Foto: Instagram/ramadhaniabakrie

Tara de Thouars mengungkapkan jika ikatan suami-istri bisa saja saling mempengaruhi untuk menggunakan narkoba. Seperti halnya yang terjadi pada Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie ini.

"Apakah suami-istri itu bisa saling mempengaruhi, ya bisa aja. Karena salah satu alasan seseorang bisa masuk ke lingkungan narkoba juga ketika memang dia berada di lingkungan yang juga menggunakannya. Sehingga melihat menggunakan narkoba itu sebagai sesuatu yang wajar dan boleh dilakukan karena lingkungannya pun atau orang terdekatnya menggunakan hal yang sama," tutupnya.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id