sign up SIGN UP

Tips Rambut Sehat ala Tantri Namirah, Ayo Dicoba!

Erlita Bebby Aprilianti | Kamis, 17 Jun 2021 12:30 WIB
Tips Rambut Sehat ala Tantri Namirah, Ayo Dicoba!
caption

Masalah rambut memang sering kali membuat kita sebagai perempuan mengalami kebingungan. Ditambah, jika rambut sudah mengalami kerontokan dengan jumlah yang sangat banyak. Apalagi, bagi sebagian perempuan yang memakai hijab, banyak macam shampoo yang digunakan hanya untuk mencari cara supaya rambut tetap sehat dan tidak rontok.

Tak terkecuali Tantri Namirah, influencer yang bergerak di bidang fashion ini pun membahas tips mengenai rambut sehat. Apa saja sih tipsnya?

 

Minum Air Putih

Air putih yang memang bagus untuk kesehatan tubuh ini ternyata juga mempunyai peran penting terhadap kesehatan rambut. Cara merawat rambut rontok yang pertama adalah dengan minum air putih minimal 2 liter per hari. Air putih dipercaya dapat memperbaiki jaringan rambut yang rusak karena mineral yang terkandung dapat memberi kesehatan pada rambut kita. Bukan hanya itu, ternyata 25% per helai rambut terbuat dari air lho! tak heran jika air sangat penting untuk kesehatan rambut bukan?

Perbanyak Minum Air Putih / sumber : freepik.com
Perbanyak Minum Air Putih / sumber : freepik.com

 

Tidak Terlalu Sering Keramas

Rambut yang sering lepek karena kegiatan di luar ruangan, ditambah jika kamu memakai hijab, memang sering membuat intensitas keramas menjadi terlalu sering dilakukan. Padahal keramas yang terlalu sering dapat membuat rambut kamu menjadi rusak. Menurut Tantri Namirah, keramaslah maksimal 3x seminggu untuk menjaga minyak rambut secara alami.

Terlalu Sering Menggunakan Hairdryer akan Menyebabkan Rambut Kering dan Rontok / sumber : freepik.com
Terlalu Sering Menggunakan Hairdryer akan Menyebabkan Rambut Kering dan Rontok / sumber : freepik.com

Jangan lupa juga untuk memakai conditioner maksimal 2x seminggu untuk menjaga kelembaban serta protein alami dari rambutmu dan jangan terlalu sering memakai hairdryer untuk mengeringkan rambut setelah keramas. Karena terlalu sering pemakaian ini akan membuat rambut kamu menjadi kering dan rontok.

Pilih Sisir Sesuai Jenis Rambut

Untuk urusan sisir, Tantri Namirah memilih jenis Paddle brush dan Bristle Brush. Jenis sisir ini cocok untuk kamu yang memiliki rambut tebal, dan juga lurus. Karena jenis sisir tersebut efektif untuk memisahkan helai rambut kamu yang kusut dan menjadikannya halus.

Masih ada berbagai jenis sisir yang dapat kamu terapkan sesuai dengan jenis rambut yang kamu miliki. Pemilihan jenis sisir yang tepat merupakan salah satu cara merawat rambut rontok kamu agar berkurang.

Pilih Ikat Rambut yang Tepat

Bukan hanya sisir, ikat rambut pun ternyata memiliki pengaruh yang besar dalam perawatan rambut. Karena Tantri Namirah memiliki tekstur rambut yang tebal, maka jenis ikat rambut yang ia pilih adalah spiral hair tie. Bentuknya yang seperti kabel telepon, membuat rambut tebal kamu tidak akan cepat kusut bila memakai ikat rambut jenis ini.

Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut / sumber : freepik.com
Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut / sumber : freepik.com

Pastikan jika pemakaian ikat rambut ini tidak terlalu sering ya. Minimal 1 hari dalam seminggu, biarkan rambutmu terbebas dari ikatan sepanjang hari, agar ia dapat bernapas dengan leluasa. Dari ke-4 tips cara merawat rambut di atas, manakah yang sudah kamu terapkan?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id