sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Jenis Phobia Dalam Percintaan, Apakah Kamu Mengalaminya?

Lifia Mawaddah Putri | Sabtu, 14 Nov 2020 11:45 WIB
5 Jenis Phobia Dalam Percintaan, Apakah Kamu Mengalaminya?
caption
Jakarta -

Phobia adalah kondisi gangguan mental yang biasanya menyebabkan seseorang mengalami rasa takut yang berlebihan pada sesuatu. Banyak sekali jenis-jenis phobia dari yang masuk akal hingga yang tidak masuk akal.

Kali ini, Beautynesia.id akan membahas tentang phobia seputar hubungan asmara. 5 phobia berikut ini umumnya terjadi karena trauma parah di masa lalu. Apakah kamu juga mengalami salah satunya?

Arrhenphobia

Phobia yang satu ini cukup ekstrim. Mereka yang mengalami arrhenphobia merasa takut yang berlebihan pada pria.
Arrhenphobia/freepik.com

Phobia yang satu ini cukup ekstrim. Mereka yang mengalami arrhenphobia merasa takut yang berlebihan pada pria. Umumnya, seseorang yang mengalami phobia yang satu ini pernah mengalami masa lalu buruk yang mengakibatkan trauma. Entah itu karena pernah disakiti, atau pengalaman buruk lainnya dengan pria.

Philophobia

Biasanya seseorang akan bahagia ketika sedang jatuh cinta maupun dicintai oleh orang lain, kan? Nah, justru seseorang yang mengalami philophobia merasa sebaliknya. Mereka akan sangat ketakutan jika dicintai oleh orang lain.

Bahkan, mereka sendiri pun enggan jatuh cinta pada orang lain, lho! Sama seperti arrhenphobia, mereka yang mengalami philophobia umumnya pernah memiliki pengalaman masa lalu yang buruk.

Zelophobia

Dalam sebuah hubungan, rasa cemburu adalah hal yang wajar. Bahkan ada yang bilang kalau cemburu adalah tanda cinta. Tapi, seorang yang mengidap zelophobia justru takut merasa cemburu.
Zelophobia/freepik.com

Dalam sebuah hubungan, rasa cemburu adalah hal yang wajar. Bahkan ada yang bilang kalau cemburu adalah tanda cinta. Tapi, seorang yang mengidap zelophobia justru takut merasa cemburu.

Jadi, mereka merasa bahwa cemburu adalah sikap yang memalukan dan seakan terikat oleh orang lain. Sehingga mereka enggak akan merasa cemburu terhadap pasangannya.

Gamophobia

Setiap hubungan pasti ingin berakhir di jenjang yang lebih serius yaitu menikah. Tapi, orang yang mengalami gamophobia justru takut untuk menjalin hubungan serius. Jika enggak segera di atasi dengan berkonsultasi dengan ahlinya, bisa-bisa seorang yang mengalami phobia ini enggak akan mau menikah seumur hidupnya.

Anuptaphobia

Kebalikan dari gamophobia, seorang anuptaphobia justru takut menjomblo.
Anuptaphobia/freepik.com

Kebalikan dari gamophobia, seorang anuptaphobia justru takut menjomblo. Pada tahap yang sudah akut, biasanya mereka bertindak enggak masuk akal. Misalnya seperti memilih sembarang orang untuk dijadikan pacarnya.

Umumnya, takut melajang merupakan salah satu jenis fobia yang juga disebabkan karena trauma dengan hubungan asmaranya di masa lalu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id