sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Langkah Untuk Bisa Keluar dari Hubungan yang Toxic

Rumaysha Milhania | Sabtu, 09 May 2020 06:00 WIB
5 Langkah Untuk Bisa Keluar dari Hubungan yang Toxic
caption
Tidak ada yang lebih buruk dibandingkan menjalin hubungan yang toxic. Ini dia 5 langkah untuk menghindari hubungan toxic dan tidak sehat.

Kita semua tahu bagaimana cara untuk bisa menghindari makanan dan minuman beracun. Namun, tidak semua orang tahu langkah-langkah tepat untuk keluar dari sebuah hubungan yang "beracun." Hubungan yang toxic memang sangat mengganggu serta dapat berisiko tinggi menyebabkan masalah mental dan psikologis seseorang. Itulah sebabnya, keluar dari hubungan yang tidak sehat sangatlah penting untuk menjaga dirimu sendiri. Dengan kata lain, ini juga menjadi bagian dari upaya merawat dan mencintai diri. Simak ulasan tentang langkah-langkah keluar dari hubungan yang toxic berikut ini.

1. Identifikasi Orang-Orang Toxic 

Orang-orang yang toxic sangat manipulatif dan sering mementingkan diri sendiri. Mereka sulit untuk bisa peduli dan memberikan empati pada sesamanya. Selain itu, mereka juga akan sulit untuk diajak kerjasama, apalagi dalam menyelesaikan masalah.  Orang yang toxic juga cenderung seperti tidak memiliki perasaan dan sulit untuk meminta maaf saat melakukan kesalahan sekalipun.


Foto: https://www.womenworking.com/


2. Jadilah Tegas

Orang-orang toxic seperti itu harus dihadapi dengan ketegasan. Memberikan "kemakluman" pada orang-orang yang toxic dapat berisiko besar membuat semuanya menjadi lebih buruk. Kamu harus bisa tegas untuk mengatakan tidak saat seseorang yang toxic terus memaksakan kehendaknya. Jangan terlalu mengambil perasaan untuk bertindak tegas pada mereka karena mereka saja tidak peka dan empati pada orang lain di sekitarnya.
 



3. Buatlah Batasan

Buatlah batasan dalam menjalani hubungan dengan orang-orang toxic. Sadari bahwa berada di sekitar orang toxic akan mengganggu betul kondisi mental dan psikismu. Jadi, satu-satunya cara untuk bisa keluar dari itu semua adalah dengan membuat batasan. Jaga jarak dan hindari interaksi yang terlalu sering untuk membuatmu lebih tenang dalam menjalani kehidupan.
 



Foto: https://g6.psychcentral.com/


4. Jangan Terlalu Baik, Bukan Tugasmu untuk Menjaga Mereka

Orang-orang yang toxic tidak bisa selamanya didampingi. Jika mereka terlalu kuat, bisa jadi kamu yang akan menjadi korban. Ingat, kamu tidak memiliki tugas untuk "menjaga" dan membenarkan kehidupan mereka. Daripada menjadi korban, lebih baik untuk menghindari dan menjaga jarak sejak awal.
 



5. Memiliki Pacar yang Toxic

Terakhir, jika orang yang toxic tersebut adalah pacarmu, pikirkan kembali apakah ia memang orang yang tepat untukmu. Apabila kamu hanya merasakan duka dan sakit hati selama menjalani hubungan dengannya, segera akhiri hubungan. Satu-satunya jalan kebahagiaan untuk menghindari orang yang toxic adalah mengakhiri hubungan saat itu juga. Jangan sampai kamu terbawa lebih jauh dalam hubungan dengan orang yang toxic.

 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id