sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Belum Punya Pasangan? 5 Alasan Ini Mungkin Penyebabnya

Ratih Dewi | Minggu, 25 Apr 2021 21:15 WIB
Belum Punya Pasangan? 5 Alasan Ini Mungkin Penyebabnya
caption

Bagi sebagian wanita memiliki pasangan adalah hal yang mudah, namun bagi sebagian wanita lainnya memiliki pasangan adalah salah satu hal yang sulit dan terkadang menjadi beban pikiran yang tidak menentu. Menyandang status single bisa menjadi menyenangkan atau bisa menjadi pilihan yang menyedihkan. 

Merasa senang karena hidup lebih bebas dan tidak menambah beban atau masalah tentang percintaan, tapi disisi lain merasa sedih karena merasa sendiri dan tidak ada pasangan untuk berkeluh kesah atau saat dibutuhkan. Tidak ada pasangan bukan berarti kamu tidak disukai oleh laki-laki Ladies, mungkin saja hal-hal di bawah ini menjadi alasannya. 

1. Terlalu Fokus dengan Pekerjaan

Terlalu Fokus dengan Pekerjaan
Terlalu Fokus dengan Pekerjaan/Foto : freepik.com

Tempat kerja yang nyaman, lingkungan kerja mendukung, gaji yang mencukupi, bidang pekerjaan yang sesuai adalah faktor yang membuat kita menjadi produktif dan fokus dengan pekerjaan kita, karena terlalu fokusnya terkadang kita lupa untuk bersosialisasi dengan dunia luar untuk mencari pasangan. 

Jangan sampai terlalu fokus dengan bekerja membuat kita menutup diri untuk bersosialisasi dengan orang lain, gunakan waktu istirahat untuk mengikuti komunitas yang kamu sukai untuk menambah relasi dengan banyak orang. 

2. Krisis Kepercayaan Diri

Krisis Kepercayaan Diri
Krisis Kepercayaan Diri/Foto : freepik.com

Sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan dengan orang lain, percayalah pada diri sendiri kalau kita layak menjalin hubungan dengan orang tersebut, jika kita selalu insecure dan tidak percaya diri akan sulit untuk menjalin sebuah hubungan. Sampaikan ke diri kamu sendiri kalau kamu adalah orang yang layak dan patut untuk orang tersebut. 

Jangan sampai rasa ketidakpercayaan diri kamu dan rasa insecure kamu menutup hati kamu untuk menjalin sebuah hubungan dan selalu berpikir kalau kamu lebih baik untuk sendiri. 

3. Belum bisa Move On

Belum bisa Move On
Belum bisa Move On/Foto : freepik.com

Pernah menjalin hubungan yang indah dengan seseorang apalagi dalam hitungan tahun tapi harus berakhir memang sulit untuk melupakannya, terutama kenangan indah yang sudah dijalani bersama. Tidak salah jika masih berpikir bisa kembali untuk kembali menjalin hubungan dengan orang yang sama, tapi dilihat juga jangka kedepannya.

Jika memang sudah tidak ada harapan untuk kembali menjalin hubungan, lebih baik belajar untuk melepaskan dan mengikhlaskannya. Walaupun berat, jika terus berusaha secara perlahan pasti bisa melupakannya dan siap untuk menjalin hubungan yang baru. 

4. Trauma dengan Masa Lalu

Trauma dengan Masa Lalu
Trauma dengan Masa Lalu/Foto : freepik.com

Ditinggalkan atau disakiti oleh seseorang yang kita sayangi di masa lalu merupakan hal yang sulit untuk dilupakan dan bisa menyebabkan trauma yang serius baik psikis atau fisik. Jika diperlukan untuk berkonsultasi dengan psikolog sebaiknya dilakukan untuk mengurangi ketakutan di masa lalu. 

Memang tidak mudah untuk melupakan rasa sakit atau rasa takut dari pengalaman masa lalu, itu bisa dijadikan pelajaran untuk lebih berhati-hati menjalin hubungan dan jangan terlalu cepat memberi keputusan.

[Gambas:Instagram]

5. Kriteria yang Terlalu Sempurna

Kriteria yang Terlalu Sempurna
Kriteria yang Terlalu Sempurna/Foto : freepik.com

Setiap wanita memang memiliki kriteria tertentu untuk calon pasangan mereka, tapi jangan terlalu sempurna atau terlalu tinggi untuk kriteria yang diterapkan. Misalkan, fisik seseorang tersebut tidak masuk kriteria kamu karena tingginya di bawah kamu, tapi jika diberi kesempatan ternyata ia memiliki sifat yang baik, gentle, ramah, dan sopan. 

Tidak salah untuk menetapkan sebuah kriteria tertentu, tapi bisa kamu sesuaikan dengan sifat dan pribadi kamu yang cocok dan tidak terlalu memandang fisik yang sempurna karena kamu akan kehilangan yang terbaik.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id