sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Berteman Baik dengan Mantan, Bisakah?

Rumaysha Milhania | Rabu, 13 May 2020 02:00 WIB
Berteman Baik dengan Mantan, Bisakah?
caption
Siapa bilang putus dari pacar itu artinya memutus semua hubungan? Pasalnya, kamu masih bisa menjalin hubungan baik pertemanan dengan mantan pacar dengan cara ini!

Kebanyakan orang tampaknya memilih untuk menghilangkan sosok mantan pacar setelah hubungan berakhir. Tidak bisa dipungkiri, ini sangat wajar dilakukan mengingat hubungan yang kandas erat kaitannya dengan rasa sedih, marah, hingga sakit hati. Namun, kondisi ini tidak selalu berarti bahwa kamu harus benar-benar menghapus mantan dari kehidupanmu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk kembali menjalin hubungan pertemanan dengan mantan kekasih. Jika kamu merasa perlu untuk melakukannya, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan.

1. Berikan Jarak Sejenak

Saat hubunganmu dengan mantan pacar harus berakhir, sangat wajar jika kamu harus berduka dengan hal itu. Sadari bahwa sangat penting untuk memberikan jarak di mana kamu dapat menyiapkan hati dan pikiran agar bisa benar-benar lepas darinya. Hari ini berarti tidak boleh ada telepon, obrolan di media, apalagi bertemu. Ini akan memberi kamu waktu untuk menyiapkan diri dalam peran baru dalam hubunganmu dengannya.


Foto: https://www.voices.com/


2. Ketahui Pentingnya Menjalin Hubungan Pertemanan 

Sadari bahwa tidak semua orang yang hubungan asmaranya berakhir harus mulai menjalin pertemanan. Beberapa dari mereka yang mempunyai hubungan yang toxic dengan mantan kekasih yang kasar atau manipulatif mungkin dapat melupakan hal ini. Dengan kata lain, identifikasi mengapa kamu perlu atau ingin mempertahankan pertemanan. Apakah itu sehat untukmu? 
 



3. Memulai Komunikasi

Saat kamu sudah tahu tujuanmu dan menyiapkan diri dengan baik, kamu dapat mulai membuka kembali komunikasi dengannya. Ingatlah untuk selalu bersikap terbuka, beri tahu mereka bagaimana perasaanmu saat ini dan bagaimana kamu ingin tetap berteman dengannya. Jika mereka menolaknya, mungkin ada hal-hal yang membuat mereka masih belum siap. Hargai itu! Tetapi jika mereka sudah mulai terbuka, maka itu artinya kamu bisa memulai kembali pertemanan.
 



Foto: https://www.freepik.com/


4. Jangan Terbawa Kebiasaan Lama 

Perhatikan batasan-batasan dengan baik. Batasi komunikasi dengan tidak mengirim chat setiap hari. Tidak perlu menjadi seseorang yang perhatian sebagaimana saat kamu masih menjadi pacarnya dulu. Mungkin ini akan terasa canggung pada awalnya bagi sebagian orang. Tapi percayalah bahwa kamu akan mulai terbiasa.
 



5. Jadilah Teman yang Baik

Saat kamu sudah memutuskan untuk menjadi teman, itu artinya kamu siap untuk mendukungnya dalam banyak hal yang baik. Ia mungkin akan bertemu dengan sosok baru dalam hidupnya. Jangan sampai cemburu dan berikan dukungan yang baik padanya. Selain itu, jangan coba-coba untuk nostalgia masa lalu jika itu akan mengganggu hubungan pertemananmu. Kecuali jika kalian sudah bisa menjadikannya sebagai topik candaan yang menghibur satu sama lain.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id