sign up SIGN UP

Bicarakan Ini Terlebih Dulu Sebelum Resmi Tunangan dengan Pacar

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 14 Aug 2021 22:15 WIB
Bicarakan Ini Terlebih Dulu Sebelum Resmi Tunangan dengan Pacar
caption

Bagi banyak pasangan, tunangan merupakan proses mengikat sebelum melangkah ke rencana pernikahan. Sayangnya, masih banyak yang menganggap remeh proses tunangan. Padahal langkah ini disebut sebagai pondasi agar berkomitmen lebih kuat dengan pasangan.

Ada beberapa hal yang wajib dibahas mengenai hubungan selanjutnya. Kalau menyepelekan proses tunangan, pasti ke depannya akan merasa menyesal. Nah, agar proses tunangan terus berjalan lancar, diskusikan hal ini bersama pacar yuk.

Uang

Sebelum tunangan, bicarakan tentang uang dulu.
Uang/pexels.com/karolinagrabowska

Masalah finansial sering kali jadi permasalahan paling umum yang dihadapi oleh banyak pasangan. Makanya pembicaraan uang tentang persiapan tunangan harus diprioritaskan. Untuk membuka topik pembicaraan yang sedikit sensitif ini harus perlahan dan tetap berdiskusi apa adanya. Hadapi perbedaan pendapat dengan kepala dingin.

Pembicaraan ini juga akan menjadi bayangan bagaimana pesta pertunangan dan pernikahan berlangsung. Diskusikan juga dengan kedua belah pihak keluarga agar komunikasi tetap terjalin. Tapi hindari meminta pendapat ke banyak orang, lebih baik berdua saja dengan pasangan.

Anak

Sebelum tunangan, bicarakan tentang anak dulu.
Anak/pexels.com/vidalbalielo

Walaupun pembicaraan ini terkesan jauh banget, tapi penting buat didiskusikan. Coba deh ajukan pertanyaan ke pasangan seperti “mau punya anak atau nggak?” lalu “kalau iya, mau punya anak berapa?”. Dari sini akan terlihat seberapa kuat komitmen pasangan terhadap masa depan yang akan dibangun bersama. Selain itu, diskusikan juga cara pasangan mendidik dan membesarkan anak.

Karir

Sebelum tunangan, bicarakan tentang karir dulu.
Karir/pexels.com/andreapiacquadio

Ada suami yang membolehkan istrinya berkarir tapi ada juga yang nggak boleh. Makanya daripada terlambat, coba diskusikan dulu sebelum menjalin ke hubungan serius. Agar ke depannya nggak terjadi kesalahpahaman. Penting lho bagi pasangan untuk saling mendukung dan menghormati karir masing-masing. Hal ini demi kemajuan atau jenjang karir yang diimpikan pasangan.

Seks dan Keintiman

Sebelum tunangan, bicarakan seks dan keintiman dulu.
Seks dan keintiman/pexels.com/andreapiacquadio

Terakhir, membicarakan seks dan keintiman yang bersifat personal. Ada baiknya untuk tetap menjaga pembicaraan antara dua belah pihak saja. Jangan malu membuka pembicaraan ini, karena seks dan keintiman akan jadi salah satu kebutuhan dalam rumah tangga agar punya hubungan harmonis. Saat keterampilan komunikasi seksual meningkat, kualitas hubungan juga akan terjaga.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id