sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Penjelasan Ilmiah: Ternyata Ini Alasan Kamu Ingin Balikan dengan Mantan!

Sylvia Yuliasar | Rabu, 16 Sep 2020 21:30 WIB
Penjelasan Ilmiah: Ternyata Ini Alasan Kamu Ingin Balikan dengan Mantan!
Foto: Pexels.com (Mairon S)

Hubungan putus nyambung bukanlah suatu hal yang baru dan pastinya ada di sekitar kita. Entah teman yang mengalaminya atau mungkin dialami diri kita sendiri.

Sepertinya kemarin sudah merasa mantap untuk mengakhiri hubungan, tapi kok semakin hari semakin dijalani, ada perasaan ingin kembali ke pelukan si dia ya?

Setelah putus kenapa masih ada perasaan ingin balikan dengan mantan?
Ilustrasi kesepian / unsplash.com (Kristina T)

Pada dasarnya sikap putus nyambung ini tidak bisa disalahkan atau dibenarkan. Namun sering kali juga menimbulkan pertanyaan, "Ya kalau akhirnya balikan ngapain putus?" 


Pertanyaan inilah yang akhirnya dijadikan bahan penelitian oleh ilmuwan. Yup, ternyata ada lho beberapa penelitian yang berusaha menjawab masalah ini. Penasaran? Berikut jawaban ilmiah tentang kenapa kita memiliki hasrat untuk balikan dengan mantan.

Dilansir dari Detik Health, penelitian yang dilakukan di Kansas State University menyatakan bahwa ada lebih dari sepertiga pasangan yang putus dan akhirnya kembali lagi karena merasa yakin sikap sang mantan akan berubah. 

Lalu ada juga studi yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science yang menyatakan bahwa pasangan muda-dewasa yang kerap balikan memiliki alasan yang beragam.

Ada banyak alasan orang ingin balikan dengan mantan
Ilustrasi rindu / pexels.com (Andrew Neel)

Selain optimistme bahwa pasangan akan berubah, alasan lainnya adalah mengenai investasi emosional dalam hubungan, perasaan yang tidak enak pada keluara masing-masing, bahkan sampai ketakukan akan ketidakpastian yang akan terjadi setelah putus.

Dua pertiga responden menyatakan alasannya ingin kembali ke pelukan mantan adalah karena keintiman dan ketergantungan yang sudah dirasakan bersama mantan dari waktu ke waktu.

Meskipun di sisi lain ada faktor-faktor seperti kurangnya kepercayaan, jarak, sering bertengkar dan ketidakcocokan menjadi alasan suatu perpisahan, setengah dari responden merasa ragu dengan keputusannya berpisah dan masih menginginkan balikan.

Sering bertengkar jadi salah satu alasan untuk putus
Ilustrasi bertengkar / pexels.com (Vera A)

Mengenai keraguan ini, psikolog Noelle Nelson, PhD mengatakan, jika perasaan ingin balikan dengan mantan muncul, lebih baik jujurlah pada diri sendiri. Periksa baik-baik motivasinya, jangan sampai alasannya hanya karena kesepian, bosan atau takut menemukan orang yang tepat. 

"Tanya dirimu sendiri sebelum balikan sama mantan. Kalau akhirnya balikan, pastikan kamu dan pasangan belajar dari kesalahan yang telah lalu," papar Noelle.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id